FOCUSING ON STRATEGIC GROWTH
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Laba Sebelum Pajak Sebesar US$ 6,4 juta
Bisnis Grup adalah tentang memberikan kualitas terbaik, disertai konsistensi dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang tepat setiap saat. Laba sebelum pajak pada tahun 2016 sebesar US$ 6,4 juta, merupakan peningkatan yang tajam dibandingkan dengan tahun 2015 ketika terdapat Rugi sebelum pajak sebesar US$ 11,0 juta, dikarenakan peningkatan secara keseluruhan dalam kinerja operasional. Laba Bersih sebesar US$ 1,5 juta pada tahun 2016, dibandingkan dengan US$ 10,1 juta pada tahun 2015, terutama dikarenakan keuntungan pajak satu kali sebesar US$ 21,1 juta pada tahun 2015.
Produk utama Grup – Polyester dan Benang Pintal – terus mengalami pertumbuhan yang konsisten. Permintaan Polyester global tumbuh sebesar 4% pada tahun 2016 dan diproyeksikan akan terus meningkat dengan rata-rata sebesar 4-5% selama lima tahun ke depan, jauh melampaui tingkat pertumbuhan PDB secara global sehingga sangat tepat mengklasifikasikan industri ini sebagai ”growing industry”. Grup akan terus menambah kapasitas produksi pada kesempatan yang tepat agar dapat memenuhi permintaan produk Grup yang meningkat.
FINANCIAL HIGHLIGHT
#Catatan redaksi : Data Keuangan Pokok, serta Pembahasan dan Analisis Manajemen atas Kondisi Keuangan dan Kinerja Operasional PT INDO RAMA SYNTHETICS, TBK tahun buku 2016 tidak menampilkan grafik#
Penjualan
Penjualan pada tahun 2016 tercatat sebesar US$ 692 juta, meningkat 1,5% dibandingkan pada tahun 2015 sebesar US$ 682 juta dengan volume penjualan yang lebih tinggi diimbangi oleh rendahnya harga jual (yang disebabkan oleh biaya bahan baku yang rendah sebagai akibat dari harga energi yang turun). Penjualan ekspor masih tercatat sangat baik sebesar 67% dari Total Penjualan, sama dengan komposisi tahun lalu, mencerminkan kekuatan berkelanjutan Grup dalam pasar internasional.
Beban Pokok Penjualan
Beban pokok penjualan pada tahun berjalan tercatat sebesar US$ 627 juta, meningkat sedikit sebesar 1% dari US$ 620 juta pada tahun 2015 yang disebabkan volume yang lebih tinggi mengimbangi biaya bahan baku yang lebih rendah.
Laba Kotor
Laba kotor meningkat sebesar 5% menjadi US$ 65 juta sepanjang tahun ini dibandingkan dengan US$ 62 juta pada tahun 2015 karena volume yang lebih tinggi.
Laba Bersih
Laba Grup sebelum pajak sebesar US$ 6,4 juta pada tahun 2016 peningkatan yang signifikan dibandingkan pada tahun 2015 ketika terdapat Rugi sebelum pajak sebesar US$ 11,0 juta, yang dikarenakan peningkatan secara keseluruhan dalam kinerja operasi. Laba Bersih tercatat sebesar US$ 1,5 juta pada tahun 2016, dibandingkan dengan US$ 10,1 juta pada tahun 2015, terutama disebabkan oleh keuntungan pajak penghasilan satu kali sebesar US$ 21,1 juta pada tahun 2015.
Jumlah Aset
Total Aset pada tahun 2016 meningkat sebesar US$ 42 juta menjadi US$ 847 juta, disebabkan oleh peningkatan aset tidak lancar sebesar US$ 42 juta
Jumlah Liabilitas
Jumlah Liabilitas meningkat pada 2016 sebesar US$ 39 juta karena adanya peningkatan liabilitas jangka panjang sebesar US$42 juta dan penurunan liabilitas
jangka pendek sebesar US$ 3 juta.
Jumlah Ekuitas
Jumlah Ekuitas meningkat sebesar US$ 3 juta pada tahun 2016 yang mencerminkan jumlah laba komprehensif pada tahun 2016.
RENCANA STRATEGIS
Indonesia merupakan salah satu kawasan dengan perekonomian yang signifikan dan sedang bertumbuh untuk menjadi pemain yang berperan penting pada kancah ekonomi global. Perusahaan berencana untuk terus memanfaatkan keunggulan biaya kompetitif Perusahaan di Indonesia dan Uzbekistan guna memasuki pasar baru dengan produk yang berbeda dan memiliki nilai tambah. Saat ini, Grup tercatat sebagai produsen dan eksportir polyester dan benang pintal terbesar di Indonesia. Bisnis polyester dan benang pintal di Indonesia terus tumbuh dengan permintaan dari pembeli luar negeri dan domestik yang terus meningkat. Grup berencana untuk menjaga agar volume penjualan tetap tinggi di pasar dan mempertahankan premium domestik dengan mengganti impor.
Rencana kerja 2017 difokuskan pada bidang-bidang berikut:
• Optimalisasi secara berkelanjutan atas penggunaan pabrik untuk memaksimalkan keuntungan.
• Peningkatan berkesinambungan dalam basis pelanggan Grup dengan meraih pasar baru.
• Peningkatan berkesinambungan pada produk yang ada disertai dengan pengembangan produk baru.
• Melanjutkan fokus dalam upaya penghematan biaya dan khususnya menurun konsumsi energi dan menambahan produktivitas.
• Pengembangan berkelanjutan atas sumber daya manusia untuk memastikan bahwa sumber daya ini telah dimanfaatkan untuk memenuhi aspirasi para pemangku kepentingan dan harapan masyarakat.
• Terus mengembangkan sistem Teknologi Informasi dan pengendalian internal guna mendukung upaya Grup dalam meningkatkan efisiensi.
• Melanjutkan fokus pada tanggung jawab sosial perusahaan dalam bidang lingkungan dan masyarakat setempat.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id