BRI Gandeng Lazada untuk Memperkuat Penetrasi Bisnis Sektor UMKM

ilustrasi
MoU atara BRI dan Lazada yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Rabu (28/2/2018) | Dok. kominfo.go.id

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya untuk memperkuat penetrasi pada segmen usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Salah satu upaya tersebut adalah melalui kerjasama dengan Lazada dalam hal pengembangan UMKM di Indonesia.

Kerjasama ini dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank BRI dan Lazada tentang Layanan Perbankan dan Dukungan Event yang bertema "UPGRADEUKM" yang ditandatangani langsung oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dan Co-Chief Executive Officer (Co-CEO) Lazada Indonesia di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Turut hadir dalam penandatanganan kerjasasama tersebut, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto, dan Direktur Konsumer Bank BRI Handayani.

“Suatu hal yang membanggakan bagi Bank BRI dapat bekerja sama dengan perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Lazada. Kami akan terus melakukan kerjasama dengan sektor swasta agar mampu menjangkau pelaku bisnis UMKM di seluruh Indonesia,” ungkap Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto, dalam keterangannya yang dilansir Rmol.co, Rabu (28/2/2018).

Kerjasama ini nantinya juga akan membantu nasabah UMKM BRI dan merchant yang saat ini menjadi anggota di Lazada. Hal ini, mencakup jasa layanan perbankan, pengembangan UMKM, dan penyaluran KUR ke seluruh Indonesia.

“Ini untuk memperkuat penetrasi bisnis pada sektor UMKM di Indonesia,” kata Sis Apik.

Sementara itu, dalam keterangan yang dikutip Wartaekonomi.co.id, Rabu (28/2/2018), Co-CEO Lazada lndonesia, Florian Holm menyampaikan, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif yang besar. Mereka memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, baik sebagai pelaku usaha UMKM maupun penyedia jasa lain terkait industri digital.

“Membantu UMKM agar dapat mengembangkan usahanya secara online, merupakan fokus kami tahun ini. Untuk itu, kami meluncurkan program #UpgradeUKM 2018 di 29 kota di Indonesia,” ujar Florian.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2017, Bank BRI sukses menyalurkan Rp69,4 triliun dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada lebih dari 3,7 juta debitur baru. Dari jumlah tersebut, 41 persen telah digunakan untuk sektor produktif.

“Bank BRI dan Lazada memiliki visi yang sama, yakni mendorong UMKM binaan agar naik kelas menjadi technopreneurs. Kami menyambut baik kerjasama ini, bagi kami pemberdayaan UMKM di Indonesia perlu didukung dari berbagai sisi, mulai dari kemudahan akses pembiayaan hingga upaya peningkatan kapasitas serta kapabilitas mereka,” lanjut Sis Apik.(DD)