EMPOWERING OUR VISION FORWARD
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Perseroan Mencatatkan Nilai Penjualan Rp1 Triliun
Pada tahun 2016, berdasarkan data Bank Indonesia, perekonomian dalam negeri menunjukkan kinerja yang membaik. Pertumbuhan ekonomi 2016 mencapai 5,0% (yoy), meningkat dari 4,8% pada tahun 2015. Pertumbuhan ekonomi yang membaik tersebut didukung oleh konsumsi dan investasi, khususnya bangunan, yang tercatat cukup kuat.
Kinerja Perusahaan untuk bisnis utamanya (core business) di bidang bahan bangunan plastik, mencatatkan nilai penjualan untuk bisnis utama perusahaan mencapai Rp1 triliun atau meningkat sekitar 5,3% dibandingkan dengan tahun 2015. Tahun 2016, Perseroan juga mencatatkan laba tahun berjalan sebesar Rp125,8 miliar atau menurun sekitar 3,0% dibandingkan dengan tahun 2015. Bisnis utama Perseroan menyumbangkan laba tahun berjalan sebesar Rp89,5 miliar atau meningkat sekitar 25,5% dibandingkan dengan tahun 2015.
Untuk sektor properti, disebabkan masih belum pulihnya kembali minat investasi di unit ruang perkantoran, Perseroan mencatatkan nilai penjualan tahun 2016 sebesar Rp120,2 miliar atau menurun sekitar 34,5% dibandingkan tahun 2015. Dari sisi operasional, pada 2016, guna mendukung bisnis utama yang terbagi menjadi 3 (tiga) jenis produk yaitu roofing, facade dan material, Perseroan memiliki tiga lokasi kegiatan produksi yakni di Cikarang, Karawang, serta Long Thanh District di Vietnam. Kapasitas tiga lokasi tersebut sebagai berikut:
• Pabrik Cikarang memiliki kapasitas roofing mencapai 33.795 ton, facade sebesar 18.980 ton, serta 480 ton untuk material.
• Pabrik Karawang memiliki kapasitas roofing mencapai 3.000 ton serta kapasitas material sebesar 6.048 ton.
• Pabrik Long Thanh District di Vietnam memiliki kapasitas roofing yang mencapai 6.000 ton.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Total Aset
Total aset Perseroan per tanggal 31 Desember 2016 tercatat sebesar Rp2.276.032 juta yang terdiri dari 55,45% aset lancar dan 44,55% aset tidak lancar. Nilai total aset ini mengalami peningkatan sebesar 35,86% dari tahun 2015 sebesar Rp1.675.233 juta.
Total Liabilitas
Total liabilitas Perseroan per tanggal 31 Desember 2016 tercatat sebesar Rp1.050.387 juta yang terdiri dari 31,85% liabilitas jangka pendek dan 68,15% liabilitas jangka panjang. Nilai total liabilitas ini mengalami peningkatan sebesar 81,62% dari tahun 2015 sebesar Rp578.353 juta.
Total Ekuitas
Total ekuitas Perseroan per tanggal 31 Desember 2016 tercatat sebesar Rp1.225.645 juta. Nilai total ekuitas tersebut mengalami peningkatan sebesar Rp128,765 juta atau sebesar 11,74% dibandingkan tahun 2015 sebesar Rp1.096.880 juta. Peningkatan ini berasal dari laba tahun berjalan 2016.
Penjualan Neto
Sepanjang 2016, Perseroan membukukan penjualan neto sebesar Rp1.135.296 juta. Perseroan tetap berusaha untuk dapat setidaknya mempertahankan tingkat pendapatan yang sama dengan tahun sebelumnya. Walaupun pendapatan sektor real estate menurun sebesar Rp63.410 juta atau menurun 34,53% dibandingkan tahun 2015, namun pendapatan sektor utama Perseroan, manufaktur dan distribusi, meningkat sebesar Rp50.868 juta atau 5,28% dibandingkan dengan tahun 2015.
Laba Bruto
Pada 2016, Perseroan memperoleh laba kotor sebesar Rp406,208 juta. Laba kotor Perseroan tahun 2016 meningkat sebesar Rp35.205 juta atau meningkat 9,49% dibandingkan tahun 2015. Peningkatan laba kotor ini disebabkan adanya penurunan harga bahan baku yang diiringi peningkatan volume penjualan dengan tingkat harga jual yang sama dengan tahun sebelumnya.
Laba Tahun Berjalan
Laba tahun berjalan pada 2016 tercatat sebesar Rp125.823 juta. Laba bersih ini menunjukkan penurunan sebesar Rp3.936 juta atau meningkat 3,03% dibandingkan tahun 2015 sebesar Rp129.759 juta. Penurunan ini terutama disebabkan peningkatan beban bunga Perseroan dari utang bank dan MTN.
RENCANA STRATEGIS
Pertumbuhan bisnis yang selaras dengan pertumbuhan perekonomian di dalam maupun di luar negeri. Selain dengan usaha bahan bangunan dan bahan plastik yang masih cukup potensial untuk berkembang, Perseroan juga melakukan kerjasama Inclusive Business Collaboration dengan Covestro di bidang usaha Solar Dryer Dome di sektor pertanian. Covestro adalah salah satu perusahaan yang terkemuka di Jerman. Usaha baru ini akan memberi dimensi baru dalam diversifikasi usaha Perseroan.
Perseroan optimis dapat menghadapi tantangan di tahun-tahun mendatang. Industri manufaktur di Indonesia masih menunjukkan kinerja yang terus bertumbuh terutama untuk bahan bangunan plastik. Hal ini merupakan peluang bagi Perseroan untuk berinovasi baik dari strategi pemasaran maupun produk yang dihasilkan. Strategi yang dilakukan Perseroan dalam meraih peluang yang ada adalah dengan lebih agresif dalam melakukan pemasaran. Selain dalam aspek pemasaran, Perseroan juga melakukan strategi melalui diversifikasi produk untuk menciptakan produk baru agar dapat memenuhi perubahan kebutuhan konsumen yang dinamis.
Dalam upaya memperluas pemasaran dan distribusi, Perseroan juga telah mendirikan anak perusahaan baru dengan nama PT Alderon Pratama Indonesia yang mengkhususkan untuk mengambil segmen proyek pemerintah dan swasta. Produkproduk Alderon menjadi salah satu faktor pertumbuhan Perseroan dalam jangka pendek ke menengah mempertimbangkan tren untuk menggantikan atap baja pabrik dan gudang dengan atap uPVC. Pembentukan usaha baru ini diharapkan dapat memperkuat jaringan pemasaran Perseroan yang telah ada.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id