MELAJU DI LINTASAN BARU
Persaingan bisnis, PT Phapros, Tbk. menyadari, tidak ubahnya lomba lari lintas-alam. Karena lintasan yang mesti dilalui bukan saja tak terduga tetapi juga dapat berubah cepat tergantung cuaca, hanya mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan cepat lanskap bisnislah yang akan mampu bertahan. Dan Phapros membuktikan keberhasilannya menyesuaikan diri dengan lintasan bisnis yang baru tersebut: Sistem Jaminan Kesehatan Nasional [JKN] yang memprioritaskan penggunaan obat generik [OGB] . Pada 2015, di tengah persaingan yang semakin ketat, Perseroan berhasil meningkatkan Laba Komprehensif 43,8% dari Penjualan Bersih yang “hanya” bertumbuh 19,6%.
Pada 2015 itu, sebagai catatan, rerata pertumbuhan penjualan industri farmasi nasional hanya 4,7%. Pencapaian itu membuat Phapros mampu meningkatkan skor kesehatannya dari 82.5 menjadi 92.5, mempertahankan peringkat kesehatan Perseroan yang baik: AA. Dengan kemampuan adaptasi yang teruji dan basis pertumbuhan jangka panjang yang demikian kuat, dapat diharapkan Perseroan akan melaju semakin kencang di Era Jaminan Kesehatan Semesta pasca-2019 nanti.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Total Laba Komprehensif Phapros meningkat 43,7% menjadi Rp64,47 miliar
Pada 2015 PT Phapros, Tbk. [“Phapros” atau “Perseroan”] meraih kinerja usaha yang menggembirakan. Total Laba Komprehensif Phapros meningkat 43,7% menjadi Rp64,47 miliar dari Penjualan Bersih Rp691,25 miliar. Peningkatan Penjualan Bersih yang dibukukan Perseroan, 19,6%, juga jauh lebih tinggi disbanding rerata pertumbuhan penjualan industri farmasi nasional yang hanya 4.7%. Pertumbuhan bottom-line yang jauh lebih tinggi dibanding peningkatan top-line itu sangat meningkatkan kemampulabaan Phapros. Margin Bersih Perseroan, misalnya, mengalami lompatan kuantum.
Demikian pula imbal-hasil terhadap ekuitas [RoE], imbal-hasil terhadap investasi [RoI], dan imbal-hasil terhadap aset [RoA] masing-masing meningkat secara berarti menjadi 15,6%, 16,5%, dan 9,3% dari 12,2%, 13,8%, dan 7,0%, pada tahun sebelumnya. Indikator keuangan Perseroan lainnya—seperti Rasio Kas, Rasio Lancar, Rasio Utang terhadap Ekuitas, dan Rasio Utang terhadap Aset—pun mengalami peningkatan berarti. Kinerja usaha dan keuangan Phapros yang tinggi tersebut tercermin pada tingkat kesehatan Perseroan. Pada 2015, Perseroan dapat meningkatkan skor kesehatannya dari 82,5 menjadi 92,5, memungkinkan Phapros mempertahankan tingkat kesehatan yang sangat baik: AA..
Perseroan menerima sejumlah Penghargaan
Sepanjang 2015 itu, Perseroan menerima sejumlah penghargaan, termasuk Penghargaan Mitra Bakti Husada dari Kementerian Kesehatan dan Penghargaan Efisiensi Energi Nasional [untuk kali ketiga secara berturut-turut] dari Kementerian ESDM. Guna melayani pasar industri kesehatan yang terus berkembang, Phapros meluncurkan sejumlah produk baru. Di antara andalan masa depan Perseroan tersebut adalah Antimo Herbal, produk herbal OTC. Pencapaian Phapros yang terus terjaga tersebut menggarisbawahi komitmen jangka panjang Perseroan dalam memberikan nilai jangka panjang bagi pemegang saham dan sumbangsih bagi pembangunan Indonesia, terutama di bidang kesehatan.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Penjualan Bersih
Secara nominal, realisasi Penjualan Bersih Phapros pada 2015 yang mencapai Rp691,25 miliar itu juga 3,6% lebih tinggi dibanding target Rp667,10 miliar yang ditetapkan
dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan [RKAP].
Laba Usaha
Realisasi Laba Usaha Perseroan pada 2015, Rp93,65 miliar, juga 3,5% lebih tinggi dari target yang ditetapkan dalam Rencana Rencana Kerja dan Anggaran [RKAP] tahun terkait.
Laba Komprehensif
Realisasi Laba Komprehensif yang diperoleh, Rp64,47 miliar, masih sekitar 0,8% lebih rendah dibanding target yang ditetapkan RKAP 2015, Rp65,01 miliar, hal ini terutama karena Prakiraan Pajak Penghasilan yang hampir 11,0% lebih tinggi daripada Anggaran.
RENCANA STRATEGIS
Walau kondisi perekonomian makro pada 2016 belum dapat diharapkan akan membaik, Phapros berpeluang besar meraih pertumbuhan yang cukup tinggi. Apalagi, pengelolaan JKN yang kian baik dapat diharapkan akan membawa stimulus positif bagi industri farmasi nasional. Untuk memastikan bahwa rencana usaha dan target pertumbuhan 2016 telah mempertimbangkan prospek ekonomi Indonesia, sektor industri farmasi, serta tujuan jangka panjang Perseroan. Perseroan yakin bahwa di bawah jajaran Manajemen yang berpengalaman di berbagai bidang dan dukungan SDM yang berdedikasi, Phapros akan mampu mengatasi berbagai tantangan, meraih beragam peluang, dan mencapai target yang ditetapkan dalam RKAP 2016.
Dengan dukungan segenap pemangku kepentingan, kami yakin Phapros akan dapat terus meningkatkan inovasi dan kreativitas. Dengan demikian, Perseroan akan dapat mengibarkan diri menjadi salah satu perusahaan farmasi nasional terbaik sesuai dengan Visi Perusahaan.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id