PT JASA MARGA (PERSERO) TBK

PT JASA MARGA (PERSERO) TBK

SEKILAS PT JASA MARGA

Untuk mendukung gerak pertumbuhan ekonomi, Indonesia membutuhkan jaringan jalan yang andal. PT Jasa Marga (Persero) Tbk dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 04 tahun 1978 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia dalam pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di bidang pengelolaan, pemeliharaan, dan pengadaan jaringan jalan tol, serta ketentuan-ketentuan pengusahaannya (Lembaran Negara Republik Indonesia No.04 tahun 1978 juncto Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 90/KMK.06/1978 tentang Penetapan Modal Perusahaan Perseroan (Persero) PT Jasa Marga tanggal 27 Februari 1978.

Perseroan didirikan berdasarkan Akta No. 1 tanggal 01 Maret 1978, dengan nama, “PT Jasa Marga (Indonesia Highway 12 September 2007 dari Notaris Ny. Poerbaningsih Adi Warsito,SH. Akta tersebut telah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Keputusan No. W7-10487 HT.01.04-TH.2007 tanggal 21 September 2007.

PROFIL PT JASA MARGA

Pada tahun 2016, Jasa Marga melakukan review sistem kerja yang disebut dengan JM WAY. Jasa Marga Integrated Management System (JM WAY) terbentuk dari identifikasi dan integrasi beberapa proses. Integrasi dari proses-proses tersebut termasuk interaksi di antara proses-proses yang digambarkan dalam suatu bagan alir Sistem Kerja (Work System). Sistem Kerja PT Jasa Marga (Persero) Tbk adalah gambaran secara menyeluruh proses-proses dalam organisasi yang merupakan bagaimana pekerjaan organisasi dilaksanakan. Sistem kerja melibatkan tenaga kerja, pemasok dan mitra kunci, kontraktor, dan komponen rantai pasokan lainnya yang dibutuhkan untuk memproduksi dan menyampaikan produk, layanan, serta proses bisnis dan pendukung.

Sistem kerja terdiri dari proses kerja internal dan sumber daya eksternal yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan memproduksi, menyampaikannya kepada pelanggan, dan agar sukses di pasar. Sistem Kerja tersebut mengintegrasikan beberapa Sistem Manajemen yang diimplementasikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk meliputi persyaratan Standar Internasional ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, ISO/DIS 45001:2016, dan persyaratan BALDRIGE CRITERIA 2015-2016. Proses-proses tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenis dan status pentingnya proses dilihat dari hubungannya terhadap realisasi produk atau proses produksi. Klasifikasi proses-proses tersebut dikelompokkan menjadi  empat kategori proses, yaitu: Proses Inti (Core Process), Proses Pendukung (Support Process), Proses Perencanaan (Planning Process), dan Proses Tinjauan & Perbaikan (Review & Improvement Process).

Dasar Hukum Pendirian

Peraturan Pemerintah No. 04 tahun 1978

Kepemilikan

Pemerintah Indonesia 70%
Publik 30%

Pencatatan di Bursa Saham

Bursa Efek Indonesia pada 12 November 2007

Kode Saham

BEI/IDX: JSMR
BLOOMBERG: JSMR IJ
REUTERS: JSMR.JK

Modal Dasar

Rp 9,52 triliun

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp 3,6 triliun

Jaringan Usaha

•    Nasional

Keterangan:


Nama:
PT JASA MARGA (PERSERO) TBK
Nama Komersil:
PT JASA MARGA
Bidang Usaha:
Pengelolaan, pemeliharaan, dan pengadaan jaringan jalan tol
Tanggal Berdiri:
01 Maret 1978
Kontak:
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah Jakarta 13550 Indonesia
Telepon:
62-21 841 3526, 841 3630
Fax:
62-21 841 3540
Email:
jsmr@jasamarga.co.id investor.relations@jasamarga.co.id, sekper@jasamarga.co.id
Kategori:
BUMN Non Keuangan Listed (BNKL)
Annual Report:
2016 : PT JASA MARGA (PERSERO) TBK Laporan Tahunan 2016

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id