Esensi: Jadi yang Terlaris, Toyota Kuasai 30,6% Pangsa Pasar Mobil Nasional

ilustrasi
Acara pameran mobil beberapa waktu lalu | Dok. Gaikindo

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan mobil selama 2018 berhasil melampaui target 1,1 juta unit yang pernah ditetapkan. Target terlewati seiring angka wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) seluruh merek pada Desember menyentuh 87.846 unit. Bila diakumulasi sejak Januari hingga Desember, penjualan mobil nasional mencapai 1.151.291 unit.

Esensi Berita:

  1. PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan merek mobil Toyota, masih menjadi merek langganan terlaris, Toyota, tetap menjadi nomor satu dengan perolehan 352.161 unit. Merek terlaris kedua yaitu Daihatsu (202.738 unit), diikuti Honda (162.170 unit), Mitsubishi Motors (142.861 unit), dan Suzuki (118.014 unit).
  2. Seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (22/1/2019), disebutkan, meskipun Toyota tetap memimpin, namun mesti rela pangsa pasarnya tergerus kompetisi. Pada 2018 pangsa pasar Toyota 30,6 persen, padahal pada 2017 tertera 34,5 persen (371.332 unit).
  3. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui merek Daihatsu, berhasil mempertahankan posisi penjualan selama 10 tahun berturut-turut. Retail sales Daihatsu pada 2018 tercatat mencapai 200.178 unit atau naik 8,1%, dan wholesales (dari pabrik ke dealer) 202.738 unit atau naik 8,8% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
  4. Di pasar otomotif nasional, penjualan retail sales Daihatsu meraih pangsa pasar (market share) 17,3 persen dari volume retail nasional 1.070.156 unit. Sementara wholesales Daihatsu meraih pangsa pasar 17,3% dari volume wholesales nasional 1.079.886 unit. “Atas pencapaian ini, Daihatsu mempertahankan posisi nomor 2 di pasar otomotif Indonesia selama 10 tahun berturut-turut, dan mencatat penjualan tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia,” ujar President Director ADM, Tetsuo Miura, seperti dikutip dari iNews.id, Selasa (22/1/2019).

Info Terkait:

  1. Sementara, jika dilihat dari jenis produk, Toyota Avanza menjadi model mobil berpenjualan terbanyak sepanjang 2018 dengan 82.167 unit, diikuti Mitsubishi Xpander di urutan kedua 75.075 unit, berdasarkan data wholesales Gaikindo yang dirilis pertengahan Januari 2019, seperti dilansir dari Tempo.co, Selasa (22/1/2019).
  2. Persaingan Avanza dengan Xpander berlangsung cukup sengit sepanjang 2018, karena small MPV Mitsubishi itu pernah mengungguli penjualan Avanza dalam beberapa bulan, kendati mobil sejuta umat Toyota kembali memimpin penjualan terutama menjelang akhir tahun 2018.
  3. Pertarungan penjualan mobil di segmen low MPV (multi purpose vehicle) akan semakin seru pada tahun 2019 setelah Toyota menyegarkan tampilan Avanza pada pertengahan Januari, untuk bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Suzuki All New Ertiga, Honda Mobilio, termasuk “saudara kembar” Daihatsu Xenia.
  4. Segmen LCGC 7 penumpang juga mendulang penjualan yang lumayan melalui produk Toyota Calya sebanyak lebih dari 63 ribu unit, dan Daihatsu Sigra lebih dari 50 ribu unit sepanjang 2018. Toyota Rush dan Honda HR-V menjadi dua model SUV yang berhasil menempati urutan 10 besar dalam penjualan mobil 2018. Begitu juga dengan kendaraan niaga Daihatsu Gran Max dan Suzuki Carry Pickup di peringkat delapan dan sembilan.(DD)