PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I, menerapkan sistem Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) di pelabuhan yang dikelola Perseroan. IGMT Pelindo I adalah sebuah sistem operasi terminal multipurpose yang multifungsi, mudah disesuaikan, dapat dioperasikan melalui berbagai perangkat pintar dan terintegrasi dengan sistem eksternal dan internal Pelindo I.
Hal tersebut diungkapkan dalam gelaran Grand Go Live Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) di Kantor Pusat Pelindo 1 Medan pada Rabu, 2 Januari 2019, lalu. Acara ini diresmikan secara langsung oleh Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana, yang didampingi oleh jajaran Direksi Pelindo I.
Bambang menjelaskan, IGMT merupakan implementasi front end terbaik yang sukses teruji dan diterapkan di 70 pelabuhan di seluruh dunia dan pertama kali diterapkan di Asia Tenggara oleh Pelindo I.
Menurut Bambang, Pelindo I akan menerapkan aplikasi front end yang akan diimplementasikan di 14 cabang Pelindo I yang dibagi dalam tiga fase.
“IGMT Pelindo I ini adalah sistem operasional baru yang akan diterapkan di cabang pelabuhan milik Pelindo I. Penerapan IGMT Pelindo I untuk fase pertama yaitu Cabang Pelabuhan Dumai, Malahayati, dan Sibolga yang kemudian akan dilanjutkan untuk cabang-cabang pelabuhan milik Pelindo I lainnya. Fase kedua akan diterapkan di cabang pelabuhan Tanjung Pinang, Pekanbaru, Lhokseumawe, Gunung Sitoli. Sungai Pakning, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, Kuala Tanjung, Tembilahan, dan Batam serta fase ketiga adalah cabang pelabuhan Belawan,” terang Bambang, dalam keterangannya yang dilansir, Jumat (4/1/2019).
Bambang menambahkan, penerapan aplikasi IGMT Pelindo I ini memudahkan para pengguna jasa untuk dapat mengajukan permintaan secara online kapan saja dan dimana saja yang terintegrasi dengan sistem internal dan eksternal di Pelindo I, pantauan kegiatan operasional secara real time, pengecekan kegiatan operasional terkontrol, dan pelayanan jasa kepelabuhanan di Pelindo I yang terstandarisasi.
“IGMT Pelindo I merupakan salah satu bentuk transformasi digital yang dilakukan oleh Pelindo I untuk terus berinovasi serta menjawab tantangan zaman yang semakin modern. Pelindo I terus melakukan perubahan di sisi pelayanan dan operasional untuk menjawab kebutuhan para stakeholders,” jelas Bambang.
Bambang menerangkan, IGMT ini mengintegrasikan sistem pelayanan jasa kepelabuhanan bagi pengguna jasa secara online di semua cabang pelabuhan. Keuntungan penggunaan IGMT Pelindo I adalah pengajuan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, kontrol dapat dilakukan 24 jam, monitoring status pelayanan jasa kepelabuhanan secara online, serta pranota dan nota dapat dilihat di web portal tanpa harus datang ke kantor Pelindo I.(DD)