Bersinergi, BRI dan Pertamina Luncurkan Program Pembelian BBM Non Tunai di Sumatera Barat

ilustrasi
Pertamina terus menggandeng perbankan dalam menggelar program cashless society | Dok. Pertamina

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Pertamina (Persero) sepakat untuk melanjutkan komitmennya dalam mendukung program Pemerintah, cashless society atau program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Kali ini, Bank BRI dan Pertamina meluncurkan Program Pertamina BRI Cashless Society (PBCS) di Sumatera Barat.

Program Pertamina BRI Cashless Society ini bertujuan untuk mendorong seluruh transaksi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Sumatera Barat dengan menggunakan non tunai (cashless society).

Bank BRI dan Pertamina telah secara aktif melakukan program Pengisian BBM berupa diskon untuk pembelian bahan bakar minyak dengan menggunakan EDC di beberapa SPBU di Sumatera Barat. Masyarakat Padang pun menyambut baik program ini.

“Program Pertamina BRI Cashless Society ini diharapkan akan menjadi sarana pembayaran favorit pilihan masyarakat karena lebih praktis, dan juga masyarakat lebih diuntungkan dengan berbagai macam program menarik dari Bank BRI,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto, dalam keterangannya yang dilansir Industry.co.id, Senin (12/3/2018).

Bank BRI dan Pertamina menargetkan 50% dari transaksi pembelian BBM SPBU Kota Padang akan beralih menggunakan non tunai pada tahun 2018. 

“Program ini akan dimulai pada 15 April 2018 di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Padang,” kata Head of Retail Fuel Marketing Pertamina MOR I, Agus Taufik, seperti dikutip Wartaekonomi.co.id, Senin (12/3/2018).

Menurutnya, ada 115 SPBU Pertamina yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Barat sehingga penerapan program tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Sebagai BUMN, kita bersinergi mendukung program pemerintah dalam 'Gerakan Nasional Non Tunai'. Kami akan sosialisasikan program ini untuk mengubah budaya masyarakat dalam bertransaksi,” imbuh Agus.

Agus berharap, program PBCS membuat transaksi di SPBU Pertamina akan lebih aman serta secara pencatatan transaksi akan lebih akuntabel. Pertamina dan BRI berharap PBCS akan menjadi sarana pembayaran favorit pilihan masyarakat karena akan memberikan solusi praktis dalam pembelian BBM.(DD)