PT MULTI INDOCITRA, TBK

PT MULTI INDOCITRA, TBK Laporan Tahunan 2016

INOVASI, EKSPANSI DAN TRANSFORMASI USAHA

Perekonomian Nasional sepanjang tahun 2016 masih dihadapkan dengan berbagai tantangan di semua sektor. Kendati demikian, kondisi tersebut tak menyurutkan pencapaian usaha PT Multi Indocitra Tbk. sebagai salah Perusahaan berbasis penyediaan barang-barang konsumsi perlengkapan bayi dan produk perawatan kesehatan di Indonesia untuk memberikan yang terbaik. Perusahaan senantiasa berkomiten dalam rangka meningkatkan daya saing produk, dan memanfaatkan secara optimal pangsa pasar yang ada.

Salah satu komitmen tersebut diwujudkan dengan merilis Baby World sebagai ritel jaringan toko bayi di awal tahun 2016. Perusahaan tetap berkomitmen untuk senantiasa melakukan inovasi dan ekspansi usaha demi kelanjutan bisnis yang berkesinambungan. Perusahaan juga berfokus untuk mengeksplorasi serta mendesain produk-produk yang inovatif dan sesuai dengan apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing Perusahaan dengan industri sejenis di Indonesia. Transformasi usaha dan rasionalisasi juga menjadi salah satu roadmap untuk ke depannya. Sementara itu di Indonesia, Perusahaan membawa semangat yang terefleksikan dalam innovative products Pigeon dan merealisasikan investasi pada gudang baru Perusahaan di Surabaya dan Cikande, serta melakukan perbaikan yang berkelanjutan dalam rangka mewujudkan proses bisnis yang lebih efisien dan efektif, mencapai zero accident dan juga meluncurkan berbagai inovasi untuk melengkapi lini produk yang telah ada.

Dalam beberapa tahun terakhir, kinerja segmen toiletries pigeon products bahkan terus menunjukkan pertumbuhan di atas rata-rata pasar, terus maju untuk memposisikan setiap produk sebagai pemimpin di masing-masing pasar. Pencapaian PT Multi Indocitra Tbk. juga tak lepas dari strategi yang dijalankan manajemen yang terus melalukan inovasi di berbagai bidang. Segenap elemen Insan Perusahaan juga senantiasa bersinergi untuk mencapai tujuan Perusahaan. Sinergi merupakan salah satu kunci strategis Perusahaan dalam mencapai kinerja usaha yang gemilang. Sinergi tersebut diimplementasikan dalam hal etos kerja, layanan jasa dan produk, pemasaran yang baik, serta identifikasi secara akurat produk di semua segmen usaha. Dengan semangat baru yang ditumbuhkan dalam jajaran manajemen dan karyawan maka Perusahaan selalu berusaha maksimal untuk memenuhi pencapaian yang signifikan tersebut, Perusahaan semakin yakin bahwa Perusahaan ini menuju ke arah masa depan yang lebih cerah.

Semangat baru ini juga sekaligus menegaskan komitmen Perusahaan bahwa Perusahaan hadir di sini untuk membangun hubungan jangka panjang dan berkontribusi untuk menjadi pemasar utama bagi produk-produk konsumen yang aman, berkualitas, dengan harga yang kompetitif serta memberikan manfaat yang tinggi bagi masyarakat.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Penjualan Bersih sebesar Rp641,283 miliar

Pertumbuhan usaha MIC berada di angka 15,50%. Jajaran manajemen juga berhasil mempertahankan pangsa pasar dengan melakukan banyak kegiatan aktivasi dan penerapan strategi usaha yang tepat sasaran. MIC mampu mempertahankan pasar dengan penguasaan produk sebesar 69,5% dan 57,2% masing-masing di segmen bottle dan nipple berdasarkan AC Nielsen Scan Track Data MAT bulan Oktober 2016. Tahun 2016 juga ditandai dengan keseriusan Perusahaan untuk agresif dalam rangka melakukan ekspansi usaha. Salah satunya dengan mengembangkan jaringan ritel toko bayi dengan nama brand “Baby World”.

Hal ini menunjukkan kesiapan MIC untuk terus berinovasi dan bertransformasi selaras dengan tuntutan pasar. Untuk ke depannya, MIC juga tengah bersiap menyongsong era pasar digital sesuai dengan perkembangan zaman. Selama tahun 2016, Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian Perusahaan dan Entitas Anak merupakan pencapaian kinerja Perusahaan dengan upaya yang optimal untuk menghasilkan jumlah nilai penjualan bersih sebesar Rp641,283 miliar, meningkat sebesar Rp86,067 miliar (15,50%) dari jumlah nilai penjualan bersih tahun lalu sebesar Rp555,216 miliar. Peningkatan ini dikarenakan meningkatnya penjualan lokal dan penjualan ekspor pada tahun 2016 masing-masing sebesar Rp63,130 miliar (13,29%) dan Rp 22,937 miliar (28,60%) dibandingkan dengan tahun lalu.

Produk-produk Brand Pigeon masih tetap merupakan backbone atas peningkatan penjualan bersih, baik lokal maupun ekspor pada tahun 2016 dibandingkan dengan tahun 2015. Keberhasilan Pigeon mempertahankan pasarnya karena produk Pigeon masih menjadi pilihan utama bagi para konsumen.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Aset
Jumlah Aset Perusahaan pada akhir tahun 2016 adalah sebesar Rp848,612 miliar, meningkat cukup signifikan bila dibandingkan dengan akhir tahun 2015 yaitu sebesar Rp761,522 miliar, atau meningkat sebesar Rp87,090 miliar (11,44%). Hal ini terutama disebabkan oleh meningkatnya jumlah aset lancar pada akhir tahun 2016 dibandingkan dengan akhir tahun 2015.

Ekuitas
Pada akhir tahun 2016 dan 2015, jumlah Ekuitas Perusahaan masing-masing sebesar Rp600,813 miliar dan Rp583,972 miliar, atau meningkat sebesar Rp16,841 miliar (2,88%) bila dibandingkan dengan akhir tahun 2015. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya saldo perolehan kembali saham beredar, pendapatan komprehensif lain, dan juga saldo laba – belum dan telah ditentukan penggunaannya pada akhir tahun 2016.

Penjualan Bersih
Jumlah nilai penjualan bersih sebesar Rp641,283 miliar, meningkat sebesar Rp86,067 miliar (15,50%) dari jumlah nilai penjualan bersih tahun lalu sebesar Rp555,216 miliar. Produk-produk Brand Pigeon masih tetap merupakan backbone atas peningkatan penjualan bersih, baik lokal maupun ekspor pada tahun 2016 dibandingkan dengan tahun 2015. Keberhasilan Pigeon mempertahankan pasarnya karena produk Pigeon masih menjadi pilihan utama bagi para konsumen.

RENCANA STRATEGIS

Menurut data yang dilansir oleh Bank Indonesia menunjukkan bahwa memasuki awal triwulan I 2017, tekanan inflasi masih terjaga di berbagai daerah terutama di Jawa dan KTI. Sementara inflasi di Sumatera tercatat relatif tinggi terutama di Bangka Belitung (7,95%) dan Sumatera Utara (5,89%). Tekanan inflasi di awal triwulan I 2017 terutama didorong oleh inflasi administered price dan volatile foods. Perekonomian pada triwulan II 2017 diperkirakan tumbuh meningkat di seluruh wilayah ditopang peningkatan konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, investasi, serta ekspor.

Secara keseluruhan tahun 2017, perekonomian daerah secara agregat diperkirakan tumbuh di kisaran 5,0%- 5,4%, lebih tinggi dibanding 2016. Peningkatan optimisme konsumen, berlanjutnya pembangunan infrastruktur pemerintah serta perbaikan investasi swasta merupakan sumber pertumbuhan ekonomi di 2017. Dalam rangka menjawab kondisi makro ekonomi yang penuh tantangan tersebut, Perusahaan memperkuat fondasi usaha dengan mengimplementasikan berbagai strategi usaha dalam rangka mempertahankan kinerja yang berkelanjutan. Sementara itu, Perusahaan juga tetap melakukan mitigasi terhadap ketahanan segmen usaha untuk menyerap potensi risiko yang akan timbul di kemudian hari.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
246
Kantor Akuntan Publik
Richard Risambessy & Rekan
Biro Administrasi Efek
PT Adimitra Jasa Korpora
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
multiindocitra,perlengkapanbayi,kosmetik,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF