MAKE THE MOVE
Ketidakpastian ekonomi serta tantangantantangan yang datang dari kondisi eksternal sepanjang tahun 2016 menjadi kesempatan yang semakin memperkuat fondasi FORU. Kinerja seluruh sektor bisnis termasuk industri komunikasi yang terhambat justru membuka pintu-pintu kesempatan bagi FORU beserta seluruh warganya untuk mewujudkan berbagai perbaikan serta bekerja lebih keras dan cerdas. Penguatan diaktualisasikan melalui restrukturisasi organisasi yang dicanangkan dengan tajuk “Make the Move!” Restrukturisasi ini menjadi langkah terbesar FORU dalam 10 tahun ke belakang dan sangat diperlukan agar FORU dapat lebih adaptif serta agile dalam menjawab persaingan dunia usaha yang semakin ketat.
Semangat restrukturisasi tersebut memacu seluruh elemen FORU untuk mengembangkan peluang bisnis yang inovatif dan kreatif di tengah tren wait and see yang diimplementasikan oleh banyak pihak. Dari situ, seluruh elemen FORU bertumbuh dalam segala aspek antara lain Sumber Daya Manusia, struktur organisasi dan metode kerja. FORU mampu menunjukan keunggulan kompetitif dan nilai tambah.
Dengan strategi-strategi yang terimplementasi dengan baik di sepanjang tahun 2016, FORU semakin menegaskan posisinya sebagai entitas yang kokoh dan resilient. FORU pun terus melaju dan melanjutkan sejarah sebagai penyedia layanan komunikasi terintegrasi yang memberikan solusi terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Kinerja FORU di tahun 2016 terkoreksi dengan Laba Usaha sebesar Rp10,72 juta
Kinerja FORU di tahun 2016 harus sedikit terkoreksi dengan laba usaha mencapai sebesar Rp10,72 juta. Meskipun demikian, segmen-segmen usaha FORU mampu untuk tetap berdiri kokoh dengan solusi kreativitas yang mengakomodir kebutuhan klien di tengah kondisi krisis. Segmen Public Relations (PR)/Jasa Kehumasan tumbuh sebesar 11,11% atau mencapai Rp26,97 miliar di tahun 2016 dari sebesar Rp24,27 miliar di tahun 2015. Di sisi lain, segmen Jasa Periklanan terkoreksi sebesar 19,73% dari sebesar Rp407,64 miliar di tahun 2015 menjadi Rp327,23 miliar di tahun 2016. Namun, Design Grafis dan Pameran dalam segmen Jasa Periklanan mencatatkan pertumbuhan kinerja signifikan sebesar 174,36% atau mencapai Rp16,94 miliar di tahun 2016 dari sebesar Rp6,17 miliar di tahun 2015.
Dengan obyektif yang terencana dan terarah, seluruh tahapan restrukturisasi telah berhasil diaktualisasikan dengan baik di sepanjang tahun 2016. Ini juga terbukti mampu mendorong efisiensi beban usaha secara keseluruhan serta mendorong operasional FORU ke arah yang lebih efisien. Dampaknya terlihat secara nyata pada beban usaha yang berhasil ditekan mencapai 11,11% dari sebesar Rp73,19 miliar di tahun 2015 menjadi Rp65,06 miliar di tahun 2016.
Layanan Media Digital FORU membukukan Pencapaian sebesar Rp21,02 miliar
Layanan media digital juga dalam segmen Jasa Periklanan terus menunjukkan pertumbuhan signifikan di tengah perkembangan teknologi digital yang sangat pesat. Akses internet Indonesia mengalami pertumbuhan hingga mencapai 300% dari sebesar 14% menjadi 36% di tahun 2016 seiring kebutuhan konsumen untuk selalu terhubung satu sama lain dan mendapatkan informasi terkini yang semakin meningkat. Layanan media digital FORU pun membukukan pencapaian sebesar 32,90% mencapai Rp21,02 miliar dari sebesar Rp15,82 miliar di tahun 2015.
Dari pencapaian finansial dan operasional tersebut, dapat dikatakan bahwa daya tahan yang dibangun selama 45 tahun telah menempa FORU untuk menjadi entitas yang resisten dalam menghadapi berbagai krisis. Resistensi tersebut juga menopang cash flow FORU yang telah dibangun secara kokoh dari kinerja gemilang pada masa-masa sebelum krisis menerpa. Oleh karena itu, cash flow sebagai nadi bisnis FORU dapat terjaga pada kondisi yang kuat. Turbulensi yang datang dari krisis yang berjalan tak serta merta menjadi kendala signifikan yang mengganggu kinerja finansial FORU secara keseluruhan.
Meskipun harus mengalami koreksi dalam angka pencapaian bisnis, FORU tetap bekerja keras dan terus menunjukkan core valuesnya yaitu kualitas yang terjamin. Komitmen tersebut dibuktikan dengan kreativitas serta inovasi yang mampu membuka pintupintu kesempatan sehingga FORU berhasil dianugerahi beragam penghargaan serta kinerja operasional yang tumbuh secara positif.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Laba Usaha
Laba usaha sebesar Rp10,72 juta.
Aset
Total Aset FORU di tahun 2016 terkoreksi sebesar 9,12% dari Rp283,69 miliar di tahun 2015 menjadi Rp257,83 miliar di tahun 2016. Hal ini terutama disebabkan karena penurunan pada aset lancar dan aset tidak lancar.
Ekuitas
Ekuitas FORU juga terkoreksi sebesar 5,19% dari Rp134,09 miliar di tahun 2015 menjadi Rp127,13 miliar di tahun 2016. Dengan demikian, jumlah Liabilitas dan Ekuitas yang mampu dibukukan di tahun 2016 adalah sebesar Rp257,83 miliar, terkoreksi 9,12% dari tahun 2015 yang tercatat pada angka Rp283,69 miliar.
RENCANA STRATEGIS
Peningkatan aktivitas ekonomi, konsumsi dan investasi diprediksi akan terus terjadi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan meningkat pada kisaran 5,0%-5,4% seiring dengan optimisme permintaan domestik dan terus membaiknya harga-harga komoditas ekspor Indonesia. Terlepas dari hal tersebut, FORU sebagai perusahaan komunikasi terpadu dengan klien yang berasal dari beragam industri telah melakukan analisa mendalam dan menyusun economy outlook yang rasional sebagai alat ukur atas langkah strategis apa yang harus dilakukan. Dari outlook tersebut, mayoritas klien FORU terdorong menjadi lebih optimis dalam memandang kesempatan yang terbuka sehingga berniat untuk kembali aktif melakukan campaign dan aktivitas periklanan.
Tak hanya itu, jumlah klien-klien baru FORU pun terus bertambah dengan tingkat loyalitas yang tinggi dan terjaga. Sementara dari sisi internal, efek dari restrukturisasi yang telah dilakukan sepanjang 2016 membawa angin optimisme untuk pertumbuhan FORU di tahun 2017 mendatang. Seluruh elemen akan saling bahu membahu dan bergerak serempak membawa langkah FORU semakin jauh di peta persaingan. Seluruh segmen bisnis akan terus didorong untuk menjawab peluang-peluang yang terbuka lebar agar FORU dapat lebih menunjukkan keunggulannya sebagai perusahaan pengembang komunikasi pemasaran terpadu.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id