PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk

PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk Laporan Tahunan 2015

EMBRACING CHANGE, ENERGIZING GROWTH

“Perubahan” menjadi kata kunci yang tepat untuk menggambarkan dinamika yang berlangsung di Bank Muamalat Indonesia sepanjang tahun 2015. Perubahan yang dilakukan di seluruh tingkatan organisasi dan aspek operasional Bank Muamalat Indonesia. Perubahan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi di pasar perbankan dan lingkungan ekonomi makro. Perubahan yang diarahkan untuk menjadikan Bank Muamalat Indonesia menjadi lebih baik, lebih dinamis, lebih bersih dan lebih efisien. Perubahan yang diwujudkan melalui serangkaian inisiatif yang komprehensif sebagai bagian dari strategi pertumbuhan jangka panjang Bank Muamalat Indonesia yang baru disusun.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

Laba sebelum pajak tercatat meningkat 9,96%

Tahun 2015 merupakan tahun awal pelaksanaan roadmap strategi transformasi dan metamorfosa Bank Muamalat Indonesiasampai dengan tahun 2025 yang dicanangkan oleh Bank dengan Visi M10-Y25 menjadi ‘The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presence’. Tahap awal dari metamorfosa tersebut mencakup strategi konsolidasi, pembenahan dan penguatan fondasi di berbagai aspek bisnis maupun operasional.

Pada tahun 2015, baik dilihat dari sisi efektivitas pelaksanaan program-program kerja strategis sebagaimana disebutkan di atas, maupun dalam pencapaian target-target keuangan 2015 yang ditetapkan. Laba sebelum pajak tercatat meningkat 9,96% dari pencapaian tahun sebelumnya. Hal ini merefleksikan keberhasilan Direksi dalam melakukan langkah efisiensi untuk menekan laju pertumbuhan biaya operasional di satu sisi, sementara di sisi lain mengupayakan peningkatan arus pendapatan terutama dengan mendorong pendapatan imbal-jasa maupun pelunasan fasilitas pembiayaan.

Total aset per akhir Desember 2015 lebih rendah sekitar 8,44% dari posisi setahun sebelumnya, yang mencerminkan berkurangnya nominal portofolio pembiayaan maupun jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK). Hal ini sejalan dengan strategi Bank Muamalat Indonesia yang tidak menekankan pada pencapaian pertumbuhan namun lebih berkonsentrasi melakukan perbaikan secara fundamental.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laba Bersih
Pada tahun 2015, Bank Muamalat Indonesia berhasil membukukan Laba Bersih sebesar Rp74,49 miliar Atau meningkat sebesar 26,44% dari sebesar Rp58,92 miliar di tahun 2014.

Pendapatan Pengelolaan Dana oleh Bank sebagai Mudharib
Pendapatan Pengelolaan Dana oleh Bank sebagai Mudharib atau disebut juga Pendapatan Margin Bank Muamalat Indonesia mengalami penurunan sebesar Rp265,50 miliar, atau sebesar 5,09% dari Rp5,21 triliun di tahun 2014 menjadi Rp4,95 triliun pada tahun 2015.

Ekuitas
Pada tahun 2015, Total Ekuitas Bank Muamalat Indonesia tercatat sebesar Rp3,55 triliun, mengalami koreksi sebesar Rp377,85 miliar, atau setara 9,62% dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp3,93 triliun. Koreksi terhadap Total Ekuitas terjadi karena adanya Selisih Revaluasi Aset Tetap sebesar Rp37,95 miliar dan juga penurunan saldo laba sebesar Rp395,54 miliar.

Hak Bagi Hasil Milik Bank
Hak Bagi Hasil Milik Bank atau Pendapatan Margin Bersih Bank Muamalat Indonesia mengalami Peningkatan sebesar 12,50% dari Rp1,86 triliun di tahun 2014 menjadi Rp2,09 triliun.

ROE
Pada tahun 2015, Bank Muamalat Indonesia mencatat ROA sebesar 0,20% dan ROE sebesar 2,78%. Sedangkan Net Income Margin (NIM) pada akhir tahun 2015 tercatat 4,09%.

RENCANA STRATEGIS

Program-program kerja Bank Muamalat Indonesia untuk 2016 juga mencerminkan ekspektasi yang konservatif akan perkembangan kondisi perekonomian dan perbankan Indonesia di tahun tersebut. Upaya-upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah dan peningkatan kualitas asset pembiayaan memang merupakan salah satu prioritas Bank Muamalat Indonesia saat ini agar tidak semakin terpuruk di masa mendatang. Demikian juga dengan strategi untuk mewujudkan efisiensi dan keunggulan operasional, yang akan berperan penting dalam menjaga profitabilitas Bank Muamalat Indonesia dan daya saingnya di pasar perbankan nasional.

Bank Muamalat Indonesia akan meningkatkan pendapatan imbal-jasa, termasuk dari perluasan layanan remittance bagi para TKI di Arab Saudi dan Malaysia melalui kerja sama dengan pemegang saham SEDCO, Bank Muamalat Indonesia di Malaysia dan dengan institusi-institusi local lainnya. Demikian juga dengan strategi Bank Muamalat indonesia untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan ke sektor Mikro dan UKM dengan pendekatan berbasis komunitas seperti sekolah-sekolah Islam, madrasah, pesantren atau rumah sakit Islam, maupun rencana bisnis untuk mendukung jemaah haji dan umrah dengan menyediakan produk dan layanan yang dapat memberikan kemudahan bagi aktivitas jemaah haji dan umrah baik sebelum keberangkatan maupun selama berada di Tanah Suci.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Keuangan Listed (PKL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
582
Kantor Akuntan Publik
Aidil Yuzar, SE. Ak., CPA
Biro Administrasi Efek
PT Datindo Entrycom
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO)
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
muamalat,laporan tahunan,2015,indonesia,perbankan,syariah

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF