Memperkuat Nilai Annual Report dengan Keindahan Gambar

|

Sekalipun bobot informasinya dianggap serius dan penuh kalkulasi, bukan berarti annual report harus dihadirkan dengan desain seadanya dan membosankan. Sebagai identitas dan merek organisasi, annual report bisa tampil lebih meyakinkan dengan melibatkan keindahan gambar di dalam desainnya.

 

Kenapa gambar memiliki faktor penting dalam sebuah annual report? Tak lain karena sifat dari annual report itu sendiri yang mampu meningkatkan kepercayaan investor dan mampu mendorong lebih banyak investor tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan Anda. Di sinilah keterlibatan akan desain yang indah menjadi penting agar investor dan pembaca lainnya untuk betah berlama-lama membacanya.

Ada banyak faktor penting dalam desain yang harus dipertimbangkan ketika menyusun annual report. Hal ini tidak terbatas pada cover, jenis kertas, grafik, dan tipografi saja, tetapi melibatkan berbagai elemen penting yang terencana dengan baik sebagai refleksi dari citra perusahaan Anda. Berikut ini adalah faktor yang bisa menambah keindahan dari desain annual report yang Anda buat:

1. Ilustrasi dan Grafik

Produk publikasi apapun pasti ingin membuat audience-nya merasa terlibat. Tidak ada salahnya annual report yang Anda buat dirancang dengan memanfaatkan grafik dan ilustrasi dalam berkomunikasi dengan pembaca. Anda bisa menggunakan elemen desain seperti grafik untuk menarik mata pembaca ke informasi yang dianggap paling penting, seperti tonggak kesuksesan atau tujuan penting lainnya mengenai pencapaian perusahaan.

Grafik yang digunakan harus memiliki tema yang konsisten dan sesuai dengan merek perusahaan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa grafik tersebut mudah dibaca dan tetap eye catching. Sebuah informasi penting yang berupa grafik tidak akan berguna jika pembaca tidak dapat membaca atau menafsirkannya.

2. Gambar Pengganti Kata

Harus diakui, perhatian pembaca terhadap annual report sangat terbatas. Umumnya mereka tidak suka membaca buku dan tidak mudah terkesan dengan kalimat atau kosa kata yang membingungkan. Anda tidak perlu berpanjang-panjang dalam mengobral kalimat di seluruh halaman annual report.

Jika ingin menjaga perhatian pembaca, Anda perlu membatasi jumlah teks yang digunakan dan menggantinya dengan gambar yang menarik namun tetap sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

3. Visual untuk Visi

Pembaca akan lebih menghargai visi perusahaan Anda jika disajikan dengan baik. Hanya saja, pemaparan visi dan misi secara tekstual saja tidak cukup. Anda harus melibatkan visual pendukung seperti foto atau gambar yang mempertegas visi dan misi tersebut.

Dengan menyadari bahwa seluruh laporan yang tertuang dalam annual report mencerminkan perusahaan, tentunya Anda jangan gegagah dalam hal ini. Pastikan investor memiliki kenikmatan tersendiri dalam menyimak halaman visi dan misi perusahaan Anda.

4. Memanfaatkan Fotografi

Hampir sama dengan poin di atas, Anda harus melibatkan fotografi kegiatan-kegiatan perusahaan Anda di dalam annual report yang dibuat, baik itu berupa dokumentasi perusahaan, publikasi media, hingga foto studio yang dibuat secara khusus. Tujuannya tak lain ingin mengajak pembaca untuk terlibat secara emosional dalam foto-foto yang ditampilkan.

Ketika menuliskan perusahaan Anda telah mendapatkan penghargaan bergengsi di sebuah ajang tertentu, tidak akan memiliki nilai emosi bagi pembaca. Hal yang berbeda jika Anda menampilkan foto pendukung yang akan membuat pembaca seolah terbawa pada ekspresi bahagia dan bangga dari foto yang ditampilkan.

(CW/CW)