AP I Layani 4,6 Juta Penumpang Sepanjang Libur Nataru

ilustrasi
Suasana di salah satu bandara yang dikelola AP I | Dok. Angkasa Pura I

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I/Angkasa Pura Airports, tercatat melayani sebanyak 4,6 juta penumpang sepanjang libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 lalu. Angka ini berdasarkan perhitungan selama 18 hari, mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 di 13 bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports.

Secara persentase, angka ini turun 7,8% dibandingkan trafik libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang tercatat sebanyak 4,97 juta penumpang.  Namun, pengitungan ini di ukur dalam kurun waktu 22 hari, 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

Tahun ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi penyumbang trafik tertinggi dengan melayani 1,24 juta penumpang, tumbuh 18,5% dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 1,04 juta penumpang. Puncak kedatangan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali terjadi pada 22 Desember 2018, di mana sebanyak 74.611 penumpang datang dan berangkat menggunakan 484 pesawat udara.

Sementara itu puncak arus balik penumpang yang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali terjadi pada 3 Januari 2019. Tecatat ada 72.663 penumpang yang melalui bandara ini dengan menggunakan 476 penerbangan.

“Bali masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara untuk berlibur selama Natal dan Tahun Baru, sehingga trafik di Bandara I Gusti Ngurah Rai masih tumbuh sedemikian tinggi. Sementara penurunan trafik penumpang di beberapa bandara AP I disebabkan antara lain karena dioperasikannya Jalan Tol Trans Jawa, harga tiket yang cukup tinggi, semakin banyaknya pilihan moda transportasi lain, serta adanya kekhawatiran sebagian masyarakat untuk melakukan perjalanan udara akibat beberapa  peristiwa bencana alam yang terjadi dibeberapa daerah dan insiden kecelakaan transportasi udara di tahun 2018 lalu,” ujar Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, dalam keterangannya yang dilansir laman Perseroan, Selasa (8/1/2019).

Lebih lanjut, Faik mengatakan, AP I memberikan apresiasi atas dukungan penuh seluruh personel, baik dari internal Angkasa Pura Airports maupun stakeholders terkait, serta pihak-pihak lain yang terlibat, sehingga pelaksanaan Posko Natal dan Tahun Baru 2019 di 13 bandara AP I berjalan baik dan lancar.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dan kerja sama semua pihak yang telah berhasil menciptakan operasional bandara yang mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama pelaksanaan Posko Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di seluruh  bandara yang kami kelola,” tandas Faik.(DD)