PT SEMEN PADANG

PT SEMEN PADANG Laporan Tahunan 2016

MELANGKAH MEWUJUDKAN KINERJA UNGGUL

Tahun 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri semen. Ditengah kondisi persaingan yang ketat, rendahnya konsumsi, serta terjadinya over supply semen nasional, Semen Padang masih mencatatkan kinerja yang baik sepanjang tahun 2016. Mewujudkan profitabilitas yang terus tumbuh, Semen Padang berkomitmen menciptakan operational excellence dan efisiensi biaya melalui program Cost Transformation.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Penjualan Bersih tercatat sebesar Rp6,22 triliun

Dengan Melangkah Mewujudkan Kinerja Unggul, Semen Padang sukses menghadapi persaingan 2016 dengan performance laba yang memuaskan. Secara umum, Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2016 tidak tercapai, meski demikian, secara keseluruhan kinerja Perusahaan pada tahun 2016 cukup baik. Produksi terak tahun 2016 sebesar 4.980.985 ton atau terealisasi 92,41% dari RKAP sebesar 5.390.380 ton. Target produksi terak tidak terpenuhi ini disebabkan faktor kapasitas kiln yang tidak tercapai.

Volume penjualan tercatat sebesar 6.980.615 ton. Pencapaian tersebut terealisasi 91,14% dari RKAP sebesar 7.659.000 ton. Penjualan bersih selama tahun 2016 sebesar tercatat sebesar Rp6,22 triliun atau terealisasi 88,04% dari RKAP sebesar Rp7,07 triliun. Pada tahun 2016, Semen Padang sukses menekan COGS melalui program Cost Transformation dengan penghematan sebesar Rp411 miliar dari RKAP. Realisasi COGS Semen Padang pada tahun 2016 adalah sebesar Rp4,33 triliun dari target RKAP Rp5,27 triliun. Pencapaian ini juga lebih baik dari COGS tahun 2015, sebesar Rp4,84 triliun. Keberhasilan penghematan melalui pemakaian bahan bakar dan listrik sebesar Rp248,77 miliar. Perniagaan Rp113,27 miliar, overhead Rp22,02 miliar dan biaya OPEX Rp26,99 miliar.

Pencapaian laba bersih tahun 2016 ini juga lebih tinggi 0,28% dari pencapaian 2015 sebesar Rp721,98 miliar. Meningkatnya kinerja laba bersih ini didukung dengan tingginya realisasi pendapatan fee atas pemusnahan limbah HIS sebesar Rp80,83 miliar. Kinerja yang baik juga terlihat dari EBITDA Margin sebesar 20,64% atau tercapai 112,25% dari target RKAP 18,39%. Sedangkan EBITDA sebesar Rp1,28 triliun, atau terealisasi 98,83% dari RKAP sebesar Rp1,30 triliun.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laba Tahun Berjalan
Setelah memperhitungkan beban pajak penghasilan di atas, laba bersih tahun berjalan pada tahun 2016 sebesar Rp724 miliar naik 0,1% atau sebesar Rp1 miliar dibandingkan pada tahun 2015 sebesar Rp723 miliar.

Aset
Total aset Semen Padang pada tahun 2016 mencapai Rp9.211 miliar tumbuh 24,6%atau sebesar Rp1.818 miliar dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar Rp7.393 miliar. Total aset terdiri dari aset lancar sebesar Rp2.127 miliar, turun sebesar 7,4% atau sebesar Rp169 miliar dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar Rp2.297 miliar dan aset tidak lancar sebesar Rp7.084 miliar atau tumbuh 39,0% Rp1.987 miliar dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar Rp5.096 miliar.

RENCANA STRATEGIS

Dalam industri semen, prospek pertumbuhan konsumsi semen tahun 2017 diperkirakan cukup baik. Kondisi perekonomian Indonesia yang kondusif mendorong pemerintah untuk meningkatkan ketersediaan infrastruktur nasional. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam peningkatan pembangunan infrastruktur sesuai dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode 2015-2019 sehingga akan berdampak pada peningkatan konsumsi semen nasional.

Pada masa mendatang, permintaan semen nasional diperkirakan terus meningkat yang ditunjang pertumbuhan properti, serta program pembangunan infrastruktur yang terus didorong pemerintah hingga beberapa tahun ke depan. Proyek pemerintah juga diprediksikan membutuhkan banyak pasokan semen dan akan naik terus setiap tahunnya, terutama dengan adanya program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), serta Pembangunan Rumah Rakyat dan Seribu Tower oleh Kemenpera.

Merespon kondisi demikian, Semen Padang akan menetapkan beberapa kebijakan strategis yang dapat menumbuhkan kinerja Perusahaan pada masa mendatang. Kebijakan tersebut antara lain senantiasa berusaha meningkatkan daya saing dengan mengelola biaya, kualitas dan ketersediaan produk di pasar. Secara berkelanjutan, Perusahaan menetapkan program pengelolaan biaya dengan pendekatan cost transformation melalui program CRP dan CSP.

Sementara program pemasaran yang efektif dan efisien yang diikuti dengan pengelolaan distribusi dan transportasi yang handal dan efisien merupakan langkah utama dalam mencapai keberhasilan penyediaan produk (product availability). Di sisi lain, Semen Padang akan terus melanjutkan kerja sama dengan BUMN Karya. Kerja sama ini penting agar Semen Padang dapat menjadi pemasok semen utama untuk proyek-proyek infrastruktur Pemerintah terutama di Sumatera dan sebagian Jawa.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Non Listed (PNKNL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
480
Kantor Akuntan Publik
Osman, Bing Satrio & E&Y (Delloitte)
Biro Administrasi Efek
N/A
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
indonesia,semenpadang

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF