PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk ke-9 kalinya, menerima penghargaan sebagai bank yang memberikan layanan remitansi terbaik dibandingkan perbankan lain di negara-negara Asia Tenggara. BNI berhasil meraih 11th Annual Best Deal & Solution Awards dari Alpha Southeast Asia untuk kategori “Best Remittance Provider in Southeast Asia 2017”.
Penghargaan tersebut diserahkan CEO Alpha Southeast Asia Siddiq Bazarwala kepada Direktur Tresuri & Internasional BNI Panji Irawan di Sofitel Damansara, Kuala Lumpur – Malaysia, pada Selasa, 13 Februari 2018.
Menurut Panji, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Alpha Southeast Asia kepada perbankan di kawasan Asia Tenggara yang memiliki prestasi dibidangnya masing-masing. Keberhasilan BNI meraih penghargaan ini tidak lepas dari inovasi yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan partner BNI.
Perkembangan layanan Remitansi BNI tidak terlepas dari penguatan dukungan perusahaan terhadap para tenaga migrant Indonesia di luar negeri, yang antara lain dilakukan melalui program KAMI (Keluarga Migran Indonesia) Bersama BNI.
“Program KAMI merupakan bentuk apresiasi dan komitmen sosial kami dalam meningkatkan kualitas hidup Tenaga Kerja Migran Indonesia dan keluarganya. Program ini bersifat komperhensif yaitu mencakup periode sebelum keberangkatan (Pre-Departure), selama di luar negeri, dan ketika kembali ke Indonesia. Program didalamnya mencakup Rumah Edukasi TKI di Indramayu dan Lombok Timur, Capacity Building di Korea Selatan, Jepang, dan Hong Kong, serta Pelatihan dan pemberiaan Beasiswa Komputer, Bahasa, Menjahit, dan Caregiver di Singapura,” papar Panji, seperti dikutip dari laman Perseroan, Selasa (13/2/2018).
Menurut Panji, BNI juga telah memberikan layanan 7 hari 24 jam untuk layanan kiriman uang. Di mana perbedaan waktu operasional bank dan sistem antar negara sudah tidak lagi menjadi hambatan.
“Kiriman uang dapat diterima secara realtime, tanpa harus menunggu jam operasional bank. Di Indonesia, perbankan yang memiliki sistem ini hanya BNI. Ini merupakan upaya kami dalam memenuhi kebutuhan nasabah dan partner kami di luar negeri. Perbedaan waktu, hari, dan jam operasional antara BNI dan partner di luar negeri tidak lagi menjadi masalah bagi kami,” lanjut Panji.
BNI juga menjadi bank satu-satunya di Indonesia yang memiliki Call Center Khusus Transaksi Remittance yang dapat dihubungi di nomor (021) 29946099. Adapun dalam membantu nasabah BNI di luar negeri untuk membuka rekening dan kiriman uang, BNI memiliki Remittance Representative Officer yang tersebar di Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Belanda.
Dijelaskan, bahwa layanan kiriman uang BNI dari luar negeri dapat dilakukan melalui 6 Kantor Cabang Luar Negeri, 2 Kantor Perwakilan, BNI Remittance Limited di Hong Kong,serta 1.600 bank koresponden di seluruh dunia.
Bekerja sama dengan bank di seluruh dunia, BNI juga dapat melayani kiriman uang ke luar negeri dengan Same Day Service, Yuan Remittance, Won Remittance, Ringgit Remittance, serta kiriman uang ke-125 mata uang lokal di seluruh dunia. Sepanjang tahun 2017, BNI telah melayani remitansi senilai 36 miliar dollar AS.(DD)