Kekuatan Tema Digital di Laporan Tahunan Telkom

ilustrasi
Impian Telkom mewujudkan digital sociaty (masyarakat digital) di Indonesia. | Annual Report Telkom 2015

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) baru saja meraih tiga penghargaan bergengsi  pada ajang 2015 Vision Awards Annual Report Competition, yang diselenggarakan oleh League of American Communications Professionals (LACP). Ini merupakan salah satu hal yang membanggakan bagi Telkom di kompetisi Annual Report terbesar tingkat dunia, yang diikuti oleh sekitar 1.000 perusahaan dari 25 negara.

Penghargaan yang diraih Telkom pada ajang bergengsi tersebut yaitu Platinum Award untuk industri Technology-IT Services, peringkat satu untuk Regional Top 80 Rank se-Asia-Pacific, serta peringkat enam dunia untuk Top 100 Worldwide Rank di semua kategori. Bagi Telkom, penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus melakukan inovasi dalam penyajian laporan tahunan perusahaan agar lebih menarik, informatif, lengkap dan terstruktur, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Pada tahun ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, Bursa Efek Indonesia (BEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Komite Nasional Kebijakan Governance, kembali akan menyelenggarakan "Annual Report Award" (ARA) 2015 sebagai bentuk apresiasi terkait tata kelola perusahaan yang baik (GCG), yang kali ini mengusung tema "Kualitas Keterbukaan Informasi untuk Mendukung Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dalam Memenangkan Persaingan Global".

Pada Annual Report 2015, kali ini Telkom mengusung tema “Membangun Masyarakat Digital Indonesia”, sesuai dengan impian Telkom untuk mewujudkan digital sociaty (masyarakat digital) di Indonesia. Implementasi tema laporan tahunan Telkom dari sisi visual bisa dilihat dengan ilustrasi produk-produk digital Telkom di cover laporan tahunan.

Selain itu, Telkom sadar betul bahwa kunci untuk mewujudkan masyarakat digital adalah pembangunan infrastruktur agar dapat menyediakan layanan konektivitas berkualitas tinggi. Dan sebagai salah satu Perusahaan telekomunikasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Telkom bersiap untuk menjadi “the king of digital” baik itu di darat, udara maupun laut.

Hal ini selaras dengan statement Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga di Laporan Direksi yang mengatakan, “Sumber daya manusia dan infrastruktur broadband merupakan fondasi dalam rangka merealisasikan Telkom menjadi Digital Company”.

Laporan tahunan Telkom terdiri dari 544 halaman dengan alur penyajian yang cukup rapi. Telkom pun mampu menampilkan secara rinci dan transparan perihal kinerja keuangan Telkom. Dalam bab Ikhtisar Kinerja Keuangan dan Kinerja Penting pada Annual Report 2015, Telkom juga menampilkan seluruh informasi yang diwajibkan dalam kriteria Annual Report Award, seperti informasi hasil usaha perusahaan berupa penjualan atau pendapatan usaha, laba kotor, laba usaha, total laba komprehensif dan laba per saham dan juga informasi mengenai posisi keuangan perusahaan yang mencakup jumlah investasi pada entitas asosiasi, jumlah asset, liabilitas, ekuitas dan modal kerja bersih.

Hal penting lainnya yang tercantum dalam laporan tahunan Telkom 2015 adalah informasi harga saham yang memuat jumlah saham yang beredar, kapitalisasi pasar, harga saham tertinggi, terendah, dan disajikan alam bentuk grafik serta tabel untuk setiap masa triwulan dalam 2 (dua) tahun buku terakhir (2014 dan 2015). Serta disebutkan juga berapa nilai saham yang dimiliki oleh masing-masing Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Telkom juga terus berupaya memperbaiki penerapan dan penegakan nilai-nilai good corporate governance (GCG) yang mengikuti standar tertinggi (best practices), agar dapat memberikan fondasi yang kuat untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Sementara  itu, Telkom secara komperehensif juga memuat ulasan mengenai tanggung jawab sosial perusahaan. Dimana ulasan tersebut menjelaskan berbagai program/segmen terkait lingkungan hidup, K3, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, dan tanggung jawab sosial terhadap konsumen. Telkom juga secara rinci mengulas tentang realisasi dana CSR. Sementara itu, kebijakan dari masing-masing segmen berikut landasan hukumnya juga diungkapkan dalam laporan tahunan ini. Selain itu, penghargaan dan pencapaian kinerja berbasis ISO 26000, serta sertifikasi di bidang lingkungan juga disajikan dalam laporan tahunan ini.(DD)