Akselerasi BRI Syariah untuk Tumbuh Berkelanjutan

ilustrasi
Annual Report Bank BRI Syariah 2016 | Dok. Bank BRI Syariah

PT Bank BRI Syariah (BRI Syariah) mampu memperlihatkan kinerja positif seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia pada tahun 2016 jika dibanding tahun sebelumnya. Meski kondisi perekonomian secara global berada pada titik yang masih belum menentu, BRI Syariah senantiasa terus menjaga dan mewujudkan kualitas hidup nasabah dan seluruh pemangku kepentingan. Dimana BRI Syariah terus berinovasi dalam mengembangkan produk dan layanan syariah sesuai kebutuhan nasabah.

Dari semangat tersebut, akselerasi bisnis terus dilakukan Perseroan agar BRI Syariah dapat terus melaju dan menangkap setiap kesempatan yang terbuka. Di tahun 2016, BRI Syariah mewujudkan strategi akselerasi bisnis tersebut melalui berbagai upaya. Salah satunya adalah menerbitkan Sukuk Mudharabah Subordinasi I Bank BRI Syariah Tahun 2016 dengan jumlah dana sebesar Rp1 triliun.

ilustrasi

Selain itu BRI Syariah juga mengambil langkah besar untuk menjadi bank syariah pertama penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan skema syariah di Indonesia. Tak hanya dari segi produk, BRI Syariah juga terus mengakselerasi sistem pemasaran yang dilakukan dengan utilisasi media yang optimal.

Di tahun 2016, BRI Syariah mampu untuk terus melaju dan membukukan kinerja tahun 2016 yang tumbuh cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tercatat total laba rugi sebelum pajak melonjak dari sebesar Rp169,07 miliar di tahun 2015 menjadi Rp238,61 miliar di tahun 2016 atau tumbuh sebesar 41,13%.

ilustrasi

Total aset Perseroan juga bertumbuh sebesar 14,27% dari sebesar Rp24,23 triliun pada tahun 2015 menjadi sebesar Rp27,69 triliun di tahun 2016. Pertumbuhan Pembiayaan mencapai 10,18% atau Rp16,37 triliun di tahun 2015 menjadi Rp18,04 triliun. Perseroan juga mampu membukukan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga mencapai 9,41% yaitu menjadi Rp22,05 triliun di tahun 2016 dari Rp20,15 triliun di tahun 2015.

Pencapaian pertumbuhan aset diyakini terjadi seiring dengan tambahan modal yang berasal dari suksesnya penjualan Sukuk Mudharabah Subordinasi I BRI Syariah yang oversubscribed sebesar 200% atau sebesar Rp2 triliun lebih.

ilustrasi

Dalam Laporan Tahunan PT Bank BRI Syariah untuk tahun buku 2016, dijelaskan dan dijabarkan secara transparan perihal semua pecapaian yang berhasil diraih. Melalui tema “Percepatan Kinerja untuk Tumbuh Berkelanjutan”, BRI Syariah seolah ingin menjelaskan tentang percepatan akselerasi bisnis yang dilakukan pada tahun tersebut, yang telah membawa pada pertumbuhan bisnis Perseroan.

Laporan Tahunan 2016 BRI Syariah sendiri terdiri dari 548 halaman yang tersaji cukup rapi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jika mengintip kinerja keungan Perseroan di tahun 2016, dijelaskan secara detail dan transparan kinerja keuangan Perseroan dan pencapaian yang telah dihasilkan dalam lima tahun terakhir (2012-2016), lengkap dengan grafik serta tabel yang dibalut dengan warna biru dan orange, yang merupakan warna logo Perseroan.

Dalam bab Ikhtisar Kinerja Keuangan dan Kinerja Penting pada Laporan Tahunan 2016, BRI Syariah secara komperehensif mampu menampilkan informasi hasil usaha Perseroan berupa laba bersih, laba usaha, total laba komprehensif dan juga informasi mengenai posisi keuangan Perseroan yang mencakup jumlah asset, total liabilitas dan ekuitas.

ilustrasi

Selain itu, BRI Syariah juga menampilkan secara transparan perihal Ikhtisar Sukuk Mudharabah Subordinasi I BRI Syariah Tahun 2016. Di sana juga dijelaskan perihal pencapaian Perseroan yang mampu meraih rating A+ dari Fitch Rating dan oversubscribed hingga Rp2.075 triliun.

Dalam laporan tahunanya, BRI Syariah juga menjelaskan perihal Tata Kelola Perusahaan yang diterapkan dengan menegakkan nilai-nilai good corporate governance (GCG). Dimana komitmen Perseroan atas peningkatan dan perbaikan penerapan GCG telah dibuktikan melalui hasil self-assessment penerapan GCG BRI Syariah untuk tahun 2016. Di sana dijelaskan bahwa berdasarkan hasil self-assessment, penerapan GCG di BRI Syariah mencapai nilai 2 atau masuk dalam predikat “Baik”.

ilustrasi

Sementara itu, BRI Syariah secara komperehensif juga memuat ulasan mengenai tanggungjawab sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). BRI Syariah menjelaskan berbagai program/segmen terkait lingkungan hidup, K3, pengembangan sosial dan kemasyarakatan, serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau nasabah.

Pencapaian yang berhasil dicapai Perseroan seolah digambarkan dari tampilan cover laporan tahunan kali ini. Dimana terpampang matahari terbit di lautan dengan sebuah kapal nelayan, yang seakan melukiskan bahwa BRI Syariah mampu tumbuh dan bersinar di tengah kondisi laut yang tidak menentu.(DD)