PT MANDIRI SEKURITAS

PT MANDIRI SEKURITAS Laporan Tahunan 2015

BANGKITNYA BANGSAKU

Eksistensi Perusahaan tidak hanya diukur oleh seberapa besar keuntungan yang diperoleh, tapi juga sejauh mana ia berhasil memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa. Selama kurun waktu lebih dari satu Dekade, Mandiri Sekuritas mampu menjadi penyedia jasa di bidang pasar modal yang andal dengan produk dan layanan yang terus berkembang seiring tuntutan zaman. Melalui kualitas pelayanan yang terbaik dalam usaha dan Komitmen melayani para nasabah, klien dan mitra, Mandiri Sekuritas secara berkesinambungan berinovasi menghadirkan produk-produk pasar modal sesuai kebutuhan nasabah, korporat dan masyarakat secara luas.

Seiring dengan itu, penyempurnaan teknis terus dilakukan dengan mengedepankan prinsip keterbukaan sehingga investasi semakin mudah dan sehat. Kemudahan investasi adalah jalan untuk memberikan manfaat ekonomi secara langsung kepada masyarakat serta merangsang investor domestik dan asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dengan kondisi industri pasar modal yang sangat dinamis, Mandiri Sekuritas berkomitmen untuk terus ikut berperan aktif membantu menyejahterakan masyarakat melalui jasa layanan pasar modal pilihan dengan profitabilitas yang kuat.

Mandiri Sekuritas terus mengembangkan profesionalisme dengan berorientasi pada bisnis, dengan cita-cita besar untuk berkontribusi dalam percepatan pembangunan bangsa. Dengan paradigma ini, seluruh Manajemen dan karyawan Mandiri Sekuritas mengokohkan komitmennya untuk mewujudkan pembangunan industri pasar modal Indonesia dan memberikan imbal balik yang kuat bagi seluruh pemangku kepentingan.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Komitmen dan Kerja Keras Menjadi Kekuatan Perseroan
Dalam menjaga pertumbuhan kinerja, Perseroan melihat bahwa komitmen dan kerja keras menjadi kekuatan Perseroan dalam mencapai strateginya untuk tumbuh dan berkembang. Strategi dan rencana bisnis yang ditetapkan, telah didasarkan pada asumsi makro yang relevan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Pendapatan operasional investment banking untuk penjaminan emisi baik saham maupun surat utang di tahun 2015 masing-masing tumbuh 32% menjadi Rp 33,3 miliar untuk penjaminan emisi saham dan tumbuh 17% menjadi Rp 10,3 miliar untuk penjaminan emisi surat utang.

The Best Indonesia Deals
Mempertahankan pangsa pasar yang dibuktikan melalui dominasi Mandiri Sekuritas di pasar penjaminan emisi saham dan penjaminan emisi obligasi. Perseroan juga mendapatkan pengakuan publik internasional melalui penghargaan “The Best Indonesia Deals” dari Finance Asia pada tahun 2015 untuk transaksi Placement & Rights Issue PT. Hanjaya Mandala Sampoerna senilai Rp 20 Triliun. Peningkatan sinergi antara Perusahaan dengan induk yaitu Bank Mandiri di tahun 2015 telah menghasilkan kontribusi yang signifikan terhadap keseluruhan pendapatan operasional perusahaan, yaitu sebesar Rp 185,1 miliar atau 45% dari total pendapatan selama tahun 2015 sebesar Rp 414 miliar. Porsi kontribusi terbesar diperoleh investment banking yaitu Rp 140,3 miliar atau 69% dari total pendapatan dan perolehan capital market (termasuk retail brokerage) sebesar Rp 44,8 miliar atau merupakan 21% dari total pendapatan Mandiri Sekuritas.

Pada tahun 2015, Perusahaan mampu membukukan laba usaha sebesar Rp52,1 miliar dan marjin laba usaha sebesar 8,6%. Pencapaian tersebut lebih rendah dibandingkan tahun 2014 dimana laba usaha sebesar Rp162,4 miliar dan marjin laba usaha sebesar 23,1%, karena pengaruh kondisi ekonomi dan pasar modal yang kurang kondusif sebagai pendapatan usaha mengalami penurunan 13% dengan disertakan kenaikan beban usaha 3,5%

Penetrasi Retail Brokerage Secara Agresif
Perusahaan juga mampu meningkatkan penetrasi retail brokerage secara agresif dari distribusi produk non-equity seperti medium term note (MTN) yang penjaminan emisinya dilaksanakan oleh Perusahaan kepada nasabah Wealth Management Bank Mandiri, sehingga berkontribusi signifikan terhadap pendapatan fee menjadi Rp 22,61 miliar dari Rp 393 juta di tahun 2014. Perusahan juga mampu meningkatkan transaksi penjualan reksa dana dari Rp 1,19 miliar di tahun 2014 menjadi Rp 5,25 miliar di tahun 2015.

