DRIVING TRANSFORMATION
DELIVERING GROWTH
Di tengah pasar industri farmasi yang masih mengalami perlambatan pertumbuhan, di tahun 2016 Darya-Varia melanjutkan proses transformasi untuk memacu pertumbuhan yang berkelanjutan. Didukung strategi yang tepat serta upaya dari seluruh elemen Perseroan, Darya-Varia terus memperkuat portofolio dan membangun brand yang dapat diterima dengan baik oleh pelanggan, meningkatkan keunggulan operasional, dan mengembangkan kemampuan organisasi untuk menjadi salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Darya-Varia membukukan kenaikan Penjualan Bersih sebesar 11% menjadi Rp1.451 triliun
Darya-Varia membukukan kenaikan penjualan bersih sebesar 11% dibandingkan tahun 2015, menjadi Rp1.451 triliun dan laba bersih naik 41% dari Rp108 miliar pada tahun 2015 menjadi Rp152 miliar. Peningkatan profitabilitas yang signifikan didukung oleh kinerja yang kuat dari bisnis Consumer Health serta Export dan Toll Manufacturing, diperkuat dengan kehati-hatian dalam pengelolaan biaya di seluruh aspek Perseroan, kurs nilai tukar mata uang asing yang lebih baik dan keuntungan satu kali (onetime gain) dari program dana pensiun.
Kebijakan strategis dan transformasi organisasi yang dimulai pada 2015 sudah menampakkan hasil dan mendorong Perseroan untuk dapat mempercepat pertumbuhan serta menjadi salah satu perusahaan farmasi terdepan di Indonesia. Perseroan memberikan apresiasi terhadap Perseroan yang secara konsisten fokus dalam melaksanakan strategi utama Perseroan dengan baik – membangun brand, melaksanakan kegiatan operasional yang unggul dan mengembangkan kemampuan organisasi. Sebagai pengakuan terhadap kualitas organisasi Perseroan, Darya-Varia akan menjadi pusat keunggulan (center of excellence) regional untuk kegiatan penelitian dan pengembangan dalam rangka mendukung perusahaan-perusahaan afiliasi di Asia mulai tahun 2017.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Pendapatan
Meskipun menghadapi berbagai tantangan, Perseroan berhasil membukukan penjualan bersih Rp1,45 triliun pada 2016, atau naik 11% dibandingkan 2015, melebihi peningkatan rata-rata 8% sektor industri Farmasi untuk sektor Obat Kimia dan Obat Tradisional serta pertumbuhan perekonomian Indonesia yang sebesar 5%.
Laba Usaha
Laba usaha Perseroan mencapai Rp204 miliar pada 2016, meningkat Rp77 miliar atau 61% dibandingkan 2015. Perolehan laba lebih tinggi ini sejalan dengan peningkatan laba bruto yang sebagian diimbangi peningkatan beban penjualan dan pemasaran sebesar Rp46 miliar. Peningkatan beban penjualan dan pemasaran mencerminkan keputusan strategis Perseroan dalam melanjutkan investasi pada program-program di key account, seminar dan pelatihan, iklan di televisi, radio dan digital, serta adanya insentif lebih tinggi seiring kinerja penjualan yang meningkat selama 2016.
Laba Bersih Setelah Pajak
Laba bersih setelah pajak meningkat Rp44 miliar, tumbuh 41% menjadi Rp152 miliar, sejalan dengan peningkatan pendapatan usaha. Rasio laba bersih terhadap penjualan pada 2016 adalah 10%, naik dari 8% di 2015. Laba per saham meningkat dari Rp97 pada 2015 menjadi Rp136 per lembar saham di 2016.
RENCANA STRATEGIS
Perseroan optimis pelaksanaan strategi tahunan yang berkesinambungan dalam membangun kapabilitas di seluruh organisasi akan menghasilkan kinerja yang luar biasa. Fokus manajemen untuk tahun 2017 adalah peningkatan kemampuan internal melalui pengembangan sumber daya manusia dan keselarasan organisasi untuk mendukung kualitas interaksi dan hubungan dengan pelanggan. Sistem dan proses baru terus dikembangkan, termasuk efektivitas tenaga penjualan, yang bertujuan mendukung transformasi Darya-Varia menjadi organisasi berbasis nilai-nilai BERSATU.
Keberanian, komitmen, serta upaya manajemen dan seluruh staf telah memberikan semangat kepada Perseroan dalam menghadapi berbagai tantangan di 2016. Merupakan suatu kehormatan bagi Perseroan untuk menjadi bagian dari proses transformasi organisasi yang dinamis, sejalan dengan upaya Perseroan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dalam melayani para pelanggan setia kami dan negara. Bersamasama, Perseroan akan terus menghasilkan kinerja yang baik dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id