Inilah Upaya BRI dalam Mendukung Inklusi Keuangan Masyarakat Indonesia

ilustrasi
Bank BRI gencar melakukan kerja sama dengan bank daerah | Dok. Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya untuk mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat Indonesia dengan melakukan sinergi dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia. Sinergi bisnis ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing BPD sehingga mampu menjadi lokomotif pembangunan di tingkat regional.

Bentuk nyata kerja sama BRI dengan BPD dilakukan dengan penandatanganan Perubahan/Addendum Global Master Repurchase Agreement (GMRA) bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Jumat (2/3/2018).

Penandatangan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan jajaran manajemen Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia. Transaksi Repo yang diikat melaui GMRA merupakan salah satu transaksi yang aman dan saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat sebagai bentuk pertukaran arus likuiditas antara pihak yang surplus dengan defisit likuiditas.

“Perubahan ini diharapkan mampu mendorong BPD untuk mengembangkan potensi bisnis dan layanan perbankan menuju arah yang lebih kompetitif dan pada ujungnya dapat menciptakan pendalaman pasar financial di Indonesia (financial market depening),” ungkap Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto, dalam keterangannya yang dikutip, Sabtu (3/3/2018).

Menurut Bambang, kerja sama BRI dengan BPD dari sisi operasional dapat berupa kerja sama dalam produk perbankan yang siap menunjang kelancaran opearsional BPD, diantaranya penyediaan Cash Management System (CMS), jaringan e-Channel sebanyak 329,654 unit, dan Jaringan Kantor yang tersebar sebanyak 10,646 unit kerja.

Bambang menjelaskan, dalam pengelolaan aset, BPD dapat berkolaborasi dengan BRI sebagai salah satu primary dealer untuk memenuhi kebutuhan transaksi Surat Berharga Negara (SBN). Selain itu, bagi BPD yang telah menjadi bank devisa BRI dan BPD dapat berkolaborasi dalam pengelolaan transaksi valas dan bisnis internasional dengan memanfaatkan jaringan bank koresponden yang dimiliki oleh BRI.

BRI juga siap membantu BPD untuk dapat memanfaatkan pengelolan persiapan Dana Pensiun (Dapen) karyawan melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) serta membantu BPD untuk meluncurkan Kartu Kredit dan Uang Elektronik melalui kerja sama co-branding.(DD)