SDM dan Kinerja Keuangan Perusahaan

Ilustrasi
Ilustrasi | osmaviation.com

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu yang memegang peranan penting dalam kelangsungan usaha sebuah perusahaan, dengan manajemen yang bagus dan terarah terkait pengelolaan SDM, akan menghasilkan sebuah kinerja yang positif bagi sebuah perusahaan demi kelangsungan usaha, dan unggul di tengah persaingan yang semakin ketat.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa pengembangan SDM yang unggul adalah sebuah cost yang bisa mengurangi pendapatan perusahaan, namun bila ditelaah lebih lanjut, justru itu adalah investasi yang berguna bagi masa depan perusahaan. Dengan kata lain, seseorang dapat dengan aman menyatakan bahwa manajemen modal manusia adalah fungsi organisasi yang berhubungan dengan berbagai topik yang berkaitan dengan orang-orang dalam suatu perusahaan.

Ada berbagai kegiatan yang merupakan bagian dari fungsi manajemen modal manusia dan kegiatan ini mencakup aset masa depan perusahaan. Seperti yang mungkin kita perhatikan dalam Manajer Line berbagai perusahaan menghabiskan banyak waktu untuk mengelola sejumlah kegiatan SDM yang meliputi pendidikan ataupun pelatihan dan pengembangan SDM untuk meraih kompetensi karyawan untuk kebutuhan masa kini dan yang akan datang.

Mengelola SDM sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan menjadi sangat penting. Sebab, seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berubah, mengakibatkan persaingan usaha menjadi semakin ketat. Untuk itu dibutuhkan sebuah organisasi yang solid dan siap dalam menghadapi setiap perubahan yang terus terjadi dalam dunia bisnis.

Mereka yang menganggap bahwa pengembangan SDM adalah sebuah pemborosan, melupakan peran penting yang dimainkan oleh SDM dalam tanggungjawabnya untuk kemajuan sebuah perusahaan. Mengelola tenaga kerja yang berbakat dan mengembangkannya menjadi sebuah salah satu aset berharga adalah sebuah langkah efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja usaha.

Di sini diperlukan sebuah kemampuan perusahaan untuk merumuskan strategi yang menempatkan SDM pada posisi yang menguntungkan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam sebuah industri. (DD)