Dalam hal penerapan tata kelola perusahaan yang baik dalam rangka meningkatkan reputasi dan kepercayaan para pemangku kepentingan. Komitmen ini terbukti dengan perolehan penghargaan “Trusted Company” dari The Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) yang secara independen melakukan kajian Corporate Governance Perception Index (CGPI) di tahun 2015.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendapatan Usaha
Akhir tahun 2015, jumlah pendapatan usaha dibukukan sebesar Rp610,2 miliar, turun sebesar Rp91,4 miliar atau 13% dibandingkan tahun 2014 sebesar Rp701,6 miliar.

Laba Usaha
Laba usaha merupakan selisih dari pendapatan usaha dan beban usaha perusahaan. Dengan perhitungan tersebut, Perusahaan mampu membukukan laba usaha tahun 2015 sebesar Rp52,1 miliar dan marjin laba usaha sebesar 8,6%. Pencapaian tersebut lebih rendah dibandingkan tahun 2014 dimana laba usaha sebesar Rp162,4 miliar dan marjin laba usaha sebesar 23,1%.

Aset
Selaras dengan proses penyelesaian perdagangan efek (settlement), asset tercatat sebesar Rp1.712,0 miliar atau mengalami penurunan sebesar Rp2.416,8 miliar. Dibandingkan akhir tahun 2014, aset Perusahaan menurun Rp668,9 miliar atau 28,1% dari Rp2.380,9 miliar menjadi Rp1.712,0 miliar.

Liabilitas
Pada awal tahun 2014, jumlah liabilitas tercatat sebesar Rp1.364 miliar, dan akhir tahun 2015 menurun menjadi Rp698,9 miliar. Penurunan liabilitas tertinggi terjadi pada tahun 2015 yaitu sebesar Rp665,1 miliar atau 48,8%.

Ekuitas
Pada awal tahun 2014, jumlah ekuitas tercatat sebesar Rp949,9 miliar, dan akhir tahun 2015 meningkat menjadi Rp1.013,1 miliar.

RENCANA STRATEGIS

Tim ekonom Mandiri Sekuritas memiliki pandangan yang optimis terhadap prospek ekonomi membaik. Untuk 2016, Perusahaan melihat prospek ekonomi Indonesia lebih positif dibandingkan tahun 2015. Pertumbuhan ekonomi diprakirakan meningkat ke5,0% di 2016 dan 5,4% di 2017 terutama ditopang oleh investasi dan meningkatnya penyerapan anggaran pemerintah di infrastruktur. Lebih lanjut, Perusahaan melihat peluang peningkatan konsumsi swasta karena adanya ruang penurunan harga BBM yang cukup besar mengingat penurunan harga minyak serta stabilitas nilai tukar Rupiah.

Sedangkan estimasi inflasi perkirakan berada di 5,0% (masih masuk dalam batas atas target BI) dan bisa lebih rendah dengan asumsi penurunan harga BBM. Tekanan inflasi diperkirakan akan meningkat di semester kedua seiring dengan kebijakan penghapusan subsidi tarif listrik untuk segmen 900VA dan potensi La Nina. Tingkat inflasi tersebut dipandang akan stabil di tahun 2017.

BI rate turun 75bps ke 6,75%
Kurs rupiah diproyeksikan melemah terbatas sebesar 3,7% ke Rp14.300/US$ karena melebarnya defisit neraca berjalan ke 2,4% PDB sebelum menguat ke Rp13.700/US$ di 2017 sejalan dengan penguatan fundamental ekonomi dan bertambahnya arus masuk modal. Sehingga, stabilnya harga dan kurs dipandang akan menyebabkan BI rate turun 75bps ke 6,75% dari posisi akhir 2015 sehingga mengakomodasi percepatan pertumbuhan ekonomi.

Terakhir, Tim ekonom Mandiri Sekuritas juga mengantisipasi kenaikan peringkat kredit S&P untuk Indonesia ke investment grade BBB+ setelah menaikkan prospek dari stabil ke positif. Atas indikator-indikator tersebut, Mandiri Sekuritas optimistis dapat meraih pencapaian yang positif di tahun 2016 dengan menargetkan pendapatan dari lini bisnis Investment Banking melalui 7 equity offerings dan 24 deal obligasi dengan nilai penjaminan keseluruhan berkisar Rp13 triliun, serta 16 advisory deals. Dari sisi capital market, Perusahaan menargetkan rata-rata transaksi harian equity dan obligasi masingmasing Rp 405 miliar dan Rp 227 miliar.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Keuangan Non Listed (PKNL)
Penghargaan
Private Keuangan Non Listed #2
Jumlah Halaman
436
Kantor Akuntan Publik
Purwantono, Suherman dan Surja (Ernst & Young)
Biro Administrasi Efek
N/A
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
Mandiri Sekuritas,laporan tahunan,2015,equity,obligasi,pasar modal,ekonomi,Indonesia,Retail Brokerage ,penjaminan emisi saham,investment banking

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF