FEEL GOOD
Sebagai salah satu retailer fashion pertama di Indonesia, tentunya Matahari sangat memahami aspirasi masyarakat Indonesia yang ingin tampil prima – serta pentingnya nilainilai bagi mereka. Generasi Indonesia tumbuh bersama Matahari, dan mempercayai Matahari dalam menghadirkan produkproduk yang stylish dan berkualitas dengan harga terjangkau. Matahari senantiasa fokus atas kebutuhan dan aspirasi mereka, merayakan kebersamaan dengan mereka dan mendukung mereka di saat-saat sulit. Matahari bagaikan keluarga bagi mereka. Saat mereka melangkah ke dalam gerai-gerai Matahari, mereka yakin bahwa Matahari akan membuat mereka merasa lebih baik.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Perseroan Menginvestasikan Rp 180 miliar untuk 8,38% saham di Mataharimall.com
Di tahun 2016, Matahari fokus pada pelaksanaan dan pengawasan yang ketat terhadap biaya. Karena itu, meskipun tekanan ekonomi makro yang terus berlanjut sehingga menyebabkan ekonomi melambat, Perseroan tetap mencatat pertumbuhan penjualan dan laba yang sehat. Selain itu, kami mengambil langkah-langkah yang signifikan untuk menjadi peritel omni-channel sebagai elemen kunci platform pertumbuhan di masa depan.
Per Desember 2016, jaringan gerai Matahari meliputi 151 gerai di seluruh nusantara. Rencana belanja modal Perseroan mencatat kemajuan yang baik pada tahun ini dengan total pengeluaran sebesar Rp 356,8 miliar, di mana 30% digunakan untuk ekspansi, 18% untuk renovasi, dan sisanya untuk pengembangan teknologi industri, dan pemeliharaan belanja modal secara keseluruhan. Investasi untuk masa depan bisnis on-line menjadi prioritas pada tahun 2016. Pada Desember 2016, Perseroan telah menginvestasikan total Rp 180 miliar untuk 8,38% saham di online retail platform, Mataharimall.com.
Pertumbuhan segmen pendapatan kelas menengah di Indonesia, yang merupakan pangsa pasar terbesar Perseroan, menarik minat yang lebih besar dari pengusaha ritel lokal dan internasional yang mulai meningkatkan kehadiran mereka selama dua tahun terakhir ini, baik di bidang perdagangan elektronik (e-commerce) dan di sektor ritel khusus, dengan sejumlah outlet baru dibuka di berbagai kota besar. Strategi omni-channel kami memiliki dua komponen utama: MatahariMall.com, dan Matahari Department Store, menggabungkan kedua jaringan Perseroan yang terdiri dari lebih 151 gerai dan Mataharistore.com, outlet online yang merupakan bagian dari infrastruktur Mataharimall.com.
Pada Oktober 2016, Perseroan mengambil langkah untuk meningkatkan nilai merek Perseroan yang mempunyai nama besar dan mampu bertahan lama dengan membuka gerai Nevada. Untuk pertama kalinya salah satu merek eksklusif Perseroan tersedia di luar gerai Matahari, dan Perseroan percaya bahwa gerai Nevada ini menawarkan peluang pertumbuhan (long term translation needed) yang luar biasa.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Gross Sales
Penjualan Barang Dagangan meningkat sebesar Rp 1.319,7 miliar atau 8,3%, dari Rp 15.974,5 miliar pada tahun 2015 menjadi Rp 17.294,2 miliar pada tahun 2016. Peningkatan ini disebabkan oleh naiknya SSSG sebesar 5,5% dan pembukaan 9 gerai baru di 2016. SSSG sebesar 5,5% didukung oleh kinerja positif SSSG yang dialami oleh gerai di seluruh wilayah. Kinerja SSSG gerai-gerai di Jawa sebesar 5,9%, gerai-gerai di Sumatera sebesar 5,4%, gerai-gerai di Kalimantan, Sulawesi dan Maluku sebesar 4,8% dan di wilayah lainnya sebesar 3,6%. Pada tahun 2016, Penjualan Konsinyasi tumbuh sebesar 5,8% dan Penjualan Ritel 12,8%. Persentase Penjualan Barang Dagangan didapat dari Penurunan Penjualan Konsinyasi dari 64.5% pada 2015 menjadi 63,0% pada tahun 2016.
Adjusted EBITDA
EBITDA yang Disesuaikan meningkat Rp 211,5 miliar, atau 8,0%, dari Rp 2.660,1 miliar pada tahun 2015 menjadi Rp 2.871,6 miliar pada tahun 2016. Peningkatan ini terutama karena alasan yang telah dijelaskan di atas, dioffset dengan adanya kenaikan upah minimum lebih dari 9,0% di tahun 2016. Penurunan biaya listrik sebesar Rp 69,4 miliar dikarenakan penghematan yang dilakukan pada 130 gerai dengan mengganti lampu LED juga berdampak terhadap kenaikan EBITDA di tahun ini. Marjin EBITDA yang Disesuaikan adalah 16,7% pada tahun 2015 dan 16,6% pada tahun 2016.
Same Store Sales Growth (SSSG)
Perseroan telah mengalami pertumbuhan penjualan gerai yang sama (SSSG), rata-rata 9,2% per tahun dari 2012 sampai 2016.
Adjusted Operating Expenses
Beban Usaha yang Disesuaikan meningkat dari Rp 3.219,1 miliar pada tahun 2015 menjadi Rp 3.546,0 miliar pada tahun 2016. Beban Usaha yang Disesuaikan sebagai persentase dari Penjualan Barang Dagangan naik dari 19,8% pada tahun 2015 menjadi 20,4% pada tahun 2016.
RENCANA STRATEGIS
Proyeksi secara umum menunjukkan situasi yang sedikit membaik di tahun 2017, dengan pemerintah memberikan proyeksi peningkatan tipis pada pertumbuhan PDB menjadi 5,02%. Menyikapi adanya risiko eksternal akibat ketidakpastian atas Cina, AS, dan Eropa, prospek makro secara keseluruhan relatif baik. Tren demografi Indonesia dalam jangka menengah ke panjang masih menunjukkan prospek yang menguntungkan. Lebih dari 50% populasi berada pada usia di bawah 30 tahun, yang berarti adanya peningkatan sangat besar dalam jumlah usia produktif beberapa tahun ke depan, dimana hal ini bersamaan terjadi dengan meningkatnya urbanisasi.
Dengan gambaran ini, Perseroan tetap optimis bahwa strategi Perseroan di tahun 2017 yang berfokus pada penguatan proposisi pelanggan dengan meningkatkan penawaran produk, memperluas jaringan gerai fisik dan mengembangkan platform online, akan menempatkan Perseroan pada posisi yang mampu tumbuh berkelanjutan sejalan dengan tujuan jangka panjang Perseroan. Perseroan percaya bahwa strategi-strategi ini hendaknya didukung dengan kelangsungan investasi dalam produk Perseroan dan kemampuan pengolahan data serta sinergi antara perdagangan elektronik dan gerai fisik, terutama pengembangan infrastruktur logistik untuk mendukung operasi online.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id