PT POS INDONESIA (PERSERO)

PT POS INDONESIA (PERSERO)

SEKILAS POS INDONESIA

PT POS INDONESIA (PERSERO) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Nama PT Pos Indonesia (Persero) secara resmi digunakan pada tahun 1995, setelah sebelumnya menggunakan nama dinas PTT (Posts Telegraaf end Telefoon Diensts) pada Tahun 1906; kemudian berubah menjadi Djawatan PTT (Pos Telegraph and Telephone) pada tahun 1945; kemudian berubah status menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel) di tahun 1961; dan menjadi PN Pos & Giro di tahun 1965, serta kemudian menjadi Perum Pos dan Giro di tahun 1978.

Dalam sejarahnya, PT Pos Indonesia (Persero) merupakan salah satu BUMN tertua di Indonesia. Keberadaannya di Nusantara berawal dari perusahaan dagang Hindia Belanda atau Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang mendirikan Kantor Pos pada tanggal 26 Agustus 1746 di Batavia (Jakarta) dengan maksud untuk memudahkan pengiriman surat, terutama dalam kegiatan perdagangan. Pasang surut mewarnai perjalanan panjang dua setengah abad PT Pos Indonesia (Persero). Masa-masa keemasan industri perposan ada di tahun-tahun 1970 hingga 1980an. Masyarakat pengguna jasa pos sangat setia memanfaatkan layanan pos.

PROFIL POS INDONESIA

Manajemen perusahaan mencanangkan masa kebangkitan perusahaan di tahun 2009 dan menyusun visi dan misi baru serta perencanaan jangka panjang untuk membangun kompetensi perusahaan agar lebih adaptif terhadap perkembangan zaman. Melalui berbagai program transformasi internal dan bisnis perusahaan, pendapatan PT Pos Indonesia (Persero) di tahun 2016 telah mencapai lebih dari 4 (empat) triliun rupiah atau meningkat tiga kali lipat dari periode 2006-2007.

Tantangan besar menanti di depan mata Beberapa kondisi yang memberikan pengaruh yang signifikan dalam kebijakan perusahaan adalah, Indonesia akan menjadi ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara. Pertumbuhan di Indonesia saat ini akan secara dramatis mengubah keadaan ekonomi 10 tahun ke depan. Semua aktivitas ini menunjukkan Indonesia menjadi destinasi tertinggi di wilayah Asia Tenggara bagi venture capital yang mencari perkembangan di ekonomi digital baru. (Riset Google “Economy SEA Unlocking the $200 billion opportunity in Southeast Asia”).

Dengan adanya perubahan Visi Perusahaan dari “trusted postal service company” menjadi “to be the Postal logistics giant from the East” atau “Menjadi raksasa logistik dari Timur”, maka perlu ditetapkan Rencana Jangka Panjang Perusahaan yang relevan dengan perubahan visi Perusahaan. Sebagai penyedia jasa pos tertua di Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) senantiasa bertekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga mampu turut serta memajukan perekonomian nasional melalui paduan layanan yang diberikan hingga ke pelosok negeri.

Dasar Hukum Pendirian

Akta Notaris Sutjipto, S.H. Nomor 117 tanggal 20 Juni 1995 yang telah beberapa kali diubah terakhir dengan Akta Notaris Nomor 50 tanggal 30 Agustus 2016 yang dibuat dan disampaikan oleh Aryanti, S.H., M.Kn. Notaris di Jakarta.

Kepemilikan

Pemerintah Republik Indonesia 100%

Pencatatan di Bursa Saham

N/A

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

Rp. 1.500.000.000.000

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp. 455.023.000.000

Jaringan Usaha

N/A

Keterangan:


Nama:
PT POS INDONESIA (PERSERO)
Nama Komersil:
PT POS INDONESIA
Bidang Usaha:
Jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan
Tanggal Berdiri:
20 Juni 1995
Kontak:
GRAHA POS INDONESIA Jl. Banda No. 30 Bandung 40115 Jawa Barat - Indonesia
Telepon:
(022) 421 3640
Fax:
(022) 422 4552
Email:
pos@posindonesia.co.id
Kategori:
BUMN Non Keuangan Non Listed (BNKNL)
Annual Report:
2016 : PT POS INDONESIA (PERSERO) Laporan Tahunan 2016

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id