PT SUPRA BOGA LESTARI TBK

PT SUPRA BOGA LESTARI TBK Laporan Tahunan 2016

TRUE DELIVERANCE OF A PREMIUM BRAND PROMISE

Since first openings, Ranch Market and Farmers Market have firmly established themselves amongst urban households who appreciate food quality and lifestyle. Ranch Market and Farmers Market are determined to be the market leader in food retailing and are committed to delivering quality, freshness, innovative food ideas and value for money. Boasting a comprehensive product range and superior services, Ranch Market and Farmers Market also offer a pleasant shopping experience for all our customers.

Ranch Market and Farmers Market have made their names and will continuously position themselves as the local’s trusted premium brands in Indonesia. The combination of trusted legacy, providing best and high quality products, delivering excellence in service and continuous innovation is to keep Ranch Market and Farmers Market as top of mind in the premium supermarket industry in Indonesia.

Ranch Market and Farmers Market offer a wide range of product assortment, from good and unique local products to international, and premium variety of products to better serve our customers growing healthy and lifestyle needs. We currently operate 30 supermarket outlets and we are set to expand further as our customer demands grow for future expansion. We aim to be recognized as “The Trusted and Leading Premium Supermarket” in Indonesia.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Perusahaan Mencatatkan Pendapatan Bersih Konsolidasian Sebesar Rp2.064 Miliar

Pada tahun 2016, Perusahaan telah berhasil mencapai pendapatan bersih konsolidasian sebesar Rp 2.064 miliar naik 7,7% dari tahun 2015, yang merupakan 96% dari target yang dicanangkan oleh Perusahaan di awal tahun. Keberhasilan Perusahaan juga tercermin pada pencapaian laba konsolidasian Perusahaan di tahun 2016 yaitu sebesar Rp 39,6 miliar (98,9% dari target yang ditetapkan di awal tahun). Pencapaian laba ini terutama merupakan hasil dari program efisiensi yang dilakukan secara berkesinambungan guna menurunkan biaya operasi dan adanya peningkatan produktivitas.

Kontribusi penjualan fresh product pada tahun 2016 adalah dikisaran 44,6% dari total pendapatan bersih, hal tersebut membuktikan bahwa fresh product Ranch Market dan Farmers Market tetap menjadi keunggulan kompetitif. Pada akhir tahun 2016, Perusahaan telah mengoperasikan 30 toko, yang terdiri dari 13 Ranch Market dan 17 Farmers Market. Sepanjang tahun 2016, Perusahaan telah membuka 5 toko baru, yaitu Ranch Market La Maison Jakarta, Ranch Market South Quarter Jakarta, Farmers Market Eco Plaza Cikupa, Farmers Market Gunung Sahari Jakarta dan Farmers Market Grand City Surabaya (kerjasama operasi).

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendapatan Bersih
Pendapatan bersih tahun 2016 adalah sebesar Rp 2.064,0 miliar, naik 7,7% dari tahun sebelumnya. Komposisi pendapatan bersih tahun 2016 adalah 44,3% dari pendapatan bersih Ranch Market dan 55,7% dari pendapatan bersih Farmers Market. Pendapatan bersih dari Ranch Market naik sebesar 3,9% menjadi Rp 913,8 miliar dan pendapatan bersih Farmer Market naik sebesar 13,3% menjadi Rp 1.150,2 miliar.

Laba (Rugi) Tahun Berjalan
Laba tahun 2016 meningkat sebesar 195,7% dari tahun sebelumnya menjadi Rp 39,6 miliar, dengan margin laba tahun 2016 meningkat dari -1,1% menjadi 1,9%. Peningkatan ini adalah karena meningkatnya pendapatan, efisiensi beban operasi dan tidak dikonsolidasikannya lagi PT Bahagia Niaga Lestari pada tahun 2016 (kepemilikan saham Perusahaan di PT Bahagia Niaga Lestari dijual pada akhir tahun 2015). Pencapaian aktual laba tahun 2016 terhadap target adalah sebesar 98,9%.

RENCANA STRATEGIS

Prospek perekonomian Indonesia di tahun 2017 ini tetap menjanjikan meskipun diperlukan kestabilan dalam reformasi struktural. Pada tahun 2017, berdasarkan analisa dari The Nielsen Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi berkisar di 5% - 5,2% apabila reformasi struktural berjalan dengan baik, adanya stabilitas konsumsi, peningkatan investasi dan belanja pemerintah yang efektif. Perusahaan juga akan terus melanjutkan program efisiensi biaya operasional serta terus mendorong peningkatan produktivitas pada tahun 2017. Perusahaan akan secara konsisten menerapkan Food Safety System (ISO 22000) serta mengembangkan sistem pengelolaan yang lebih baik pada distribution center guna menjamin seluruh produk selalu segar dan aman untuk dikonsumsi serta selalu tersedia di toko-toko.

Perusahaan berharap tantangan untuk memperoleh lokasilokasi strategis dalam pengembangan toko baru dapat dihadapi dengan baik, oleh karenanya Perusahaan akan terus menggiatkan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan property developer guna mendapatkan lokasi baru yang strategis di masa mendatang. Perusahaan juga akan terus berkomitmen untuk memberikan service excellence kepada para pelanggan, karenanya sumber daya manusia menjadi hal yang penting bagi Perusahaan. Perusahaan memfokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui program-program pelatihan agar karyawan terus mengembangkan keahlian dan talentanya.

Perusahaan mentargetkan pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 3,7% menjadi Rp 2.140,0 miliar di tahun 2017 dengan same sales stores growth dan penambahan toko baru. Perusahaan mentargetkan laba tahun 2017 adalah sebesar Rp 28,0 miliar.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
201
Kantor Akuntan Publik
Teramihardja, Pradhono & Chandra
Biro Administrasi Efek
PT Adimitra Jasa Korpora
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
suprabogalestari,ritel,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF