Capai 95%, BNI Telah Salurkan KUR Rp12,86 Triliun per September 2018

ilustrasi
KUR BNI pada petani | Dok. Bank BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) mencatat telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) per September 2018, yakni sebesar Rp12,86 triliun atau 95%. BNI pun terus mengejar target penyaluran KUR hingga akhir tahun yang sebesar Rp13,5 triliun.

General Manager Bisnis Usaha Kecil BNI, Bambang Setyatmojo, menyatakan bahwa sambil mengejar sisa target tahunan sebesar 5% lagi, BNI sudah mengantongi izin dari Kementerian Perekonomian untuk menambah kuota KUR sebesar Rp3 triliun. Oleh sebab itu, pihaknya akan fokus dalam merealisasikan tambahan kuota KUR ini.

“Sampai dengan September, penyaluran KUR BNI telah mencapai Rp12,86 triliun atau 95% dari target Rp13,5 triliun. Disalurkan kepada 97.500 UMKM. Dengan demikian penikmat KUR jauh meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 62.000 UMKM,” ujar Bambang, seperti dikutip Kontan.co.id, Kamis (11/10/2018).

Bambang menambahkan, BNI akan mengejar target penyaluran KUR ke sektor produktif hingga 50% sesuai arahan Pemerintah. Hingga saat ini, BNI telah menyalurkan 38% dari total KUR ke sektor produktif.

Guna mencapai target tersebut, BNI telah menyiapkan berbagai strategi, dengan membidik sektor pertanian melalui pola supply chain debitur korporasi di bidang pertanian.

“Penyaluran KUR Mikro ke sektor pertanian di area Jawa Timur, maupun komoditas pertanian unggulan masing-masing daerah. Juga bekerjasama dengan BUMN dan korporat di bidang pertanian dan perkebunan,” jelas Bambang.

Seperti halnya yang dilankukan BNI di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang mendorong petani untuk memanfaatkan pembiayaan KUR Tani dengan plafon maksimal Rp25 juta.

Pemerintah bekerja sama dengan BNI memberikan sarana permodalan kepada para petani dalam bentuk KUR Tani. Program itu diharapkan bisa memberikan akses permodalan yang selama ini menjadi salah satu kendala dalam usaha pertanian yang berada di Kabupaten Tuban. Menurut data terbaru petani yang berada di Kabupaten Tuban saat ini berjumlah 2.300 jiwa

Dalam keterangan yang dilansir Kumparan.com, Kepala Cabang BNI Tuban, Bintara, mengatakan bahwa pada tahun 2018 menargerkan KUR Tani sebanyak Rp33 miliar. Dan sejak bulan September, BNI Tuban tercatat telah melamapaui target penyaluran KUR Tani yang diamanatkan BNI Pusat.

“Pada awal tahun, kita menargetkan sebanyak Rp33 miliar dan pada bulan September kita sudah melampui target sebanyak Rp40 miliar dengan jumlah debitur 4.000 orang, program KUR Tani ini memang bertujuan untuk membantu petani sehingga bunganya pun sangat sedikit apabila kita meminjam Rp1 juta bunganya hanya 5.800 per bulannya,” ungkap Bintara.(DD)