PT NINDYA KARYA (PERSERO)

PT NINDYA KARYA (PERSERO)

SEKILAS PT NINDYA KARYA

Nindya Karya adalah sebuah perusahaan konstruksi dengan kepemilikan saham dipegang oleh Negara Republik Indonesia dan PT PPA (Persero). Selain menjalankan usaha bidang konstruksi, Perseroan juga menjalankan usaha dalam bidang Engineering, Procurement, Construction (EPC) dan investasi. Dari sisi historis, perusahaan ini pada awalnya merupakan sebuah perusahaan Belanda bernama N.V. Nederlands Aannemings Maastchappy (NEDAM) v/h Fa.H. Boersm. Seiring dengan Pembebasan Irian Barat dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 1958, semua perusahaan Belanda yang masih tersisa di wilayah Indonesia dinasionalisasi menjadi perusahaan milik negara.

Nasionalisasi NEDAM menjadi perusahaan Indonesia dilakukan melalui Peraturan Pemerintah  Nomor 59 tahun 1961. Sering dengan proses nasionalisasi tersebut, NEDAM berganti nama menjadi Perusahaan Negara (PN) Nindya Karya. Pada tahun 1973, PN Nindya Karya kembali beralih status menjadi Perseroan Terbatas (PT) dengan nama yang sama. Nama PT Nindya Karya (Persero) kemudian dipertahankan hingga saat ini.

Kepemilikan saham Perseroan terdiri atas 1% dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia dan 99% dimiliki oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) / PT PPA (Persero). Kedua pemilik saham Perseroan terdiri dari lembaga negara dan institusi lokal dan tidak terdapat adanya kepemilikan saham oleh institusi asing.

PROFIL PT NINDYA KARYA

Sebagai perusahaan konstruksi, Nindya telah membangun berbagai macam proyek bangunan di berbagai wilayah di Indonesia. Proyek itu meliputi pembangunan irigasi dan bendungan, dermaga, bangunan industri dan EPC, bandara, rumah sakit, apartemen dan hotel, bangunan komersial, jalan raya dan tol, jalan layang dan jembatan, bangunan olahraga, bangunan pendidikan, dan berbagai bangunan komersial lainnya. Proyek-proyek tersebut secara langsung dan tidak langsung telah memberikan kontribusi perekonomian negara.

Dasar Hukum Pendirian

N/A

Kepemilikan

1% dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia

99% dimiliki oleh PT PPA (Persero)

Pencatatan di Bursa Saham

N/A

Kode Saham

N/A

Modal Dasar

Rp874.615.000.000

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

Rp559.497.421.000

Jaringan Usaha

N/A

Keterangan:


Nama:
PT NINDYA KARYA (PERSERO)
Nama Komersil:
PT NINDYA KARYA
Bidang Usaha:
Konstruksi, EPC, Investasi
Tanggal Berdiri:
15 Maret 1973
Kontak:
Jl. Letjend. Haryono MT. Kav. 22 Jakarta 13630, Indonesia
Telepon:
(+62 21) 809 3276 (Hunting)
Fax:
(021) 809 3105
Email:
nindyakarya@nindyakarya.co.id
Kategori:
BUMN Non Keuangan Non Listed (BNKNL)
Annual Report:
2016 : PT NINDYA KARYA (PERSERO) Laporan Tahunan 2016

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id