PT BUANA LISTYA TAMA TBK

PT BUANA LISTYA TAMA TBK Laporan Tahunan 2016

ADVANCING TOWARDS LONG-TERM GROWTH

Setelah lebih dari satu dekade membangun keberadaannya di industri pelayaran Indonesia, PT Buana Listya Tama Tbk (BULL) terus bertumbuh melalui berbagai inisiatif pengembangan dan perbaikan yang tak henti dilakukan. Langkah-langkah perbaikan operasional terus diambil untuk meningkatkan kemampuan Perseroan dalam menjawab kebutuhan mitra bisnis dan pelanggan yang terus berkembang.

Pada tahun 2016, Perseroan telah melakukan investasi bagi perluasan armada yang dimiliki untuk mendukung peningkatan pelayanan kepada charterer serta untuk memberikan nilai tambah kepada pemegang saham. Untuk ke depannya, BULL akan terus meningkatkan jumlah armadanya sebagai bagian dari investasinya. Hal ini dilakukan sebagai upaya Perseroan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan, berlandaskan tujuan jangka panjang untuk terus memberikan layanan berstandar internasional.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Perseroan Berhasil Mencatatkan Pendapatan Sebesar USD51,25 Juta

Walaupun pertumbuhan ekonomi belum sepenuhnya pulih, dan harga-harga komoditas masih dikatakan rendah, Perseroan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar USD51,25 juta, meningkat sebesar 1,21% dari USD50,64 juta di tahun 2015. Pendapatan tersebut sebagian besar kembali didukung oleh segmen Kapal Tanker Minyak dan FPSO. Pada tahun 2016, pendapatan dari sektor ini tercatat sebesar USD30,68 juta, meningkat sebesar 11,81% dari USD27,44 juta di tahun sebelumnya.

Peningkatan sebesar 15,46% juga terjadi pada aset Perseroan yang tercatat sebesar USD238,76 juta dari USD206,78 juta di tahun 2015, yang dikarenakan adanya tambahan aset tetap berupa 3 (tiga) kapal sebagai hasil dari akuisisi PT Nusa Bhakti Jayaraya dan pembelian 1 (satu) kapal.

Produksi minyak dan gas di tanah air yang terus meningkat dan kebutuhan akan minyak dan gas dalam negeri yang juga terus bertumbuh merupakan salah satu peluang bagi Perseroan sebagai penyedia jasa transportasi minyak dan gas untuk melakukan perluasan armada dan peningkatan pangsa pasar dalam pengembangan bisnis perkapalan Perseroan. Untuk menjawab peluang tersebut, di tahun 2016 ini Perseroan menambah 1 (satu) Floating Storage and Offloading (FSO) serta 3 (tiga) kapal minyak ke dalam armadanya melalui akuisisi entitas anak Perseroan.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendapatan
Secara keseluruhan, pendapatan usaha Perseroan diperoleh dari kegiatan utamanya yaitu jasa penyewaan kapal dan jasa keagenan kapal. Di tahun 2016, PT Buana Listya Tama Tbk. membukukan pendapatan sebesar USD51,25 juta, atau meningkat tipis sebesar USD611 ribu dari pendapatan di akhir tahun 2015 senilai USD50,64 juta. Hasil tersebut dikontribusi oleh peningkatan hasil kinerja Kapal Tanker Minyak dan FPSO sebagai jasa unggulan Perseroan.

Laba (Rugi) Bersih
Dari kegiatan usaha yang dijalankan di tahun 2016, Perseroan mencatatkan laba bersih sebesar USD485,44 ribu, menurun sebesar 95,14% dari USD9,98 juta di tahun 2015. Penurunan pada laba (rugi) bersih disebabkan oleh kenaikan beban langsung, beban administrasi dan kerugian kurs mata uang fungsional.

Total Aset
Secara keseluruhan, total aset yang dimiliki Perseroan per 31 Desember 2016 adalah senilai USD238,76 juta. Total tersebut mengalami peningkatan sebesar USD31,98 juta atau 15,46% dari total aset di tahun 2015 sebesar USD206,78 juta. Kenaikan disebabkan oleh tambahan aset tetap berupa 3 (tiga) kapal karena akuisisi dan pembelian 1 (satu) kapal.

Total Liabilitas
Jumlah liabilitas Perseroan tercatat mengalami kenaikan sebesar 34,12% atau USD35,65 juta ke tingkat USD140,13 juta dibandingkan dengan jumlah liabilitas di tahun 2015 sebesar USD104,48 juta. Peningkatan ini dihasilkan dari meningkatnya pinjaman baru Perseroan selama tahun 2016.

Ekuitas
Per 31 Desember 2016, Perseroan memiliki total ekuitas senilai USD98,63 juta, atau menurun sebesar 3,59% dari total ekuitas tahun sebelumnya sebesar USD102,30 juta. Hasil ini disebabkan oleh penurunan surplus revaluasi meskipun terjadi penurunan defisit.

RENCANA STRATEGIS

Di tahun 2017, kondisi perekonomian dunia diprediksi akan semakin membaik. Di dalam negeri, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan baru untuk mendukung perkembangan industri. Prediksi bahwa harga minyak akan semakin meningkat juga diharapkan akan mendukung pertumbuhan pada industri minyak dan gas di tahun mendatang. Apabila industri minyak dan gas kembali pulih, diharapkan kebutuhan akan kapal tanker untuk mengangkut hasil minyak dan gas juga akan meningkat pesat.

Keterangan:


Tahun
2016
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
201
Kantor Akuntan Publik
Tanubrata, Sutanto, Fahmi, Bambang & Rekan
Biro Administrasi Efek
PT Ficomindo Buana Registrar
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
buanalistyatama,indonesia

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF