PT MEGA MANUNGGAL PROPERTY TBK

PT MEGA MANUNGGAL PROPERTY TBK Laporan Tahunan 2016

GROWING TOGETHER WITH COMMUNITY

Seiring dengan upaya Perseroan untuk memperkuat posisi sebagai perusahaan terbaik di bidang pengembangan dan penyediaan properti logistik berkualitas di Indonesia, Perseroan telah menetapkan komitmen untuk tumbuh bersama masyarakat dan memberikan manfaat sebanyak mungkin pada setiap kawasan yang dikembangkan.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Perseroan Bukukan Peningkatan Pendapatan Sebesar 7,2%

Pada tahun 2016, Perseroan telah memulai membangun konstruksi untuk tiga gudang baru dengan total NLA untuk disewakan 106.332 m2 untuk dilaksanakan sebagian sepanjang tahun 2017 mendatang. Pada saat yang bersamaan, pembangunan gudang MMLP kelima yang tertunda terus berlanjut dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2017. Penundaan ini terjadi dikarenakan adanya keterlambatan pengiriman baja ditengah cuaca yang tidak menentu.

Meskipun tidak ada penambahan gudang baru pada tahun 2016, Perseroan berhasil mempertahankan kinerja keuangannya dengan membukukan peningkatan pendapatan dan laba kotor masing-masing sebesar 7,2% dan 6,4%.

Perseroan juga berhasil mencapai peningkatan dalam pengembangan kapabilitas untuk menaikan imbal hasil secara keseluruhan dengan cara menginvestasikan tenaga marketing dan teknisi yang berkualitas tinggi, memperkuat sistem anggaran internal and memperbaiki sistem operasi untuk menghindari operational yang kurang efektif dan meningkatkan produktivitas.

FINANCIAL HIGHLIGHT

#Catatan redaksi : Data Keuangan Pokok, serta Pembahasan dan Analisis Manajemen atas Kondisi Keuangan dan Kinerja Operasional PT MEGA MANUNGGAL PROPERTY Tbk.
tahun buku 2016 tidak menampilkan grafik#

Jumlah Aset
Aset Perseroan dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2016, peningkatan jumlah aset ini terutama dari meningkatnya jumlah aset tidak lancar yang mencapai 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan aset tidak lancar dikontribusi oleh peningkatan properti investasi Perseroan yang peningkatan sebesar 39% atau Rp 930 miliar menjadi Rp 3,32 triliun (2015: Rp 2,39 triliun).

Jumlah Liabilitas
Jumlah liabilitas Perseroan per 31 Desember 2016 meningkat 4% menjadi sebesar Rp 681,51 miliar (2015: Rp 653,29 miliar) dikontribusi oleh peningkatan liabilitas jangka pendek sebesar Rp 59,71 miliar yang terutama berasal dari peningkatan utang usaha sebesar Rp 81,13 miliar, peningkatan pendapatan diterima dimuka dari tenan sebesar Rp 17,36 miliar dan penurunan pinjaman bank sebesar Rp 35,05 miliar. Sebaliknya terdapat penurunan liabilitas jangka panjang sebesar Rp 31,49 miliar terutama dari pinjaman bank jangka panjang setelah dikurangi bagian jangka pendek sebesar Rp 32,74 miliar.

Jumlah Ekuitas
Perseroan mencatatkan pertumbuhan ekuitas sebesar 29% menjadi Rp 3,28 triliun di tahun 2016 dari Rp 2,55 triliun di tahun 2015. Peningkatan ekuitas ini berasal dari pertumbuhan saldo laba tahun berjalan sebesar Rp 341,91 miliar yang merupakan hasil dari aktifitas operasi Perseroan dan kenaikan kepentingan non-pengendali atas pembentukan usaha patungan dalam entitas anak dengan pihak ketiga, yaitu Reco Indolog Pte Ltd, anak perusahaan Government Investment Corporation (GIC) Singapura sebesar Rp 390,76 miliar.

Pendapatan
Di tahun 2016, Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 175,32 miliar, tumbuh 7% terhadap pendapatan di tahun sebelumnya (2015: Rp163,49 miliar). Pertumbuhan pendapatan Perseroan terutama dipicu oleh penyesuaian tarif sewa yang dilakukan rata-rata sebesar 2%-4%
per tahun. Selain itu, terdapat juga peningkatan tingkat hunian dari 97% menjadi 100% pada tahun 2016 yang juga memberikan kontribusi atas pertumbuhan pendapatan Perseroan dan tambahan pendapatan sewa peralatan dan lainnya.

Laba Tahun Berjalan
Laba tahun berjalan meningkat 248% menjadi sebesar Rp 399,21 miliar di tahun 2016. Setelah mengalokasikan sebagian laba tahun berjalan yang diatribusi untuk kepentingan nonpengendali sebesar Rp 57,04 miliar, Perseroan membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk tumbuh 199%, dari Rp 114,41 miliar pada 2015 menjadi Rp 342,17 miliar.

RENCANA STRATEGIS

Tahun 2017, Perseroan akan terus melaksanakan kinerja usaha terbaiknya dengan memfokuskan strateginya untuk memenuhi ekspektasi tenan, pemasok dan karyawan. Tim marketing kami sudah sangat berkontribusi pada kuatnya rancangan kerja, dengan memastikan permintaan penyewa yang menjadi bagian tak terpisahkan dari keberlanjutan ketetapan kami untuk memberikan servis yang berkualitas pada tenan kita saat ini dan tenan yang akan datang. Kami akan terus berkomitmen untuk menyediakan gudang sesuai dengan jadwal melalui rencana dan komunikasi yang baik.

Selanjutnya, Kami akan terus melanjutkan menjaga komunikasi secara terbuka pada para pemasok, teknisi dan konsultan untuk mencapai cara terbaik dalam meningkatkan imbal hasil usaha tanpa mengurangi kualitas. Kami selalu percaya bahwa kerjasama akan terus memberikan solusi untuk rancangan yang efektif bagi tenan saat ini dan yang akan datang. Untuk itu, kami memperhatikan peningkatan sumber daya manusia melalui berbagai macam pelatihan dan pendidikan. Perseroan akan terus melanjutkan untuk membangun gudang di lokasi yang cocok untuk tenan kami dan memiliki nilai dimasa depan.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
225
Kantor Akuntan Publik
Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan (PwC)
Biro Administrasi Efek
PT Datindo Entrycom
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
megamanunggalproperty,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF