Membedah Annual Report 2014 Terbaik Dunia Milik WPP

|

Ada ungkapan bila kita memenangkan kompetisi akan berjaya, ketika kalah kita belajar menjadi bijaksana. Ajang LACP Vision Award yang merupakan ajang kompetisi annual report (AR) tingkat dunia merupakan sarana yang baik dalam mempelajari banyak hal tentang annual report di kancah internasional. Di ajang ini, AR 2014 WPP yang menempati puncak 100 annual report terbaik dunia (memperoleh nilai 99 dari 100). Annual report ini mendapat penghargaan platinum untuk kategori terbaik di industrinya laporan yang dicetak (print), darling (online), best annual report narrative worldwide dan wilayah EMEA (Europe, Middle East dan Africa).

WPP merupakan perusahaan yang 30 tahun lalu merupakan pembuat keranjang untuk berbelanja dan cangkir teh bertransformasi menjadi world leader di bidang advertising dan jasa pemasaran. WPP merupakan grup bisnis yang menghasilkan 46 milyar poundsterling dan memiliki 155 perusahaan di dalamnya dengan 355 perusahaan sebagai klien yang terdaftar di dalam fortune Global 500.

Sejak tahun 2010, annual report WPP selalu mendapatkan penghargaan platinum dan gold. Selain itu, juga memperoleh penghargaan di ARC Awards dan Galaxy Awards untuk design dan online dari annual report tahun 2009 dan 2010. Meraih PwC Building Public Trust Awards dan highly recommended untuk people reporting dan Astrid Awards untuk design communication. Communicate magazine’s Corporate dan Financial Awards memberikan penghargaan gold dan silver untuk annual report tahun 2011 dan 2011 perusahaan ini.

Redaksi annualreport.id menilai bahwa desain AR 2014 WPP secara umum termasuk bersih dan sederhana dengan tema-tema inspiratif dan unik. Seperti hewan-hewan dari afrika, berupa gambar kartun dan coretan gambar anak-anak. Menggunakan warna dasar putih dan beberapa halaman full colour yangdigunakan sebagai pembatas antar bab atau bagian. Namun tidak meninggalkan kesan isi tulisan yang terlalu penuh di dalam laporan. Annual report setebal 252 halaman ini berisi 188 halaman uraian tentang perusahaan, kinerja dan pencapain-pencapaiannya dan 54 halaman berisi angka-angka keuangan yang telah diaudit.