PT BANK HSBC INDONESIA

PT BANK HSBC INDONESIA

SEKILAS BANK HSBC INDONESIA

PT Bank HSBC Indonesia (dahulu PT Bank Ekonomi Raharja) (“Bank”) didirikan dengan akta No. 31 tanggal 15 Mei 1989 yang dibuat di hadapan Winnie Hadiprodjo, S.H., selaku pengganti dari Kartini Muljadi, S.H., notaris di Jakarta. Berdasarkan akta No. 29 tanggal 8 September 1989 yang dibuat di hadapan Kartini Muljadi, S.H., notaris di Jakarta, nama Bank diubah menjadi PT Bank Ekonomi Raharja. Kedua akta tersebut telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia (sekarangMenteri Hukumdan Hak Asasi Manusia) dengan Surat Keputusan No. C2-8787.HT.01.01.TH’89 tanggal 18 September 1989 dan diumumkan dalam Tambahan No. 2573 pada Berita Negara Republik Indonesia No. 84 tanggal 20 Oktober 1989.

Sesuai dengan akta No. 101 tanggal 10 Agustus 2016 yang dibuat di hadapan Dr. Irawan Soerodjo, S.H., MSi, notaris di Jakarta, para pemegang saham menyetujui perubahan nama Bank menjadi PT Bank HSBC Indonesia. Perubahan nama Bank ini telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No. AHU-0014340.AH.01.02.Tahun 2016 tanggal 10 Agustus 2016 dan telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui keputusan Dewan Komisioner OJK No.15/KDK.03/2016 tanggal 4 Oktober 2016 tentang Penetapan Penggunaan Izin Usaha Atas Nama PT Bank Ekonomi Raharja menjadi Izin Usaha Atas Nama PT Bank HSBC Indonesia.

Izin usaha Bank diberikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan
No. 104/KMK.013/1990 tanggal 12 Februari 1990. Bank juga memperoleh izin untuk menjalankan aktivitas sebagai bank devisa berdasarkan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 25/64/KEP/DIR tanggal 16 September 1992.

PT Bank HSBC Indonesia adalah penyedia layanan perbankan komersial yang didirikan pada tanggal 15 Mei 1989 dengan nama awal PT Bank Mitra Raharja. Pada tahun 2016, Perusahaan berganti nama menjadi PT Bank HSBC Indonesia, sebagai bagian dari persiapan untuk integrasi dengan KCBA HSBC di Indonesia. Bank Indonesia menyatakan PT Bank HSBC Indonesia sebagai bank yang sehat selama 24 bulan berturut-turut sejak pembukaan dan tetap bertahan hingga saat ini. Karena hasil evaluasi yang baik, pada tahun 1992, PT Bank HSBC Indonesia berhasil mendapatkan akreditasi status menjadi Bank Devisa sehingga memungkinkan layanan perbankan kepada nasabah menjadi semakin luas dan berkembang.

Pada tanggal 22 Mei 2009, PT Bank Ekonomi Raharja Tbk menjadi bagian dari grup institusi keuangan internasional, HSBC Holdings plc., melalui anak perusahaannya, HSBC Asia Pacific Holdings (UK) Limited yang mengakusisi 88,89% saham PT Bank HSBC Indonesia, dan kemudian meningkat menjadi 98,96%. Sebagai anggota Grup HSBC, PT Bank HSBC Indonesia merupakan bagian dari salah satu organisasi jasa keuangan terkuat di dunia.

PROFIL BANK HSBC INDONESIA

Dilandasi oleh visi untuk menjadi bank komersial terbaik di Indonesia, mempimpin di sektor korporasi dan UKM, Bank menetapkan kebijakan dan sasaran kerja guna mendukung strategi Bank yang selaras dengan misinya untuk senantiasa tumbuh dan berkembang dengan tetap menekankan pentingnya pelayanan yang berkualitas serta memegang teguh prinsip kehati-hatian tanpa mengabaikan aspek penambahan nilai bagi para pemangku kepentingan.

PT Bank HSBC Indonesia didukung oleh lebih dari 1.900 karyawan yang tersebar di 81 Kantor Cabang dan 28 kota di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Kudus, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Makassar, Manado, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Samarinda, Denpasar, Jambi, Pati dan Purwokerto.

PT Bank HSBC Indonesia memfokuskan usaha perbankannya pada segmen usaha kecil dan menengah (UKM). Selain memiliki 105 ATM sendiri, jaringan ATM PT Bank HSBC Indonesia juga terhubung dengan jaringan 90.000 jaringan ATM BERSAMA & PRIMA. PT Bank HSBC Indonesia juga menyediakan fasilitas layanan phone banking, internet banking & BE CARE yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perbankan.

Selain itu, PT Bank HSBC Indonesia juga diperkuat dengan sistem perbankan HUB (HSBC Universal Banking System) yang memungkinkan setiap kantor cabang terhubung satu sama lain, termasuk dengan jaringan global HSBC di seluruh dunia.

Dasar Hukum Pendirian

No. 104/KMK.013/1990

Kepemilikan

HSBC Asia Pacific Holdings (UK) Limited 98,94%
PT Bank Central Asia, Tbk 1,06%
Lainnya 0,00%

Pencatatan di Bursa Saham

N/A

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

Rp. 3.000.000.000.000

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp 2.586.394.997.000

Jaringan Usaha

81 Kantor Cabang Di 28 Kota di Seluruh Indonesia
105 ATM yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama & PRIMA

Keterangan:


Nama:
PT BANK HSBC INDONESIA
Nama Komersil:
BANK HSBC INDONESIA
Bidang Usaha:
Perbankan
Tanggal Berdiri:
15 Mei 1989
Kontak:
Graha Ekonomi World Trade Center 1, 8th - 9th Floor Jl. Jend. Sudirman Kav.29-31, Jakarta 12920, Indonesia
Telepon:
(021) 255-45800 (Hunting)
Fax:
(021) 5790-4455
Email:
becare@bankekonomi.co.id
Kategori:
Private Keuangan Non Listed (PKNL)
Annual Report:
2016 : PT BANK HSBC INDONESIA Laporan Tahunan 2016

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id