BTPN Perluas Pasar Program Laku Pandai

|

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) berupaya memperluas pasar program Laku Pandai melalui produk inovasinya BTPN Wow! ke sejumlah pulau di Indonesia.

"Melalui program "BTPN Wow!" tahun ini kami akan melakukan ekspansi ke seluruh Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara," ujar Product & Customer Experience Head BTPN Wow!, Achmad Nursiwan Sugondo, di Semarang, Jumat (1/4/2016).

Melalui produk tersebut pihaknya ingin menyentuh masyarakat terutama nasabah yang 'unbanked' atau belum terlalu memahami perbankan.

BTPN sendiri sudah mulai menerapkan program Laku Pandai sejak tanggal 30 Maret 2015. Peluncuran pertama dilakukan di Medan, Sumatera Utara.

"Tahun lalu, kami fokus menggarap pasar di Jawa dan sebagian Sumatera. Itu karena di dua pulau inilah jumlah masyarakat yang belum berbank masih sangat tinggi," katanya.

Alasan lain adalah karena Jawa adalah pusat pertumbuhan ekonomi nasional terutama masyarakat di pelosok.

"Hingga saat ini kami masih terus memberikan edukasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat yang mereka peroleh dari produk layanan ini," paparnya.

Berdasarkan data BPTN hingga akhir Desember 2015 jumlah agen BTPN untuk program laku pandai ini mencapai 21 ribu agen, sedangkan nasabah laku pandai berjumlah 307 ribu nasabah.

"Kalau untuk target jumlah agen dan nasabah tahun ini sangat bergantung pada kecepatan ekspansi ke wilayah-wilayah baru," tutupnya.