QUALITY FOR BETTER LIVING
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Perusahaan Bukukan Pendapatan Pra Penjualan Sebesar Rp3,4 Triliun
Di tengah berbagai tantangan, Perusahaan membukukan pendapatan pra penjualan sebesar Rp 3,4 triliun, meningkat sebesar 79% dari tahun lalu sebesar Rp 1,9 triliun . Peningkatan ini secara garis besar disebabkan oleh penjualan residential (rumah & tanah), yang mencapai 40% dari keseluruhan penjualan.
Perusahaan meraih pendapatan sebesar Rp 2,7 triliun di tahun 2016 dan membukukan total laba bersih sebesar 520,6 miliar. Marjin Laba bruto perusahaan mengalami penurunan menjadi 54% di tahun 2016 dari 74% di tahun 2015. Hal ini disebabkan oleh perubahan komposisi pengakuan pendapatan dimana penurunan terbesar terjadi pada tanah kavling yang bermarjin tinggi.
Sementara itu, Pendapatan berulang menyumbang pertumbuhan tahunan yang konstan menjadi Rp 373,5 miliar di tahun 2016 dibandingkan dengan Rp 358,9 miliar di tahun 2015 .
FINANCIAL HIGHLIGHT
Pendapatan
Pada tahun 2016, Perusahaan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 2.715,7 miliar. Kontribusi terbesar berasal dari penjualan rumah sebesar Rp 1.000,9 miliar, mengalami pertumbuhan yang pesat dibandingkan tahun sebelumnya (2015) sebesar Rp 325,1 miliar.
Aset
Total aset Perusahaan mengalami kenaikan sebesar 7,9% dari Rp 18,709.9 miliar per 31 Desember 2015 menjadi Rp 20,186.1 miliar di 31 Desember 2016. Peningkatan ini disebabkan oleh penambahan aset tidak lancar yaitu adanya penambahan tanah untuk dikembangkan dan persediaan.
RENCANA STRATEGIS
Dengan lebih optimisnya prediksi ekonomi dan industri properti di tahun 2017, kami yakin tahun depan, Perusahaan akan dapat memberikan hasil kinerja yang lebih baik lagi. Perusahaan akan perlu mengembangkan strategi yang tepat untuk menangkap berbagai potensi di tahun depan, tentunya.
Selain itu, kami juga berharap dana repatriasi yang mengalir ke dalam negeri melalui program Amnesti Pajak akan dapat diinvestasikan ke sektor properti. Perusahaan akan menangkap prospek ini dengan merencanakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi pasar. Perusahaan akan berfokus untuk melakukan pembaruan produk dan master plan, serta menganalisa berbagai potensi yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk melengkapi portofolio Perusahaan.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id