PT REASURANSI NASIONAL INDONESIA

PT REASURANSI NASIONAL INDONESIA Laporan Tahunan 2016

TERPERCAYA, TANGGUH & TERUS TUMBUH

Sebagai perusahaan yang mengelola risiko finansial dari mitra usaha, maka Nasional Re harus berusaha untuk menjadi perusahaan yang dapat dipercaya dan bahkan terpercaya bagi para mitra usaha, terlebih dalam situasi dan kondisi global dimana kepercayaan sangat sulit ditemukan. Untuk mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari para mitra usaha, maka perusahaan harus tangguh dalam banyak bidang, khususnya bidang finansial, teknologi informasi maupun sumber daya manusia. Dengan adanya tingkat kepercayaan yang tinggi dari mitra usaha serta didukung oleh ketangguhan yang dimiliki perusahaan, maka perusahaan memiliki peluang yang besar untuk terus tumbuh dari tahun ke tahun.

Berbagai catatan prestasi Nasional Re dalam beberapa tahun terakhir, baik dari sisi finansial maupun non-finansial, menjadi bukti kuat atas keberhasilan Nasional Re menjadi perusahaan yang dipercaya oleh nasabah dan tangguh dalam menghadapi tantangan di tengah dinamika industri asuransi nasional. Dengan membangun kepercayaan dan tangguh menghadapi tantangan, maka tentunya Nasional Re sanggup menjadi sebuah perusahaan yang terus bertumbuh.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Pertumbuhan Pendapatan lebih tinggi Dibandingkan pertumbuhan Beban

Kinerja Perusahaan pada tahun 2016, dimana terjadi peningkatan yang signifikan pada kedua segmen usaha Perusahaan. Jumlah pendapatan premi bruto segmen Reasuransi Umum tercatat sejumlah Rp4,44 triliun, meningkat signifikan 40,95% dibandingkan tahun lalu, yang tercatat sebesar Rp3,15 triliun. Sementara jumlah pendapatan premi segmen bruto Reasuransi Jiwa tercatat sejumlah Rp432,56 miliar atau meningkat 46,07%. Kontribusi pendapatan premi bruto segmen Reasuransi Umum terhadap pendapatan premi bruto Perusahaan adalah sebesar 91,42%.

Peningkatan pendapatan ini berujung pada peningkatan laba bersih Perusahaan. Di tahun 2016, Perusahaan mencatat perolehan laba setelah pajak dan zakat sebesar Rp335,61 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 33,6% jika dibandingkan perolehan tahun sebelumnya, yakni Rp251,07 miliar. Peningkatan laba tersebut terutama berasal dari pertumbuhan rata-rata pendapatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan beban. Hal ini mencerminkan adanya peningkatan efisiensi dalam operasional perusahaan. Realisasi laba setelah pajak dan zakat tersebut adalah sebesar 104,9% dari target yang dibebankan.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Underwriting
Hasil underwriting yang diperoleh dalam tahun 2016 sebesar Rp380,84 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 104,2% jika dibandingkan tahun lalu sebesar Rp186,51 miliar. Hasil underwriting sebesar Rp380,84 miliar merupakan selisih antara pendapatan premi sebesar Rp2.455,35 miliar dengan beban underwriting sebesar Rp2.074,51 miliar. Realisasi hasil underwriting tersebut adalah sebesar 126,5% dari yang ditargetkan.

Laba Bersih
Untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2016, Perusahaan mencatat perolehan laba setelah pajak dan zakat sebesar Rp335,61 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 33,6% jika dibandingkan perolehan tahun sebelumnya, yakni Rp251,07 miliar. Peningkatan laba tersebut terutama berasal dari pertumbuhan rata-rata pendapatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan beban. Realisasi laba setelah pajak dan zakat tersebut adalah sebesar 104,9% dari yang ditargetkan.

Premi Bruto
Perolehan premi bruto tahun 2016 sebesar Rp4.876,87 miliar, naik sebesar 41,3% dari perolehan tahun sebelumnya sebesar Rp3.451,76 miliar.

Hasil Investasi
Hasil investasi pada tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 16% dibandingkan tahun lalu, dari Rp185.420 juta menjadi Rp155.725 juta. Penurunan ini terjadi karena adanya penurunan hasil investasi di obligasi, saham, dan reksadana. Realisasi tersebut adalah sebesar 80,8% dari yang ditargetkan.

RENCANA STRATEGIS

Sebagai perusahaan reasuransi, Nasional Re tidak membuat produk-produk baru yang bisa langsung diterima oleh konsumen atau dalam hal ini adalah Tertanggung. Namun demikian, Nasional Re dapat berkontribusi kepada perusahaanperusahaan asuransi mitranya dengan cara menawarkan skema produk yang sudah ada untuk dikombinasikan dengan produk lainnya sehingga menjadi suatu produk gabungan atau suatu paket.

Sasaran pemasaran Nasional Re adalah perusahaan-perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, baik perusahaan lokal dengan struktur permodalan berupa Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), gabungan antara perusahaan lokal dengan perusahaan asing (joint venture) dan saat ini sedang dijajaki untuk melakukan pemasaran kepada perusahaan asuransi mancanegara.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
BUMN Keuangan Non Listed (BKNL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
239
Kantor Akuntan Publik
Soejatna, Mulyana & Rekan
Biro Administrasi Efek
N/A
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
nasionalre,reasuransi,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF