PT SARANA MULTIGRIYA FINANCIAL (PERSERO)

PT SARANA MULTIGRIYA FINANCIAL (PERSERO)

SEKILAS PT SMF

Fasilitas KPR adalah skema kepemilikan rumah yang dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya tanpa memberikan beban berat secara bersamaan. Sejak 1983, Pemerintah telah melakukan diskusi intensif mengenai pendirian lembaga pembiayaan sekunder perumahan di antara para pemangku kepentingan industri pembiayaan perumahan. Pendirian lembaga pembiayaan sekunder yang khusus untuk sektor perumahan dianggap perlu agar kepemilikan rumah menjadi terjangkau bagi setiap keluarga Indonesia.

Serangkaian studi kelayakan ini dilakukan oleh Departemen Keuangan dalam kurun waktu 1993-2005. Sebagai hasil dari diskusi dan studi kelayakan tersebut, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) resmi didirikan pada 22 Juli 2005, sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sekunder perumahan pertama di Indonesia. Hingga Laporan Tahunan ini diterbitkan, Perseroan tidak melakukan perubahan nama. 100% milik Pemerintah Republik Indonesia, dengan demikian Perseroan tidak menerbitkan warkat saham, tidak memiliki kebijakan ESOP, tidak menampilkan struktur kepemilikan saham.

PROFIL PT SMF

Setiap manusia memiliki kebutuhan primer yang menjadi standar pemenuhan kelayakan hidup yang paling mendasar, yaitu sandang, pangan dan papan. Menguatnya kebutuhan akan tempat tinggal yang tidak hanya layak dan terjangkau merupakan fokus utama SMF dalam meningkatkan pertumbuhannya setiap tahun. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun turut meningkatkan taraf hidup dan daya beli masyarakat.

Industri property dan pengembangan infrastruktur mulai merajai kota-kota besar Indonesia. Oleh sebab itu, dalam beberapa tahun terakhir, pembelian atau pembangunan rumah menjadi kebutuhan primer yang menyerap biaya besar. Menganalisis hal ini, SMF menyadari bahwa diperlukan solusi yang tepat untuk mendukung masyarakat. Salah satu solusinya adalah disediakannya Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) oleh industri perbankan, yaitu sebuah skema kepemilikan rumah yang dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya tanpa memberikan beban berat secara bersamaan.

KPR menawarkan masa angsuran yang cukup panjang dan jumlah angsuran dapat disesuaikan dengan kemampuan setiap keluarga. Ciri khas dan sifat fasilitas KPR yang berjangka panjang menarik masyarakat untuk tidak hanya memiliki tempat tinggal tetapi juga menanamkan dananya sebagai kegiatan investasi. Hingga saat ini, pihak perbankan sebagai penyalur kredit perumahan masih menggunakan sumber dana dari pihak ketiga (DPK) untuk membiayai KPR, terdiri dari giro, tabungan, dan deposito yang berjangka pendek. Selisih jangka waktu antara pendanaan dan pembiayaan KPR tersebut menimbulkan kesenjangan jangka waktu (maturity mismatch).

Perseroan memiliki 2 (dua) model transaksi yang dapat dipergunakan oleh lembaga penyalur KPR yakni sekuritisasi untuk bank yang sudah siap untuk menjual tagihan KPR serta fasilitas pinjaman untuk lembaga penyalur KPR yang masih ingin memperbesar volume portofolio KPR-nya. Pemberian fasilitas pinjaman dimaksudkan untuk mendorong lembaga penyalur KPR menyalurkan KPR yang berkualitas dan terstandar sehingga layak untuk disekuritisasi di kemudian hari.

Dasar Hukum Pendirian

 1.    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 5/2005 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia, tanggal 7 Februari 2005
 2.    Peraturan Presiden No. 1 Tahun 2008, juncto Peraturan Presiden No. 19 Tahun 2005
 3.   Akta No. 59 yang telah disahkan berdasarkan Berita Negara Republik Indonesia No. 69, Tambahan No. 9263

Kepemilikan

100% milik Pemerintah Republik Indonesia

Pencatatan di Bursa Saham

N/A

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

Rp8.000.000.000.000

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp4.000.000.000.000

Jaringan Usaha

•    Nasional

Keterangan:


Nama:
PT SARANA MULTIGRIYA FINANCIAL (PERSERO)
Nama Komersil:
SMF
Bidang Usaha:
Pembiayaan Sekunder Perumahan
Tanggal Berdiri:
22 Juli 2005
Kontak:
Grha SMF Jalan Panglima Polim I No.1 Melawai Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
Telepon:
(+ 62 21) 2700400
Fax:
(+ 62 21) 2701400
Email:
info@smf-indonesia.co.id, corsec@smf-indonesia.co.id
Kategori:
BUMN Keuangan Listed (BKL)
Annual Report:
2015 : PT SARANA MULTIGRIYA FINANCIAL Laporan Tahunan 2015

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id