PT KALBE FARMA, Tbk

PT KALBE FARMA, Tbk Laporan Tahunan 2016

A JOURNEY OF PASSION

Tahun 2016 adalah tahun penting dalam perjalanan Kalbe. Tahun di mana Kalbe merayakan pesta emasnya. Tahun 2016 bukan sekedar tahun penuh perayaan. Ini saatnya Kalbe berhenti sejenak dan menengok kembali perjalanan Kalbe, apa yang sudah membawa Kalbe sampai ke titik ini. Ini saatnya menegaskan kembali komitmen, untuk mengobarkan semangat, dalam melanjutkan perjalanan membantu menciptakan dunia yang lebih baik.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Penjualan Bersih tumbuh 8,3% menjadi Rp19,4 triliun

PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe” atau “Perseroan”) membukukan pertumbuhan yang positif pada tahun 2016. Penjualan bersih tumbuh 8,3% menjadi Rp19,4 triliun, didukung peningkatan volume pada seluruh divisi usaha. Di tahun 2016, selain memperkuat kapasitas produksi, Perseroan melanjutkan upaya inovasi dalam berbagai bidang untuk menghasilkan produk dan layanan yang memberikan nilai tambah bagi konsumen. Laba bersih tercatat sebesar Rp2.299 miliar, atau tumbuh 14,8% dibanding hasil tahun sebelumnya.

Divisi Obat Resep membukukan pertumbuhan penjualan 4,1%, dari Rp4.293 miliar menjadi Rp4.467 miliar tahun 2016, menyumbang 23% dari total penjualan bersih Kalbe. Didukung rangkaian produk yang lengkap dan tim penjualan yang kuat, Divisi ini mempertahankan posisinya sebagai pemain terkemuka di Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 12% di tahun 2016 (sumber: IMS Health 2016). Divisi Produk Kesehatan menutup tahun 2016 dengan membukukan pertumbuhan penjualan bersih sebesar 11,1% menjadi Rp3.407 miliar, serta menyumbang 18% dari total penjualan bersih Kalbe tahun 2016. Sementara itu, Divisi Nutrisi meraih penjualan bersih Rp5.611 miliar di akhir 2016, tumbuh 9,7% dari tahun sebelumnya, serta menyumbang 29% dari total nilai penjualan bersih Kalbe. Divisi Distribusi dan Logistik
juga meraih hasil positif, dengan pertumbuhan penjualan bersih sebesar 8,8% dari Rp5.414 miliar menjadi Rp5.887 miliar per akhir 2016.

Akhirnya, Kalbe International, bidang usaha internasional Perseroan, terus bertumbuh dengan konsisten. Pendapatan ekspor tumbuh 12,3% di tahun 2016, dengan kontribusi sebesar 5% dari total penjualan bersih Perseroan. Pencapaian positif ini merupakan bukti keunggulan arah strategis Perseroan, serta refleksi dari kemampuan eksekusi Kalbe.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penjualan Neto
Perseroan membukukan hasil yang positif pada tahun 2016, dengan meraih pertumbuhan penjualan sebesar 8,3% menjadi Rp19.374 miliar dibandingkan Rp17.887 miliar di tahun sebelumnya.

Laba Bruto
Pada tahun 2016, Perseroan berhasil membukukan laba bruto sebesar Rp9.488 miliar, meningkat sebesar 10,4% dibanding pencapaian tahun 2015 sebesar Rp8.592 miliar.

Laba Bersih
Laba tahun berjalan meningkat sebesar 14,2% dari Rp2.058 miliar di tahun 2015 menjadi sebesar Rp2.351 miliar di tahun 2016. Dengan mengalokasikan sebagian laba tahun berjalan yang diatribusikan untuk kepentingan non-pengendali sebesar Rp51 miliar, Perseroan membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp2.300 miliar, meningkat sebesar 14,7% dari tahun sebelumnya.

Laba Bersih per Saham Dasar
Perseroan mencatat pertumbuhan laba per saham dasar sebesar 14,7% mencapai Rp49,06 pada tahun 2016 dibandingkan Rp42,76 di tahun 2015.

RENCANA STRATEGIS

Ke depan, Perseroan akan terus memperluas kehadiran Perseroan di Indonesia, melalui upaya-upaya di bidang pengembangan produk, penyederhanaan proses usaha untuk peningkatan produktivitas, serta inisiatif untuk terus memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Perseroan akan meningkatkan upaya perluasan usaha internasional, melalui perluasan portofolio produk dan perluasan jangkauan di pasar global. Perseroan akan mendorong peningkatan partisipasi karyawan melalui peluang karir yang menarik, serta meningkatkan adopsi nilai-nilai Kalbe Panca Sradha dan Etika Bisnis Kalbe dalam kegiatan usaha sehari-hari.

Inovasi senantiasa menjadi elemen penting keberhasilan Kalbe. Untuk itu Perseroan akan terus mendorong pengembangan budaya inovasi dan mencari peluang kolaborasi guna mendorong proses inovasi. Akhirnya, Perseroan akan terus menekankan pentingnya tata kelola perusahaan yang baik, serta praktik pengelolaan risiko dan kualitas yang solid, sebagai satu-satunya cara untuk melindungi reputasi Perseroan and membawa Perseroan menuju keberlanjutan usaha.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
453
Kantor Akuntan Publik
Purwantono, Sungkoro & Surja (Ernst & Young)
Biro Administrasi Efek
PT Adimitra Jasa Korpora
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
kalbe farma,farmasi,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF