Strategi PR dalam Memanfaatkan Sistem Informasi Perusahaan

Ilustrasi
Ilustrasi | Innov8tiv.com

Pada dasarnya, Sistem Infomasi Perusahaan atau Enterprise Information System (EIS) adalah sistem berbasis komputer yang dapat melaksanakan semua tugas standar bagi seluruh unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.

Kebutuhan atas sistem informasi perusahaan begitu besar sehingga banyak juga industri yang mengembangkannya untuk mempertahankan reputasi perusahaan atau meningkatkan reputasi mereka di mata publik.

Melalui pengelolaan sistem informasi perusahaan yang baik, keterbukaan informasi terkait bisnis perusahaan menjadi cukup terkontrol, sehingga mampu memberikan citra positif perusahaan di mata publik. Di sini, salah satu tugas public relations (PR) adalah bagaimana meramu sistem tersebut untuk menghasilkan benefit yang positif bagi pelaksanaan komunikasi baik internal maupun eksternal, untuk menggapai tujuan serta visi dan misi perusahaan.

Sistem informasi ini memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengembilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategis kompetitif, di samping menciptakan atau meningkatkan citra perusahaan di mata publik tadi.

Sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan atau respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi kritis atau penting.

Seorang dapat mengombinasikan informasi melalui sebuah sistem untuk membantu perusahaan dalam menjalankan bisnis dengan lebih baik. Informasi yang sama kepada semua insan perusahaan dan para pemangku kepentingan dapat membantu para pemimpin perusahaan untuk mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya.

Sistem informasi yang baik dan selaras dengan tujuan perusahaan yang diberikan seoarng PR terhadap perusahaan, akan membantu para pimpinan perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik, lebih tepat, dan lebih bermakna. Di mana sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran startegis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing di pasar. (DD)