PT JASA RAHARJA (PERSERO)

PT JASA RAHARJA (PERSERO)

SEKILAS PT JASA RAHARJA

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi sosial, PT Jasa Raharja (Persero) berupaya untuk memberikan layanan dan produk terbaik kepada seluruh masyarakat, khususnya pengguna angkutan umum dan pengguna jalan. Sejalan dengan perkembangan usahanya sehingga diperlukan pengelolaan usaha yang lebih terukur dan efisien, maka pada tahun 1980 berdasarkan PP No. 39 tahun 1980 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum Asuransi Kerugian “Jasa Raharja” menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) tanggal 6 November 1980, status Jasa Raharja diubah lagi menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dengan nama PT (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja. Pemegang saham mayoritas 100% milik Pemerintah Republik Indonesia. Hingga 31 Desember 2015, saham PT Jasa Raharja (Persero) seluruhnya dikuasai oleh Pemerintah Republik Indonesia dan tidak diperjual-belikan di bursa mana pun, sehingga tidak terdapat informasi mengenai kronologis pencatatan saham.

PROFIL PT JASA RAHARJA

PT Jasa Raharja (Persero) – selanjutnya disebut Jasa Raharja atau Perusahaan – berdiri pada tanggal 1 Januari 1960 seiring dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 19 Prp Tahun  1960 tentang Perusahaan Negara yang seluruh modalnya merupakan kekayaan Negara Republik Indonesia. Sejarah berdirinya Jasa Raharja tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah untuk melakukan nasionalisasi terhadap perusahaan-perusahaan milik Belanda yang tertuang dalam Undang-Undang No.86 tahun 1958 tentang Nasionalisasi Perusahaan Belanda. Berdasarkan UU tersebut, empat perusahaan milik Belanda, yaitu Firma Blom & Van Der Aa, Firma Bekouw & Mijnssen, Firma Sluyters & Co dan N.V. Assurantie Maatschappij dilebur menjadi Perusahaan Asuransi Kerugian Negara “IKA BHAKTI”. Sedangkan N.V. Assurantie Kantoor Langveldt-Schroder berubah nama menjadi Perusahaan Asuransi Kerugian Negara “IKA DHARMA”. Tahun 1961, Pemerintah menerbitkan PP Nomor 15 Tahun 1961 tentang Pendirian Perusahaan Negara Asuransi Kerugian Eka Karya yang merupakan penggabungan dari empat PNAK, yaitu Eka Bhakti, Eka Dharma, Eka Mulya dan Eka Sakti.

Dengan Visi dan Misi Menjadi perusahaan yang terkemuka di bidang Asuransi dengan mengutamakan penyelenggaraan program Asuransi Sosial dan Asuransi Wajib sejalan dengan kebutuhan masyarakat. Yang tertuang dalam Misi perusahaan yakni Bakti Kepada Masyarakat Mengutamakan perlindungan dasar dan pelayanan prima sejalan dengan kebutuhan masyarakat. Bakti Kepada Negara Mewujudkan kinerja terbaik sebagai penyelenggara program Asuransi Sosial dan Asuransi Wajib serta Badan Usaha Milik Negara. Bakti Kepada Perusahaan Mewujudkan keseimbangan kepentingan agar produktivitas dapat tercapai secara optimal demi kesinambungan Perusahaan. Bakti Kepada Lingkungan Memberdayakan potensi sumber daya bagi keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

Dasar Hukum Pendirian

Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1961 tentang Pendirian Perusahaan Negara Asuransi Kerugian Eka Karya. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1965 tentang Pendirian Perusahaan Negara Asuransi Kerugian Jasa Raharja. Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-750/MK/IV/11/1970 tanggal 18 Nopember 1970 tentang Pernyataan mengenai Perusahaan Negara (P.N.) Asuransi Kerugian Jasa Raharja sebagai Usaha Negara seperti yang dimaksud dalam ayat (2) Pasal 2 Undang-Undang No.9 Tahun 1969.

Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 1980 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum Asuransi Kerugian Jasa Raharja menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Anggaran Dasar PT Jasa Raharja (Persero) sebagaimana dimuat dalam Akta Nomor 49 tanggal 28 Pebruari 1981 yang dibuat dihadapan Imas Fatimah, Sarjana Hukum, Notaris di Jakarta, yang telah beberapa kali diubah, dan terakhir dengan Akta Nomor 18 tanggal 2 Oktober 2009 yang dibuat di hadapan Julius Purnawan, Sarjana Hukum, Magister Sains, Notaris di Jakarta.

Kepemilikan

100% Pemerintah Republik Indonesia

Modal Dasar 

Rp5.000.000.000.000,00 (lima triliun rupiah)

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp1.800.000.000.000,00 (satu triliun delapan ratus miliar rupiah)

Jaringan Usaha

N/A

Keterangan:


Nama:
PT JASA RAHARJA (PERSERO)
Nama Komersil:
JASA RAHARJA
Bidang Usaha:
Asuransi Sosial
Tanggal Berdiri:
1 Januari 1960
Kontak:
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C-2 Kuningan Jakarta Selatan 12920
Telepon:
(021) 5203435
Fax:
(021) 5220284
Email:
pusat@jasaraharja.com
Kategori:
BUMN Keuangan Non Listed (BKNL)
Annual Report:
2015 : JASA RAHARJA Laporan Tahunan 2015

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id