5 Laporan Tahunan 2015 Terbaik Versi Annualreport.id

Ilustrasi
ilustrasi | Annualreport.id

Laporan tahunan atau annual report, merupakan salah satu alat komunikasi yang cukup efektif bagi sebuah perusahaan sekarang ini. Laporan tahunan bisa juga diartikan sebagai sebuah gambaran kinerja dari perusahaan dalam satu tahun berjalan. Selain berguna sebagai alat informasi pada publik, laporan tahunan juga cukup berguna sebagai media informasi untuk menarik investor.

Selain kinerja, dalam laporan tahunan juga biasanya dicantumkan perihal kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan. Selain itu, dijelaskan juga bagaimana sebuah perusahaan menjalankan bisnisnya dengan baik dan benar.

Dalam sebuah laporan tahunan kita juga dapat mengamati sejauh mana perusahaan tersebut, secara komperehensif mengimplementasikan Tata Kelola Perusahaan dengan menerapkan dan menegakan nilai-nilai good corporate governance (GCG) yang mengikuti standar tertinggi (best practices), agar dapat memberikan fondasi yang kuat untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Saat ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba menyajikan laporan tahunan mereka secara terperinci, transparan dan lugas, dan mengemasnya sebagus mungkin agar menarik perhatian publik dan mitra bisnis mereka atau calon investor.

Dari sekian banyak laporan tahunan 2015 lalu, kami memilih 5 laporan tahunan pilihan Redaksi, yang menurut kami cukup menarik dan transparan serta sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh publik atau mitra bisnis serta calon investor.

Berikut 5 Laporan Tahunan 2015 pilihan Annualreport.id:

 

1. Laporan Tahunan 2015 PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia

Anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, yang bergerak di bidang perawatan pesawat ini, berhasil meraih juara 1 untuk kategori Perusahaan Private Non Keuangan Non Listed pada ajang Annual Report Award (ARA) 2015 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Indonesia (BI), Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Dalam Laporan Tahunan 2015 ini, PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia atau GMF mengusung tema “World Class MRO of Customer Choice” atau “Menjadi MRO Kelas Dunia Pilihan Pelanggan” untuk menjadi perusahaan lokal di bidang MRO yang bisa berkiprah dalam kancah internasional.

Untuk laporan tahunan GMF yang terdiri dari 857 halaman tersaji cukup rapi dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. GMF pun menampilkan secara rinci dan transparan kinerja keuangan Perusahaan dan pencapaian yang telah dihasilkan Perusahaan sejauh ini lengkap dengan tabel dan grafik yang tidak terlalu rumit di dalamnya.

Dalam laporan tahunan ini pula dijelaskan bagaimana strategi Perusahaan dalam menyongsong persaingan pasar di tahun mendatang, serta langkah apa yang akan dilakukan oleh Perusahaan dalam rangka melakukan ekspansi bisnis dan memenangkan persaingan ke depannya. Informasi seperti ini tentu saja sangat menarik bagi para pemegang saham dan juga calon investor.

Sementara itu, visualisasi desain yang disajikan juga terkesan ingin memperlihatkan sarana dan prasarana yang dimiliki GMF dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Visualisasi desain yang disajikan cukup merepresentasikan kinerja karyawan dan Perusahaan, dalam setahun berjalan.

Hal penting lainnya yang tercantum dalam Laporan Tahunan GMF 2015 secara komperehensif juga memuat ulasan perihal Tata Kelola Perusahaan dengan menerapkan dan menegakan nilai-nilai good corporate governance (GCG) yang mengikuti standar tertinggi (best practices), agar dapat memberikan fondasi yang kuat untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan di masa yang akan datang. GMF juga melampirkan perihal assessment GCG sejak 2010 hingga 2015.

Dapat disimpulkan bahwa GMF telah menyajikan laporan tahunannya secara komperehensif dengan mengedepankan semangat keterbukaan dan memaksimalkan pelayanan untuk kepentingan masyarakat luas.

 

2. Laporan Tahunan 2015 PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk

PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk (Bank BNP) adalah salah satu bank umum devisa nasional yang masuk dalam kategori BUKU 2, yakni bank dengan modal inti Rp1 triliun sampai dengan atau kurang dari Rp5 triliun.

Bank BNP sendiri merupakan bank lokal dengan tambahan modal campuran yang berasal dari pemodal Jepang seperti Acom Co. Ltd. (ACOM) Jepang dan The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd. (BTMU) Jepang di tahun 2007 akhir.

Laporan tahunan dari Bank yang menggunakan nama lokal masyarakat Sunda dengan manajemen dari negeri Sakura ini, menjadi lima besar pilihan Redaksi, karena Laporan Tahunan Bank BNP terbilang cukup mengagetkan. BNP berhasil meraih penghargaan sebagai juara pertama dalam ajang tahunan Annual Report Award (ARA) 2015 dalam kategori Private Keuangan Listed.  

Laporan tahunan ini mengangkat tema “Reinforcing the Business Fundamentals” atau “Memperkuat Landasan Bisnis”. Artinya, dalam menghadapi iklim perekonomian yang kerap mengalami perubahan, Bank BNP terus berupaya memperkokoh fundamental bisnisnya.

Dari segi desain cover, bank yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat, ini mengangkat nilai seni budaya dan kerajinan khas masyarakat Jawa Barat atau bumi Parahyangan. Hal ini sejalan dengan strategi Bank BNP di tahun 2015 yang lebih fokus menyalurkan kredit retail pada segmen Small Medium Entreprise (SME) atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan menjual produk funding yang bersifat low cost.

Dalam laporan tahunan setebal 388 halaman ini juga banyak menampilkan tabel dan grafik dengan tampilan yang menarik sebagai data kinerja Perusahaan yang secara gamblang dan transparan diinformasikan dalam bab Ikhtisar Keuangan.

Sementara itu, dalam halaman yang memuat tentang tata kelola perusahaan, Bank BNP berupaya untuk menjelaskan perihal implementasi tata kelola perusahaan yang baik, yang diyakini dapat menjaga kelangsungan bisnis, kepercayaan para stakeholder, dan menumbuhkan integritas Perusahaan.

Bank BNP juga secara komperehensif  memuat ulasan program-program tanggungjawab sosial Perusahaan seperti lingkungan hidup, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), pengembangan sosial dan kemasyarakatan, serta tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau nasabah.

 

3. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) berhasil meraih penghargaan sebagai juara pertama dalam ajang tahunan Annual Report Award (ARA) 2015 kategori Bank Umum Daerah (BUMD) keuangan listed (BDKL).

Dalam Laporan tahunan 2015, Bank Jatim mengangkat tema “Mengakar Secara Regional, Terkoneksi secara Global”. Artinya, sebagai bank yang telah mengakar dalam kehidupan Masyarakat Jawa Timur, Bank Jatim terus berusaha menjalankan operasi bisnis dengan selalu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik, kerja sama yang harmonis dengan pemangku kepentingan serta menjaga kepercayaan nasabah.

Laporan Tahunan 2015 Bank Jatim setebal 594 halaman ini juga banyak menampilkan tabel dan grafik dengan tampilan yang menarik sebagai data kinerja Perusahaan yang secara gamblang dan transparan perihal kinerja Perusahaan dan strategi kedepan dari Perusahaan.

Dari segi desain cover Laporan Tahunan 2015, Bank Jatim mengangkat unsur kesenian Jawa dengan menampilkan seni patung “Loro Blonyo” dalam tampilan depan laporan tahunannya. Patung “Loro Blonyo” sendiri merupakan salah satu jenis seni patung tradisional yang ada di Jawa atau di Indonesia yang mempunyai arti saling melengkapi satu sama lain atau dwitunggal. Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Bank Jatim sebagai salah satu Perusahaan yang menjunjung tinggi sebuah proses menuju kesempurnaan secara global.

Sementara itu dalam halaman yang memuat tentang tata kelola perusahaan, Bank Jatim berupaya untuk menjelaskan perihal implementasi tata kelola perusahaan yang baik. Yang diyakini oleh Perseroan merupakan alat untuk menjaga kelangsungan bisnis, menjaga kepercayaan para stakeholder, dan menumbuhkan integritas Perusahaan.

 

4. Laporan Tahunan 2015 PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Sebagai Perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap nasabah atau konsumen dan mitra bisnisnya, tak salah jika kami memilih PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sebagai lima terbaik pilihan redaksi. Terlebih, bank pelat merah ini kerap juara dalam ajang Annual Report Award (ARA).

Pada Laporan Tahunan 2015, BTN mengusung tema “BTN 5 Siap Menjadi Pemain Utama Program Sejuta Rumah”. Tema ini ingin memberikan gambaran bahwa Perseroan siap mengemban tugas dari Pemerintah untuk menyukseskan program sejuta rumah untuk rakyat, melalui “Program 5 Siap” yang diluncurkan oleh Perseroan.

Untuk Laporan Tahunan 2015 BTN yang terdiri lebih dari 600 halaman tersaji cukup rapi dan terdiri dalam dua versi bahasa, Indonesia dan Inggris, dengan menampilkan secara rinci dan transparan kinerja keuangan Perusahaan. BTN pun merangkum bagaimana kinerja dan pencapaian yang telah dihasilkan Perusahaan sejauh ini, sejak awal berdirinya hingga sekarang.

Selain itu, visualisasi desain yang disajikan dalam Laporan Tahunan 2015 BTN terkesan minimalis dan sejuk. Pasalnya, pemanfaatan white space dan menghindari penggunaan warna kontras membuat mata pembaca lebih nyaman. Visualisasi desain yang disajikan juga cukup merepresentasikan alur kinerja Perusahaan, lengkap dengan grafik serta tabel yang tidak terlalu rumit. BTN pun secara lengkap menjelaskan jenis produk yang telah diluncurkan serta segala bentuk layanan Perusahaan dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat akan rumah tinggal dan sebagainya.

Dalam laporan tahunannya, BTN pun terlihat terus berupaya memperbaiki penerapan dan penegakan nilai-nilai good corporate governance (GCG) yang mengikuti standar tertinggi (best practices), agar dapat memberikan fondasi yang kuat untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan di masa yang akan datang, dengan memegang komitmen “GCG RUMAHKOE”.

 

5. Laporan Tahunan 2015 PT Phapros Tbk

Keren! Mungkin itu kata yang pertamakali keluar saat kita melihat Laporan Tahunan 2015 PT Phapros Tbk. Sebagai sebuah perusahaan farmasi terkemuka Indonesia, Phapros telah melayani masyarakat dengan memproduksi obat-obatan bermutu selama lebih dari enam dasawarsa melalui pabriknya di Semarang.

Sejak didirikan pada 21 Juni 1954, Phapros telah menumbuhkan budaya perusahaan yang mengedepankan profesionalisme.

Dalam Laporan Tahunan 2015 yang mengambil tema “Melaju di Lintasan Baru”, Phapros menyadari bahwa persaingan bisnis tidak ubahnya lomba lari lintas alam. Karena lintasan yang mesti dilalui bukan saja tak terduga tetapi juga dapat berubah cepat tergantung cuaca, hanya mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan cepat lanskap bisnislah yang akan mampu bertahan. Dan Phapros membuktikan keberhasilannya menyesuaikan diri dengan lintasan bisnis yang baru tersebut.

Dengan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Pemerintah yang memprioritaskan penggunaan obat generik (OGB), Perseroan berhasil meningkatkan laba komprehensif 43,8 persen dari penjualan bersih yang tumbuh 19,6 persen di tengah persaingan yang cukup ketat.

Yang paling menarik dari Laporan Tahunan 2015 Phapros adalah desainnya. Ada sebuah semangat petualangan yang ingin diperlihatkan Perseroan dalam menjalankan bisnisnya di tengah persaingan yang semakin ketat.

Hal tersebut terlihat dari mulai desain cover mereka, dan tampilan gambar di dalamnya yang di sinergikan dengan ketangguhan para petualang yang mampu menaklukkan ganasnya alam. Guna memupuk semangat Perusahaan, jajaran Direksi pun rela turun langsung menjadi model gambar untuk laporan tahunan mereka, dengan angel petualangan alam.

Selain menarik, untuk Laporan Tahunan Phapros yang terdiri dari 280 halaman tersaji cukup rapi dan transparan, lengkap dengan tabel dan grafik. Hampir semua bab dalam Laporan Tahunan 2015, Phapros menyajikannya secara komperehensif serta mampu menampilkan informasi yang transparan dan cukup menggambarkan bagaimana kinerja Perusahaan pada 2015. Dalam laporan tahunannya pun dijelaskan perihal rencana strategis Perseroan ke depannya.

Phapros bukan hanya serius dalam tampilan desain, namun Phapros juga berupaya menyajikan laporan tahunan secara lengkap dan transparan, juga secara komperehensif mengulas bagaimana perusahaan menerapkan tata kelola perusahaan dengan mengikuti standar tertinggi (best practices), agar dapat memberikan fondasi yang kuat untuk dapat terus tumbuh secara berkelanjutan di masa yang akan datang, serta dapat mengibarkan diri menjadi salah satu perusahaan farmasi nasional terbaik sesuai dengan visi Perusahaan. (DD)