Garuda Indonesia Berhasil Masuk dalam Jajaran Five Star Global Airlines

ilustrasi
Garuda Indonesia dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna | Dok. Garuda Indonesia

Setelah berhasil mempertahankan predikat sebagai “Maskapai Bintang 5” dari Skytrax pada bulan Februari lalu, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pun kembali dinobatkan sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines) oleh Airline Passenger Experience Association (APEX).

Bahkan asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat ini, menempatkan Garuda Indonesia dalam jajaran “Five Star Global Airlines” bersama dengan 24 maksapai dunia lainnya

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara seremonial APEX Award Ceremony Expo 2018 yang diselenggarakan di Boston, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Direktur Layanan Garuda Indonesia, Nicodemus P Lampe, mengaku merasa bangga dengan predikat tersebut dan mengatakan bahwa predikat ini merupakan bentuk pengakuan dari dunia internasional terhadap program pengembangan Perseroan yang dilaksanakan secara berkesinambungan dalam semua aspek penerbangan, khususnya dalam bidang service.

“Penghargaan ini juga tentunya merupakan bentuk pengakuan atas komitmen serta hasil kerja keras seluruh karyawan dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia dapat mempertahankan predikat ini dua kali berturut-turut. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia bisa meraih predikat prestisius ini,” kata Nicodemus, dalam keterangannya yang dilansir, Kamis (4/10/2018).

APEX bermitra dengan TripIt® dari Concur®, aplikasi pengorganisasian perjalanan dengan rating tertinggi di dunia, untuk mengumpulkan feedback penumpang secara anonim berdasarkan perjalanan mereka yang telah diverifikasi. Dengan menggunakan skala lima bintang, lebih dari 500 maskapai dinilai oleh penumpang dari seluruh dunia pada periode waktu antara 1 Juli 2017 sampai 30 Juni 2018.

Para penumpang diminta untuk menilai keseluruhan pengalaman penerbangan mereka dan kemudian diberikan kesempatan untuk memberi peringkat di lima subkategori, yaitu kenyamanan kursi, layanan kabin, makanan dan minuman, hiburan dan wi-fi. Peringkat keseluruhan tersebut kemudian disertifikasi oleh layanan audit eksternal dan digunakan untuk menetapkan “The 2019 Official Airline Ratings”.(DD)