PT BANK HSBC INDONESIA

PT BANK HSBC INDONESIA Laporan Tahunan 2016

CONNECTING THE DOTS

Mengangkat tema ‘Connecting the Dots’, Laporan Tahunan tahun 2016 ini menggambarkan bagaimana PT Bank HSBC Indonesia (dahulu PT Bank Ekonomi Raharja). Sebagai mitra kepercayaan usaha kecil dan menengah (UKM) yang tersebar di seluruh Indonesia, menyatukan titik-titik penting bersama dengan grup HSBC demi menciptakan suatu kesatuan yang bernilai tinggi bagi perseroan serta masyarakat Indonesia.

Kesatuan yang bernilai tinggi tersebut merupakan salah satu kunci kesuksesan PT Bank HSBC Indonesia dalam memberikan sebuah standar pelayanan yang terbaik bagi para nasabahnya sekaligus sebagai cermin kinerja PT Bank HSBC Indonesia yang tangguh dan terpercaya dalam melalui berbagai tantangan selama tahun 2016.

Ke depannya, PT Bank HSBC Indonesia berkomitmen untuk terus menerapkan good corporate governance, mengedepankan inovasi dan terobosan, serta semakin terintegrasi dengan grup HSBC dalam rangka menjangkau lebih banyak titik, menciptakan sebuah jaringan penghubung yang kuat, dan mengantarkan suatu kesatuan layanan yang lebih baik untuk mendukung aktivitas nasabah PT Bank HSBC Indonesia di seluruh Indonesia sekaligus di dunia internasional.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Bank Berhasil Meningkatkan Laba Sebelum Pajak Rp135 Miliar

Terlepas dari ketidakpastian dalam perekonomian global dan tantangan signifikan di dalam industri perbankan, Bank berhasil meningkatkan laba sebelum pajak menjadi Rp 135 miliar pada tahun 2016. Bank mampu meningkatkan marjin bunga dan efisiensi operasionalnya. Walaupun kolektibilitas kredit menjadi perhatian pada kondisi saat ini, Bank mampu menekan kerugian penurunan nilai kredit di bawah jumlah yang dibukukan tahun sebelumnya.

Pendapatan bunga bersih meningkat dari Rp 1.152 miliar menjadi Rp 1.363 miliar. Kenaikan ini didorong penerapan strategi pendanaan Bank dalam menurunkan biaya dana dan meningkatkan efisiensi pendanaan atas kebutuhan penyaluran kredit. Strategi ini berkontribusi positif pada marjin bunga bersih Bank di tahun 2016. Efisiensi kegiatan operasional juga menjadi fokus Bank dimana tercermin dari penurunan beban administrasi dan umum.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

Aset

Pada akhir 2016, Bank mencatat total aset sebesar Rp26,5 triliun atau turun 12,54% dibandingkan dengan total aset pada tahun 2015 sebesar Rp30,3 triliun. Penurunan pada total aset ini dipengaruhi oleh menurunnya permintaan kredit selama tahun berjalan.

Kredit yang diberikan kepada nasabah

Pada tahun 2016 penyaluran kredit yang diberikan kepada nasabah turun sebesar 6,5% menjadi Rp 18,6 triliyun. Ketidakpastian di dunia usaha yang dipicu perlambatan perekonomian dunia sampai dengan akhir tahun 2016 menjadi salah satu penyebab turunnya permintaan kredit selama tahun berjalan. Selain itu, Bank juga menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan kredit mengingat masih tingginya risiko kredit selama tahun 2016. Kredit yang diberikan kepada nasabah memberikan kontribusi sebesar 70% dari total aset Bank pada 31 Desember 2016.

RENCANA STRATEGIS

Selama tahun 2017 perekonomian global diperkirakan IMF tumbuh sebesar 3,4%, didorong oleh emerging market dan negara-negara berkembang. Kami mengharapkan Indonesia sudah dekat pada posisi terdepan dalam pertumbuhan di tingkat regional dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 5% di tahun 2017, didorong oleh peningkatan yang bertahap baik dalam investasi di perusahaan terbuka maupun perusahaan tertutup, harga komoditas yang membaik, tingkat suku bunga yang rendah, dan perdagangan regional yang stabil. Semua hal ini mendasari optimisme entitas terintegrasi HSBC yang baru terbentuk dan direncanakan mulai beroperasi di tahun mendatang.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Keuangan Non Listed (PKNL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
266
Kantor Akuntan Publik
Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (PwC)
Biro Administrasi Efek
N/A
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
bankhsbcindonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF