PT CITATAH TBK

PT CITATAH TBK Laporan Tahunan 2016

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Perusahaan Berhasil Mencapai Penjualan Sebesar Rp. 276 Milyar

Tahun 2016 masih merupakan tahun yang penuh tantangan bagi Perusahaan, di mana Perusahaan menghadapi berbagai tantangan baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Berkat kerja keras, perumusan dan pelaksanaan strategi yang tepat, dedikasi dari semua karyawan serta dukungan dari pemangku kepentingan maka Perusahaan bertekad untuk terus meningkatkan hasil usaha dan lebih optimis di tahun mendatang.

Perusahaan telah memproyeksikan peningkatan penjualan untuk tahun 2016 sebesar 38% atau menjadi Rp. 306 milyar dibandingkan dengan realisasi penjualan sebesar Rp. 220 milyar pada tahun 2015. Namun demikian, Perusahaan berhasil mencapai penjualan pada akhir tahun sebesar Rp. 276 milyar atau naik 25% dari tahun sebelumnya.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penjualan Domestik
Meskipun keadaan melemah, penjualan domestik di tahun 2016 bertumbuh sebesar 26% menjadi Rp. 229 milyar dari Rp. 181,2 milyar dan berkontribusi 83% dari jumlah penjualan di tahun 2016. Pertumbuhan dalam penjualan domestik ini mencerminkan kekuatan Perusahaan mengirim produk-produk berkualitas tinggi ke sektor properti menengah ke atas, di mana pengaruh penurunan ini kecil adanya. Penjualan produk impor ternama, seperti Bisazza Glass Mosaic dan Caesarstone Counter Tops, bersama dengan bahan batuan impor lainnya meningkat signifikan sebesar 70% dalam nilai.

Selama tahun 2016, kategori produk ini menghasilkan penjualan sebesar Rp. 128,9 milyar (2015: Rp. 113,9 milyar), setara dengan 46% dari jumlah penjualan Perusahaan. Mayoritas penjualan ini dikirim ke perumahan mewah kelas atas, apartemen mewah, dan proyek kantor grade A di Jakarta. Penjualan produk marmer Citatah seperti slab, tile dan “cut-to-size” meningkat 48,5% dalam tahun 2016 dengan nilai Rp. 100 milyar (2015: Rp. 67,3 milyar). Penjualan domestik produk marmer lokal Citatah berkontribusi 43,7% dari penjualan domestik di tahun 2016 (2015: 37,2%).

Penjualan Ekspor
Penjualan ekspor berkembang 19,4% menjadi Rp. 47,1 milyar di tahun 2016 dibanding dengan tahun 2015 sebesar Rp. 39,1 milyar. Upaya Perusahaan menunjuk agen-agen di Malaysia dan Jepang telah menghasilkan pertumbuhan yang mengesankan di kedua negara itu. Penjualan ke Malaysia dan Jepang menjadi dua kali lipat di tahun 2016. Namun demikian, penjualan ke Tiongkok merosot sebesar 15% disebabkan menurunnya penjualan blok secara keseluruhan. Melemahnya perekonomian dan pengendalian pembangunan perumahan di Tiongkok mempengaruhi permintaan marmer dari Indonesia. Selama tahun 2016, Citatah mengekspor produk marmer lokal ke lebih dari sepuluh negara di seluruh dunia seperti Tiongkok, Korea Selatan, Malaysia dan Australia yang mewakili pasar dengan nilai terbesar. Citatah telah menyelesaikan proyekproyek besar di luar negeri terdiri dari EPIC Sentral Residence, Infinity 3 Apartment, Quil Sentral Office, The Fennel Apartment di Malaysia dan Park I Duty Free Shop, Samsung Matplaza Yongsan di Korea Selatan.

RENCANA STRATEGIS

Menghadapi tantangan usaha pada tahun 2017 Perusahaan telah menetapkan beberapa langkah strategi dan kebijakan untuk mendapatkan ijin dari instansi terkait supaya dapat membuka lahan tambang lainnya di Indonesia serta terus meningkatkan program di Pabrik Pangkep dan Karawang dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya produksi.

Perusahaan telah memperoleh beberapa proyek besar di Jakarta yang sudah siap pengiriman barangnya pada awal tahun 2017, meliputi proyek SopoDel Office Tower, Element Apartment di Kuningan, Sequis Tower di Sudirman dan Menteng Park Tower I dan II di Jakarta. Dengan pembukaan ruang pamer di Bali pada tahun 2016 diikuti perluasan pasar di Surabaya dan Makassar di tahun 2017, Perusahaan memproyeksikan peningkatan penjualan domestik dalam tahun 2017 sebesar 25 % dari tahun 2016.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
120
Kantor Akuntan Publik
Mirawati Sensi Idris (Moore Stephens International Limited)
Biro Administrasi Efek
PT EDI Indonesia
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
citatah, indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF