The World Branding Awards, Penghargaan Untuk Konsumen Di Seluruh Dunia

Kensington Palace, London. Istana yang indah dan prestise tersebut menjadi tempat penyelenggaraan The World Branding Awards 2016
Kensington Palace, London. Istana yang indah dan prestise tersebut menjadi tempat penyelenggaraan The World Branding Awards 2016 | brandingforum.org

The World Branding Awards adalah sebuah ajang bergengsi dalam kancah internasional yang disajikan sebagai bentuk penghargaan pada brand atau merek perusahaan atas kinerja dan prestasi mereka, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Penghargaan ini sendiri diselenggarakan oleh World Branding Forum, sebuah organisasi nirlaba global yang berbasis di London, Inggris

Dalam The World Branding Awards terdapat tiga tingkatan penghargaan, yakni Award Global yang disajikan untuk merek yang menujukkan prestasinya di kancah internasional di sepuluh negara atau lebih, pada tiga benua atau lebih, untuk 100 merek global dalam tahun tertentu.

Sementara Award Regional yakni penghargaan yang disajikan untuk merek yang memperlihatkan prestasinya di beberapa negara pada wilayah geografis tertentu, dan Penghargaan Nasional yang disajikan untuk brand atau merek yang menunjukkan prestasinya di negara masing-masing.

Pemenang penghargaan dinilai melalui beberapa tahapan yang cukup panjang dan dinilai berdasarkan penilaian merek, riset pasar terhadap konsumen dan voting pada publik yang dilakukan secara online.

Dewan juri dalam World Branding Forum terdiri dari para tokoh terkemuka dari dunia branding. Di mana para pemenang harus melalui proses penilaian yang ketat dalam menentukan kinerja sebuah merek dalam meningkatkan branding mereka. Selain itu, dilihat juga dari tingkat kepercayaan konsumen atau pelanggan dan masyarakat umum terhadap merek perusahaan tersebut.

Untuk piala penghargaan sendiri dibuat di Stratford on Avon. Diproduksi dari bahan nikel dan piring emas serta beraksen akrilik dengan fokus desain logo World Branding Forum. Trofi tersebut nantinya akan dipamerkan di Museum of Brands, Packaging and Advertising di London.

Untuk periode 2016-2017, tercatat lebih dari 120.000 konsumen yang ikut berpartisipasi dalam memberikan keterangannya untuk menilai 2.800 merek dari 35 negara yang masuk dalam nominasi. Dari sekian ribu merek, akhirnya terpilih sebanyak 210 merek dari 30 negara yang dinyatakan sebagai pemenang dalam The World Branding Awards yang berlangsung di Kensington Palace, London, Inggris, pada pertengahan September 2016.

Dari sederetan merek global yang berhasil meraih penghargaan tersebut diantaranya adalah produk merek Apple, BMW, the British Council, Cartier, Coca-Cola, Facebook, Google, Lego, L'Oreal, Louis Vuitton, McDonald's, Nescafe, Nike, Oral-B, Pampers, Rolex, Samsung, Starbucks, Schwarzkopf dan VISA yang keluar sebagai jajaran pemenang dunia. Sementara dari dalam negeri, Garuda Indonesia, Indomie, Indomilk, Indovision Digital, Pertamina, dan Telkomsel dinobatkan sebagai jajaran pemenang nasional dari Indonesia.

Jajaran pemenang nasional lain diantaranya meliputi ICBC (Tiongkok), Bang & Olufsen (Denmark), Hermes (Perancis), Nivea (Jerman), State Bank of India, Prada (Italia), Sukiya (Jepang), Maybank (Malaysia), Dulux (Belanda), Omantel (Oman), HBL (Pakistan), SM Supermalls (Filipina), Nando's (Afrika Selatan), AmorePacific (Korea Selatan), Santander (Spanyol), Zurich (Swiss), King Power (Thailand), Dubai Duty Free (Uni Emirat Arab), dan Prudential (Inggris).

Jajaran pemenang regional terdiri dari Eu Yan Sang, Giordano, Lee Kum Kee, Mandarin Oriental dan Watsons dari Hong Kong; Indomie (Indonesia); Ajinomoto, Isetan, Kikkoman dan Uniqlo dari Japan; MTN dari Afrika Selatan; Zara (Spanyol); dan RAK Ceramics (Uni Emirat Arab).

"Penghargaan ini didedikasikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian berbagai merek hebat dari seluruh dunia. Mengingat 70 persen penilaian langsung berasal dari konsumen sendiri, terbukti, para merek pemenang berhasil meraih kepercayaan dari para konsumen mereka," kata Chairman World Branding Forum, Richard Rowles.

CEO World Branding Forum Peter Pek pun mengatakan, mengingat suksesnya kampanye yang telah kami lakukan, terjadi peningkatan drastis pada jumlah partisipan. Lebih dari 120.000 konsumen turut memberikan hak pilihnya untuk lebih dari 2800 merek dari 35 negara. Para pemenang telah membuktikan kalau mereka mampu menjadi yang terbaik dan paling inovatif dibandingkan para pesaingnya.

Selain menggelar acara The World Branding Awards Seri Ke-3, World Branding Forum juga menggelar dan mensponsori beragam program pendidikan, dan bekerjasama dengan sejumlah universitas dan museum ternama. Forum ini pun rutin mempublikasikan berita-berita terkait branding di situs resminya dengan jumlah kunjungan mencapai lebih dari lima juta kunjungan dari seluruh dunia. (DD)