PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK

PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK Laporan Tahunan 2016

UNLOCKING POTENTIAL FOR GROWTH

Dengan senantiasa tanggap akan kebutuhan pelanggan dan terus melakukan inovasi produk dan layanan, ICBP fokus untuk meraih potensi pertumbuhan serta menghasilkan stakeholders’ values.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

ICBP Berhasil Meningkatkan Penjualan Sebesar 8,6% Menjadi Rp34,47 Triliun

Tahun 2016 merupakan tahun yang lebih baik bagi Indonesia, dimana pertumbuhan PDB telah menunjukkan pemulihan, sementara tingkat inflasi tetap berada di level yang cukup rendah. Selain itu, daya beli masyarakat dan tingkat kepercayaan konsumen juga meningkat. Kondisi ini tercermin pada kinerja industri FMCG yang baik terutama sektor F&B. Namun demikian, tingkat persaingan juga semakin ketat seiring masuknya para pemain baru ke berbagai kategori usaha kami yang bertumbuh dengan pesat.

Kami berhasil mempertahankan track record yang sangat baik dengan mencatatkan pertumbuhan penjualan dan laba secara konsisten sejak IPO. Komitmen kami untuk terus meraih pertumbuhan, kembali dapat tercapai di tahun 2016. ICBP berhasil mempercepat pertumbuhan penjualan menjadi sebesar 8,6% mencapai Rp34,47 triliun dan meningkatkan laba neto secara signifikan yaitu sebesar 20,0% menjadi Rp3,60 triliun, jauh melampaui target yang ditetapkan. Di samping itu, posisi kami di pasar untuk beberapa kategori utama seperti mi instan, dairy, makanan ringan, dan nutrisi dan makanan khusus juga mengalami peningkatan.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENJUALAN NETO
Penjualan neto konsolidasi ICBP meningkat 8,6% menjadi Rp34,47 triliun di tahun 2016 dari Rp31,74 triliun di tahun 2015, didorong oleh pertumbuhan volume dan kenaikan harga jual rata-rata. Di sepanjang tahun 2016, Perseroan membukukan penjualan di luar Indonesia mencapai sekitar US$211 juta atau sekitar 8% dari penjualan neto konsolidasi.

LABA USAHA (EBIT)
EBIT tumbuh 21,8% mencapai Rp4,86 triliun di tahun 2016 dari Rp3,99 triliun di tahun 2015, dan marjin EBIT naik menjadi 14,1% dari 12,6% seiring dengan membaiknya marjin laba bruto dan pertumbuhan beban operasi yang moderat. Beban operasi naik 3,7% menjadi Rp5,92 triliun dari Rp5,71 triliun di tahun 2015, terutama karena meningkatnya beban iklan dan promosi.

LABA TAHUN BERJALAN
Laba tahun berjalan mencapai Rp3,63 triliun, meningkat 24,2% dari Rp2,92 triliun di tahun 2015 karena kinerja operasional yang lebih baik. Setelah memperhitungkan kepentingan nonpengendali, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tumbuh 20,0% menjadi Rp3,60 triliun dari Rp3,00 triliun di tahun 2015. Tanpa memperhitungkan akun non-recurring dan selisih kurs, core profit naik 24,2% menjadi Rp3,71 triliun di tahun 2016 dibandingkan Rp2,99 triliun di tahun 2015.

TOTAL ASET
Total aset pada tanggal 31 Desember 2016 mencapai Rp28,90 triliun, naik 8,8% dari Rp26,56 triliun pada tanggal 31 Desember 2015. Total aset pada akhir tahun 2016 terdiri dari total aset lancar sebesar Rp15,57 triliun dan total aset tidak lancar sebesar Rp13,33 triliun, sedangkan di akhir tahun 2015 masing-masing mencapai Rp13,96 triliun dan Rp12,60 triliun. Total aset lancar meningkat terutama disebabkan oleh naiknya kas dan setara kas, persediaan bersih dan piutang usaha, sedangkan total aset tidak lancar meningkat terutama karena kenaikan aset tetap bersih terutama untuk ekspansi.

TOTAL EKUITAS
Pada tanggal 31 Desember 2016, total ekuitas mencapai Rp18,50 triliun dibandingkan dengan Rp16,39 triliun pada tanggal 31 Desember 2015. Kenaikan ini terutama karena laba yang dihasilkan di sepanjang tahun 2016 dikurangi dengan pembayaran dividen untuk tahun buku 2015.

RENCANA STRATEGIS

ICBP tetap yakin dengan potensi pasar dalam negeri dan berbagai peluangnya dalam jangka panjang. Meskipun secara umum kondisi perekonomian yang baik di tahun 2016 diperkirakan akan terus berlanjut di tahun 2017, namun kami akan tetap waspada terhadap perkembangan kondisi perekonomian dunia maupun dalam negeri, serta potensi kenaikan berbagai biaya sebagai akibat naiknya harga komoditas. Kami akan terus berupaya meraih pertumbuhan yang berkesinambungan, baik secara organik maupun anorganik secara berhati-hati, sejalan dengan tujuan kami untuk meningkatkan penjualan dan laba, serta menjaga posisi keuangan yang sehat. Kami percaya dengan terus berfokus pada budaya inovasi, kami akan dapat mendorong pertumbuhan dan meningkatkan posisi kami di pasar. Kami juga akan memperkuat pengelolaan mata rantai pasokan guna mempertahankan daya saing dalam jangka panjang.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
296
Kantor Akuntan Publik
Purwantono, Sungkoro & Surja (Ernst & Young Global Ltd.)
Biro Administrasi Efek
PT Raya Saham Registra
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
indofoodcbpsuksesmakmur,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF