PT RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK

PT RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK Laporan Tahunan 2016

TRANSFORMASI BISNIS

Selamat datang di Laporan Tahunan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Dikesempatan ini, kami ingin berbagi kegairahan dan presentasi kami yang senantiasa optimistik mengenai bisnis busana yang berkualitas, bergaya, dan segar dengan harga tepat kepada jutaan pelanggan Indonesia yang telah bergantung dan mempercayai bisnis kami. Kami bangga dengan sejarah kami melayani para pelanggan Indonesia selama empat dekade. Sebagai salah satu dari department store terkemuka di Indonesia, yang diposisikan untuk memenuhi pasar kelas bawah hingga kelas menengah-ke-bawah, Ramayana telah bertumbuh dan meraih kesuksesan seiring semakin meningkatnya pendapatan siap dibelanjakan oleh masyarakat Indonesia umumnya, yang jumlahnya mencapai puluhan juta orang.

Berawal sebagai usaha sederhana pada tahun 1978, Ramayana kini berdiri sebagai pemimpin pasar di segmen ritel. Seiring perubahan waktu dan bertumbuhnya generasi baru untuk mengambil-alih tanggung jawab serta menggerakkan Indonesia menuju Milenium baru, penting bagi bisnis-terutama di dunia ritel yang berevolusi dengan cepat-untuk mengikuti jaman. Generasi muda Indonesia masa kini lebih sehat, lebih tinggi dan lebih terhubung dengan dunia serta lebih yakin akan posisi mereka di masyarakat. Mereka sangat-sensitif terhadap media sosial dan menyadari pengaruh cara berbusana terhadap posisi seseorang di masyarakat. Orang tua mereka pun telah turut berpikiran lebih maju di bidang seperti kesadaran kesehatan, pola makan, komitmen politik dan tanggung jawab sosial komunitas. Adalah tugas Ramayana untuk mengikuti perubahan, dan untuk itulah maka sejak akhir tahun 2015, kami telah memperbaiki prioritas kami dan bergerak maju dengan melakukan renovasi bisnis yang mendalam dan menyeluruh.

Tema utama 'Transformasi Bisnis' mengekspresikan pendekatan baru Ramayana terhadap pelanggan pintar zaman sekarang. Masyarakat Indonesia dari kelas bawah hingga menengah-bawah masih menginginkan harga terbaik untuk belanja mereka-tetapi mereka merespons secara positif terhadap perubahan lingkungan yang lebih cerah, ramah, menghibur, dan pilihan barang yang membawa nama selebriti.

Oleh karena itu, Ramayana pada tahun 2016 memberikan penampilan yang sangat berbeda, dengan acara-acara yang dipandu oleh para selebriti terkenal (yang bahkan telah menciptakan merek-merek busana mereka sendiri), desain cerah dan segar di banyak toko-toko kami, dan suatu keseimbangan antara merek kami sendiri dan para mitra konsinyasi. Kolaborasi supermarket kami dengan SPAR dari Belanda juga telah melaju dengan puluhan toko, sebagai perjuangan untuk mengatasi kesulitan di tahun-tahun yang lalu. Terutama di pulaupulau Indonesia terluar (area nusantara di luar pulau Jawa / Bali) di mana suatu toko serba ada yang bersih dan terang benderang masih merupakan suatu hal yang baru-SPAR memberikan suatu pilihan yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Pendapatan Ramayana Rp 5.857 Miliar

Selama 2016 Ramayana mampu mencapai 99,1% dari target penjualan yang direncanakan, dengan kinerja yang sangat kuat (dan mengejutkan) dari DKI Jakarta dan Jawa Barat, di mana persaingannya sangat ketat (terutama di sektor supermarket dan minimarket). 33,5% dari pendapatan kami datang dari Jakarta Raya, dengan pertumbuhan 8,1% untuk Ramayana.

Kami dengan bangga melaporkan bahwa pendapatan kami telah melebihi target. Perusahaan mencapai hasil yang sangat baik pada tahun 2016, dengan total pendapatan sebesar Rp 5.857 milyar, naik dari Rp 5.533 milyar di tahun 2015. Pencapaian ini merupakan hasil dari inisiatif transformasi dalam Perusahaan, yang berkaitan langsung dengan peningkatan penjualan konsinyasi dan beli putus: penjualan beli putus pada tahun 2016 sebesar Rp 2.937 milyar, naik 10,9% dari tahun 2015 yang sebesar Rp 2.649 milyar. Penjualan konsinyasi tumbuh 4,8% untuk tahun ini.

Dalam upaya mencapai pertumbuhan dan penekanan terhadap biaya sebisa mungkin, Perusahaan membukukan kenaikan laba kotor sebesar 10,3%, dengan nominal Rp 2.202 milyar, dibandingkan dengan laba kotor tahun 2015 sebesar Rp 1.996 milyar. Perlu dicatat bahwa pertumbuhan dramatis tersebut merupakan hasil dari bagian beli putus, yang lebih dari dua kali lipat dari proyeksi awal kami; Bagian beli putus ini selalu menghasilkan marjin kotor yang lebih tinggi, dan pada tahun 2016 tercatat hampir 2% lebih besar dari tahun sebelumnya.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendapatan Bersih
Pada tahun 2016, Perusahaan mencatat pendapatan bersih sebesar Rp 408 milyar, dibanding Rp 336 milyar pada tahun 2015, dengan kenaikan sebesar 21,6%, meskipun beban usaha naik sebesar Rp 89 milyar.

Aset
Per tanggal 31 Desember 2016 total aktiva sebesar Rp 4.647 milyar, dibanding Rp 4.575 milyar pada tahun sebelumnya. Ini termasuk toko baru dan toko yang sudah ada.

RENCANA STRATEGIS

Pekerjaan berkecepatan penuh untuk pembangunan jalan tol dan infrastruktur lainnya di tahun 2017 pasti berarti lebih banyak pendapatan siap pakai dibelanjakan oleh masyarakat. Kami juga terus menjadi penerima manfaat dari upaya stimulasi pendidikan oleh pemerintah yang dikenal sebagai 'Kartu Jakarta Pintar', atau 'KJP', di mana pemerintah DKI menyalurkan sekitar Rp 500.000 /semester langsung kepada siswa-siswi sekolah, melalui kartu debit yang diterbitkan oleh Bank DKI, dan dapat digunakan khusus untuk belanja perlengkapan sekolah seperti seragam, tas, pena, sepatu, dll. Kami masih terus mendapatkan keuntungan dari dana sekitar 12 milyar dollar Amerika yang dikirimkan dari luar negeri ke Indonesia oleh tenaga kerja Indonesia yang berjumlah sekitar 6 juta jiwa. Hal ini seharusnya adalah dorongan sehat bagi penjualan Ramayana. Perusahaan melanjutkan perjalanan meraih kesuksesan di tahun 2017 dengan penuh optimisme.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
109
Kantor Akuntan Publik
Purwantono, Sungkoro & Surja (Ernst & Young Global Limited)
Biro Administrasi Efek
PT Sinartama Gunita
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
ramayanalestarisentosa,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF