Gelar Pameran, Telkom Ajak 400 UKM Go Digital

ilustrasi
Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno (keempat dari kanan) berfoto bersama Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (keempat dari kiri), dalam Telkom Craft Indonesia 2018 di Jakarta | Dok. Telkom

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom kembali menggelar pameran Telkom Craft Indonesia yang berlangsung pada Kamis 22 Maret hingga Minggu 25 Maret 2018, di Jakarta. Pagelaran ini diikuti oleh 400 UKM peserta yang terdiri dari 200 UKM Binaan Telkom, 150 UKM binaan BUMN lainnya dan 50 UKM dari berbagai komunitas dan asosiasi.

Pameran ini dibuka langsung oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Kementrian BUMN Gatot Trihargo didampingi Komisaris Utama Telkom Hendri Saparini dan Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga serta dihadiri oleh Direktur Utama dan Jajaran Direksi BUMN.

Peserta Telkom Craft Indonesia 2018 ini merupakan UKM yang telah memenuhi tahapan pembinaan UKM di Rumah Kreatif BUMN, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Setelah melalui proses seleksi kurasi yang menilai level of quality dan competitiveness dari produk, maka terpilihlah 400 UKM.

Dengan banyaknya UKM yang turut serta, para pengunjung dapat menemukan kekayaan ragam budaya Indonesia yang tertuang dalam bentuk fashion, craft, dan food yang mewakili ciri khas masing-masing daerah dari seluruh penjuru Indonesia.

 Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengatakan, Telkom Craft Indonesia merupakan bagian dari Program BUMN Hadir untuk  Negeri, khususnya pemberdayaan UKM dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka peningkatan akses ke pasar.

“Telkom Craft Indonesia 2018 mengusung kembali tema tahun sebelumnya, yaitu ‘Local Heroes to Global Champions’, dengan maksud agar UKM Indonesia dapat menghasilkan karya terbaik dan sekaligus berdaya saing, sehingga diharapkan dapat menembus pasar global,” ujar Alex, dalam keterangannya yang dilansir dari laman Perseron, Sabtu (24/3/2018).

Menurutnya, ajang pameran Telkom Craft Indonesia 2018 ini untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan menggerakkan perekonomian digital Indonesia. Pemanfaatan teknologi digital di Telkom Craft Indonesia ini sebagai enabler bagi pelaku UKM agar semakin kreatif, inovatif dan berdaya saing global dalam menggerakkan perekonomian digital Indonesia.

Alex menegaskan, melalui Telkom Craft Indonesia diharapkan dapat memberdayakan UKM untuk mampu bersaing secara global sekaligus sebagai penggerak ekonomi digital Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan tekad Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” tandas Alex.(DD)