UMKM dalam Pusaran Perekonomian Indonesia

ilustrasi
ilustrasi | Dok. archleague.org (diolah).

Pemerintah tengah berupaya untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan. Namun, upaya tersebut kiranya perlu dibarengi dengan upaya pemberdayaan sektor riil, khususnya melalui pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Mengapa demikian?

Kita ingat bahwa UMKM merupakan salah satu pemain penting bagi perekonomian nasional. Namun di sisi lain, UMKM punya keterbatasan modal dan informasi mengenai produk dan jasa bank yang sesuai dengan kebutuhan keuangan mereka. Mereka juga punya keterbatasan informasi mengenai prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam upaya mengakses layanan perbankan tersebut.

Lembaga Pemerintah seperti Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KKUKM), Bank Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) beserta lembaga lainnya, terus merapatkan barisan guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM.

AnnualreportID mencoba menyajikan ulasan tentang sejauh mana perkembangan UMKM di Indonesia saat ini, serta bagaimana peran lembaga Pemerintah dalam upaya memberdayakan UMKM.

Kami juga ingin mencoba untuk mengulas peranan perusahaan penjamin kredit bagi UMKM, yang cukup menarik untuk disajikan. Pasalnya, selama ini UMKM dihadapkan pada kendala krisis kepercayaan dari si pemberi kredit atau perbankan.