Inilah Upaya AP II dalam Membidik Pangsa Pasar Milenial

Ilustrasi
Salah satu upaya AP II menggaet pangsa pasar Milenial | Dok. Angkasa Pura II

Generasi milenial menjadi fokus manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, dalam menggarap segmen pasar baru yang semakin marak di era digital. Hal ini akan menjadi pengembangan portofolio produk dan service serta menargetkan penyegaran layanan terhadap aspek operasi di bandara.

Muhammad Awaluddin selaku Presiden Direktur AP II, menjelaskan bahwa salah satu dari tiga program utama Perusahaan pada 2019 adalah menciptakan pengalaman perjalanan bagi segmen pelanggan milenial.

“Sekarang sudah serba digital dan potensi pasar generasi milenial semakin menjamur. Kami yang harus selalu kekinian dari aspek operasi dan pelayanan jadi harus lebih fresh dan inovatif. Untuk itu kami menciptakan konsep millennials travel experience di bandara-bandara yang kami kelola,” ungkap Awaluddin, dalam keterangannya yang dilansir laman AP II, Kamis (10/1/2019).

Untuk mengoptimalkan program millennials travel experience tersebut, lanjut Awaluddin, AP II menghadirkan pendekatan ‘3A’; Augmentation, Activation, dan Amenities. Sadar akan potensi pasar generasi milenial, AP II berencana untuk melakukan augmentation atau menambah dan memperbesar segmentasi pelayanan milenial.

“Manajemen memandang bahwa generasi milenial akan mendominasi porsi pasar masa depan sehingga penambahan serta peningkatan layanan berbasis digital serta kekinian menjadi prioritas,” ujar Awaluddin.

Selanjutnya, tambah Awaluddin, manajemen perlu melakukan sejumlah aktivasi kegiatan untuk mendorong para milenial hadir di bandara-bandara kelolaan AP II. Tim kantor cabang di tuntut untuk lebih aware terhadap perkembangan event terkini agar mampu mengaktivasikan kegiatan kekinian.

Bersama international expansion dan 1 million tons cargo movement, millennials travel experience diharapkan menghasilkan income Rp500 miliar pada 2019. Angka ini memberikan porsi sekitar 5% dari total proyeksi pendapatan APII.

Dengan semakin digitalnya bandara-bandara yang dikelola oleh AP II, Awaluddin berharap para traveler dapat memiliki kesan tersendiri ketika tiba di bandara. Melalui akun media sosial, diharapkan dapat menarik minat traveler lainnya untuk berkunjung ke Indonesia dan menikmati millennials travel experience.

“Intinya kami berharap bisa memberikan inspirasi positif bagi traveler untuk dapat menikmati millennials travel experience. Sehingga mereka bisa bercerita lewat akun media sosialnya dan viral di media sosial. Hal ini tentu akan semakin mendorong kami untuk selalu termotivasi dalam menjalankan transformasi bisnis dan bertransformasi dibidang infrastruktur operasi serta layanan,” tutup Awaluddin.(DD)