PT TUNAS BARU LAMPUNG TBK

PT TUNAS BARU LAMPUNG TBK

SEKILAS TUNAS BARU LAMPUNG

Didirikan tahun 1973, PT. Tunas Baru Lampung menjadi salah satu anggota kelompok usaha Sungai Budi yang dibentuk tahun 1947 dan menjadi salah satu perintis industri pertanian di Indonesia. Keterlibatan tersebut berasal dari keinginan mendukung kemajuan Negara dan memanfaatkan keunggulan kompetitif Indonesia di bidang pertanian.

Saat ini, kelompok usaha Sungai Budi merupakan salah satu pabrikan dan distributor pertanian terbesar di Indonesia berbasis produk konsumen. Anggota yang lain dalam kelompok usaha Sungai Budi adalah perusahaan publik PT Budi Starch & Sweetener Tbk (dahulu PT Budi Acid Jaya Tbk), pabrikan tepung tapioka terbesar dan paling terintegrasi di Indonesia. Sejak PT Tunas Baru Lampung mulai beroperasi di Lampung pada awal 1975, Perseroan telah berkembang menjadi salah satu produsen minyak goreng terbesar dan termurah. PT Tunas Baru Lampung pertama kali terdaftar dalam Bursa Efek Jakarta tanggal 14 Februari 2000.

PROFIL TUNAS BARU LAMPUNG

Perseroan bertekad meningkatkan produksi dan menjaga kualitas produk-produk Perseroan. Sebagai tambahan untuk minyak goreng nabati, Perseroan juga memproduksi, stearine, minyak sawit, minyak inti sawit dan produk lain seperti sabun cream dan sabun cuci dengan memanfaatkan asam lemak, sebagai produk sampingan hasil pengolahan CPO.Sumber minyak goreng Perseroan berasal dari perkebunan sendiri dan saat ini Perseroan menguasai lebih dari 50.000 Ha lahan di Lampung dan 40.000 Ha di Palembang serta 20.000 Ha di Pontianak yang dipergunakan terutama untuk perkebunan kelapa sawit.

Minyak Kelapa Sawit dikenal sebagai penghasil panen minyak terbesar per hektar di antara penghasil minyak nabati lainnya. Artinya jika membandingkan hasil produksi yang sama, minyak kelapa sawit membutuhkan area perkebunan yang lebih kecil dibandingkan dengan penghasil minyak nabati lainnya.

Selain menjadi pemasok utama dalam pasar domestik yang berkembang cepat, PT Tunas Baru Lampung Tbk juga berupaya menciptakan pasar ekspor. Saat ini, Perseroan mengekspor stearine, minyak inti sawit dan minyak sawit ke Belanda, Singapura, Malaysia, Hongkong dan China. Menjadi perhatian Perseroan untuk memasuki pasar ekspor yang baru lebih lanjut sebagai bentuk diversifikasi jenis konsumen Perseroan.

Dasar Hukum Pendirian

• Akta Notaris Halim Kurniawan, S.H., No.23 tanggal 22 Desember 1973.

• SK Menteri Kehakiman Republik Indonesia (Sekarang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia) No. Y.A.5/233/25 tanggal 10 Juli 1975.

• Berita Negara Republik Indonesia No. 44, Tambahan No.3194 tanggal 1 Juni 1999.

Kepemilikan

1 PT. Budi Delta Swakarya 26.21%
2 PT Sungai budi 25.04%
3 Widarto 0.04%
4 Santoso Winata 0.04%
5 Masyarakat (dibawah 5%) 48.67%

Pencatatan di Bursa Saham

Bursa Efek Indonesia pada tanggal 14 Februari 2000

Kode Saham

TBLA

Modal Dasar

N/A

Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh

N/A

Jaringan Usaha

N/A

Keterangan:


Nama:
PT TUNAS BARU LAMPUNG TBK
Nama Komersil:
TUNAS BARU LAMPUNG
Bidang Usaha:
Agrikultur
Tanggal Berdiri:
22 Desember 1973
Kontak:
Wisma Budi Lantai 8-9 HR Rasuna Said Kav C-6 Jl HR Rasuna Said Jakarta 12940, Indonesia
Telepon:
(021) 521 3383
Fax:
(021) 521 3332
Email:
corsec@sungaibudi.com
Kategori:
Private Non Keuangan Listed (PNKL)
Annual Report:
2016 : PT TUNAS BARU LAMPUNG TBK Laporan Tahunan 2016

* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id