PT Emtek Gandeng Neowiz Kembangkan BBM Game Center

Kantor Emtek Jakarta
Kantor Emtek Jakarta | www.emtek.co.id

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek, BEI: EMTK) melalui Creative Media Works, bisnis jejaring sosial mandiri, yang fokus pada konsumen dan pengoperasian Black Berry Massenger (BBM), telah menandatangani kontrak kerjasama dengan Neowiz Games Corp., perusahaan game asal Korea Selatan, untuk anak perusahaannya, B2Games, dalam mengembangkan dan menjalankan BBM Game Center.

BBM Game Center dijadwalkan akan hadir pada kuartal ke-4 2016. Para pengguna BBM Game Center dapat mengunduh game gratis dan bersaing dengan sesama teman BBM mereka, baik di platform iOS maupun Android.

Sebagai informasi, BBM adalah salah satu aplikasi mobile messaging terbesar. Instalasi aplikasi BBM pun telah merambah keluar perangkat BlackBerry, dengan lebih dari 100 juta instalasi di platform Android, iOS dan Windows.

Sejak diciptakan pada Agustus 2005, BBM berkembang dari aplikasi pesan yang terbatas pada fungsi komunikasi (teks dan video), menjadi “ekosistem” sosial, yang menyatukan fungsi chatting, sosial, bisnis dan jasa, termasuk game.

Sementara itu, B2Games adalah perusahaan gabungan, yang dibangun Neowiz Games Corp, Mobirix, perusahaan mobile game dunia, bersama Avancera, spesialis pemasaran dan perdagangan di Asia Tenggara, untuk mengembangkan dan mengelola platform BBM Game Center.

Dengan berpegang pada rentetan pengalaman di pasar game Korea Selatan yang sangat maju, Neowiz Games Corp. melakukan upaya serius untuk melokalisasi game ke dalam Bahasa Indonesia dengan terlibat secara aktif dalam pengadaan game melalui pihak ketiga, menyajikan data analisis mendalam, melokalisasi pemasaran dan layanan pelanggan.

"Pertumbuhan pasar mobile gaming di Indonesia sangat jelas. Kerjasama kami dengan BBM memungkinkan Game Center menawarkan suasana internasional dan beragam genre game kepada pengguna, namun tetap dilokalisasi sesuai dengan keadaan pasar Indonesia," kata CEO Neowiz Games Corp Ki-Won Lee, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2016).

Sementara itu, CEO Creative Media Works Matthew Talbot mengatakan, pada saat ini, sebagian besar game di Indonesia, yang disediakan pemasok game online global, tidak ditawarkan dalam Bahasa Indonesia. Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia. Berdasarkan atas laporan App Annie 2015 Retrospective, Indonesia adalah negara dengan jumlah pemain mobile aktif terbesar yakni sebesar 30,7 juta pengguna di Asia Tenggara.

Dari seluruh pemain mobile game aktif tersebut, 49 persen menghabiskan uang untuk game, lebih besar dari seluruh wilayah di Asia Tenggara dengan rata-rata 45 persen.

Survei Jakpat Mobile juga mengungkapkan bahwa BBM adalah pemimpin yang tak terbantahkan di pasar Indonesia dengan 80 persen pengguna memilih BBM sebagai aplikasi mobile messaging paling sering digunakan.

"BBM tetap menjadi aplikasi messaging yang paling banyak dipasang dan digunakan di Indonesia. Pengguna selalu mencari lebih banyak kegiatan di aplikasi messaging karena aplikasi itulah yang mereka gunakan setiap hari, bahkan beberapa kali dalam sehari,” kata Matthew.

Matthew juga menyatakan rasa gembira atas kerjasama yang terjalin dengan Neowiz dalam meluncurkan layanan baru, BBM Game Center, dalam rangka memenuhi tuntutan pengguna kami BBM yang terus berkembang.

 “BBM Game Center melengkapi layanan baru kami, seperti, konten berita dan video, dan akan ada lebih banyak layanan baru, yang semakin menarik, dalam beberapa bulan ke depan," kata Matthew.

Creative Media Works sendiri saat ini beroperasi di bawah bendera BBM sebagai usaha mandiri, yang berfokus pada konsumen, dengan tim operasional di Waterloo, Mississauga, Ottawa, Singapura, Jakarta, UEA dan Afrika Selatan.  (DD)