5 Aspek Penting Dalam Membuat Annual Report

|

Banyak perusahaan membuat annual report secara mandiri maupun menggunakan jasa penulis annual report. Ada beberapa aspek penting dalam membuat annual report yang perlu dipersiapkan oleh perusahaan. Kali ini tim annualreport.id berhasil mewawancarai Peter Johan Djangoen.
Penulis annual report, skrip dokumenter untuk program televisi dan film serta buku berbasis riset dan data.

Penulis annual report kawakan akrab disapa Peter dan memiliki hobby photography dan traveling ini menulis annual report sejak tahun 2007.

Annual report yang ditulis mulai dari perusahaan BUMN dan swasta yang terdaftar di bursa saham dan dari berbagai industri perbankan, BUMN, konstruksi, dana pensiun maupun pertambangan. Berikut 5 (lima) aspek penting yang disharing oleh Peter kepada tim annualreport.id (ARID).

ARID: Apa yang paling dinikmati saat menulis annual report?
PETER: Proses dan problemnya yang paling dinikmati. Keduanya punya kaitan yang erat. Biasanya problem utamanya adalah persoalan pengumpulan dan pengolahan data.
Bagaimana memberikan masukan kepada klien tentang data yang harus di submit dalam penyusunan annual report, itu yang paling dinikmati.
Data itu yang utama, karena annual report bukan argumentatif. Semua harus based on data.

ARID: Apa yang menjadi kendala saat penulisan annual report?
PETER: Pertanyaan ini secara tidak langsung terkait dengan jawaban saya di pertanyaan sebelumnya. Tentang data. Kita harus pahami, bahwa memang transparansi bukan berarti “telanjang”. Mengeluarkan data adalah aspek politis dari sebuah perusahaan, itu bukan rahasia lagi. Di beberapa perusahaan bahkan ada satu departemen/divisi yang tugasnya mengelola dan menetapkan mana-mana data yang bisa jadi konsumsi publik. Nah, di sini biasanya kita sebagai konsultan penyusun annual report harus “berkelahi” dengan klien yang memang punya kepentingan sendiri soal mengeluarkan data. Patokan kita tetaplah peraturan dari otoritas.

ARID: Berapa lama yang dibutuhkan untuk menulis sebuah annual report?
PETER: Tergantung. Kalau klien yang bersangkutan bisa berkolaborasi dengan baik, khususnya dalam memberikan asupan data yang dibutuhkan,
dan proses revisi yang tidak njelimet, proses penyusunan bisa diselesaikan dalam waktu 1 sampai 2 bulan.

ARID: Apakah ada strategi khusus untuk membuat sebuah annual report yang baik?
PETER: Kuncinya ada di kolaborasi dengan klien. Kesepakatan itu penting antara klien dan konsultan.
Pemaparan data dan informasi yang sesuai dengan peraturan namun tidak meninggalkan kepentingan klien adalah kolaborasi yang pas dalam menyusun annual report yang baik.

ARID:Metode apa yang biasa digunakan untuk mengumpulkan informasi dari Perusahaan saat melakukan penulisan annual report?
PETER: Pengumpulan data dan informasi harus dari 1 pintu: yaitu klien. Kita tidak boleh melakukan pengumpulan data diluar pintu tersebut. Metodenya bisa bermacam-macam. Bisa jurnalistik seperti wawancara, maupun pengumpulan data keras atau data mentah. Biasanya keduanya harus ditempuh. Data keras berguna untuk memberikan cerita di balik angka-angka yang tertampilkan dalam laporan resmi, dan wawancara akan menjadi cara untuk memberikan kisah dan asumsi atas angka-angka yang tertampilkan tersebut.